Apa yang Anda Makan Setiap Hari? Coba Periksa di Sini…

Kata Alkitab / 21 June 2022

Apa yang Anda Makan Setiap Hari? Coba Periksa di Sini…

Lori Official Writer
601

Apa yang Anda makan setiap hari? Ini tidak bicara secara fisik, tetapi secara rohani. 

Kita sering mendengar tentang pentingnya pola makan yang sehat bukan? Anda adalah apa yang Anda makan. Orang Amerika pada umumnya suka sekali mengkonsumsi junk food, tak heran jika banyak diantaranya yang akhirnya mengalami masalah kesehatan yang serius. Karena itulah penting bagi kita untuk berhati-hati memilih apa yang kita makan setiap hari.

Sama halnya dengan kesehatan rohani. Jika Anda menikmati film-film terbaru atau makanan yang disuguhkan di iklan setiap hari, dan Anda jarang membaca Alkitab, jangan heran jika Anda tidak sehat secara rohani. 

Jika asupan rohani Anda terdiri dari renungan teduh yang Anda lakukan saat dalam pelarian, seperti donat dan khotbah sesekali ketika Anda tidak melakukan sesuatu yang lain di hari Minggu, jangan heran jika Anda merasa agak lamban secara rohani. Ingat Anda adalah apa yang Anda makan!

Di Yohanes 6, Yesus memberi makan 5000 orang dengan lima roti dan dua ikan. Yesus berulang kali menawarkan diri-Nya sebagai makanan rohani yang memberikan kehidupan kekal dan kepuasan kekal bagi semua orang yang mau menerimanya.

 

Baca Juga:

Kuis Alkitab: Tebak 10 Pertanyaan Ini Dengan Tepat!

Kuis Alkitab: Yuk Asah Pengetahuan Alkitab Anda Dengan 10 Kuis Ini!

 

“Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya…” (Yohanes 6: 27)

“Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.” (Yohanes 6: 35)

“Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.” (Yohanes 6: 50-51)

Di Yohanes 6: 58, Yesus kembali menyampaikan bahwa roti itu (yaitu diri-Nya sendiri) adalah roti yang turun dari surga dan bukan roti yang sama seperti yang dimakan nenek moyang mereka yang sudah mati.

Apa yang sebenarnya dimaksudkan Yesus di sini adalah bahwa kita perlu memenuhi kebutuhan rohani kita dengan iman di dalam Yesus. Karena di Yohanes 6: 50, Yesus berkata bahwa jika kita makan roti hidup itu (Yesus sendiri) maka kita tidak akan mati. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Jadi selain memakan makanan fisik, Yesus menawarkan makanan rohani yang berguna untuk:

1. Memberi kita hidup kekal

“Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.” (Yohanes 6: 54)

Yesus memakai perumpamaan’memakan daging dan meminum darah-Nya’ untuk menggambarkan iman di dalam Dia. Dia menekankan bahwa Tuhan memberikan hidup-Nya sebagai persembahan bagi dosa-dosa kita. Dia akan datang untuk kedua kalinya sebagai Raja penakluk untuk memerintah dalam kekuasaan dan menghakimi bangsa-bangsa (Wahyu 19: 15).

‘Makan dan minum’ dalam hal ini menekankan pada konteks supaya kita mengerti apa arti iman yang menyelamatkan.

Makan adalah respon pertama yang kita lakukan ketika kita merasa lapar dan minum ketika kita haus. Makan dan minum hanya bermanfaat saat Anda benar-benar makan dan minum. Anda tidak perlu mencium bau makanan yang enak atau menganalisisnya secara kimiawi. 

 

Baca Juga: Dianggap Gak Masuk Akal, Begini Cara Memahami Tritunggal Allah

 

2. Bentuk untuk menyatu dengan Tuhan

“Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.” (Yohanes 6: 56)

Ayat ini menjelaskan bahwa mereka yang menerima tubuh dan darah-Nya akan bersatu dan mengalami hubungan yang intim dengan Dia. Ketika Anda memakannya maka Anda benar-benar menjadi bagian dari Dia. Anda akan menikmati persekutuan yang intim dengan Dia.

Jadi apakah Anda untuk memberi makan jiwa Anda setiap hari di dalam Kristus? Ubahlah pola makan Anda mulai hari ini!

Seperti memenuhi kebutuhan fisik Anda dengan makan tiga kali sehari, Anda juga perlu memberi makan jiwa Anda dengan rutin. Mulailah dengan membaca dan merenungkan firman Tuhan, berdoa sebelum dan sesudah membaca firman Tuhan dan mulailah menerapkan firman tersebut di dalam hidup Anda setiap hari.

Sumber : Bible.org
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami