Ayat Alkitab tentang Tanggung Jawab Orang Tua yang Perlu Kamu Ketahui
Sumber: unsplash

Relationship / 21 June 2022

Kalangan Sendiri

Ayat Alkitab tentang Tanggung Jawab Orang Tua yang Perlu Kamu Ketahui

Contasia Christie Official Writer
6718

7. Efesus 6: 1

“Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian.”

Tuhan menghormati ketaatan. Ketaatan bukan Cuma disiapkan untuk orang tua dan anak-anak saja. Dalam ayat ini, anak diminta untuk memathui orang tua. 1 Samuel 15: 22, Tuhan juga menjelaskan bertapa pentingnya ketaatan. Ketaatan bahkan dianggap jauh lebih penting daripada pengorbanan. Ketaatan sangat penting bagi Tuhan. Semakin anak-anak bersikap taat, semakin mudah mereka untuk hidup taat kepada Tuhan. Dan itulah peran orang tua, membesarkan anak-anak yang akan mengikuti dan menaati Tuhan.

 

8. Efesus 5: 25

“Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya”

Di sini kita belajar tentang isi hati Tuhan, dimana Dia ingin semua orang tua mengajarkan tentang kasih kepada anak melalui teladan hidup mereka sendiri. Orang tua diberi hak istimewa untuk mengajarkan anak bagaimana mengasihi pasangan. Tuhan mengatakan bahwa pernikahan adalah gambaran tentang bagaimana Kristus mengasihi gereja. Kehidupan suami istri yang dipenuhi cinta akan menjadi gambaran tentang bagaimana kasih sejati itu. Mereka pastilah akan mengikuti cara hidup orang tuanya. Saat suami menghormati istri dan sebaliknya, anak juga akan belajar bahwa wanita memang harus dihormati. Adalah tugas orang tua untuk menunjukkan kepada anak tentang isi hati Tuhan melalui pernikahan.

 

9. Kolose 3: 13

“Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Cara terbaik untuk menunjukkan kepada anak tentang pengampunan adalah segera minta ampun sesaat setelah melakukan kesalahan. Tentu saja kita semua pernah berbuat salah. Alkitab bahkan menyampaikan bahwa kita harus saling menanggung beban bersama, saling menerima bahkan atas kesalahan kita.

Karena itulah pengampunan menjadi sesuatu yang bisa diajarkan orang tua kepada anak, saudara, teman dan bahkan diri sendiri. Kita adalah pribadi yang harusnya tidak pantas menerima pengampunan, tapi Tuhan justru mau mengampuni kita. Jadilah teladan soal pengampunan ini kepada anak-anak kita. 

Sumber : dimuat juga di Superbook Indonesia
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami