Ayat Alkitab tentang Tanggung Jawab Orang Tua yang Perlu Kamu Ketahui
Sumber: unsplash

Relationship / 21 June 2022

Kalangan Sendiri

Ayat Alkitab tentang Tanggung Jawab Orang Tua yang Perlu Kamu Ketahui

Contasia Christie Official Writer
6823

4. Matius 6: 31

“Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?”

Lewat ayat ini, Tuhan menyampaikan kepada setiap orang tua supaya jangan khawatir akan apapun juga. Dia maha mengetahui bahkan kebutuhan paling mendasar dari hidup kita. Saat membaca ayat 33, Tuhan juga menyampaikan pesan yang sangat penting yaitu supaya kita terus mencari-Nya. Semakin kita berpegang teguh kepada Tuhan dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya, anak-anak pun akan semakin menghidupi iman di dalam Tuhan.

Seiring pertumbuhannya, anak akan mengerti bahwa mereka memang harus bertanggung jawab atas hidup mereka sendiri. Dan Tuhan adalah sumber penyedia segala kebutuhan kita. Namanya Jehovah Jireh, yang berarti ‘Tuhan menyediakan’.

Baca juga : 5 Ayat Alkitab tentang Mengelola dan Mengatur Keuangan yang Perlu Kamu Ketahui

 

5. Amsal 3: 5-6

“Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

Kita semua tahu kalau kita perlu bersandar kepada Tuhan. Lewat Amsal 3: 5-6, kita diyakinkan untuk mempercayai Tuhan sepenuhnya. Tapi terkadang, alih-alih bersandar kepada Tuhan, kita mencoba memikirkan semuanya sendiri. Akan ada saat-saat dalam hidup kita sebagai orang tua saat kamu bisa membagikan apa yang terjadi saat mempercayai Tuhan dengan hanya separuh hati saja. Itu akan selalu mereka ingat. Kalau kita transparan dengan anak-anak, mereka akan merasa bisa mendatangi kita dan berbagi masalah bersama.

 

6. Efesus 4: 32

“Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.”

Sebagai orang tua, terkadang kita mudah lelah dan tersinggung. Dan semakin besar tanggung jawab yang kita emban, semakin mudah kita lelah. Terkadang kita bisa membentak anak-anak. Dan kadang kala ketika situasi baik, kita pun bersikap baik kepada anak.

Firman Tuhan menyampaikan kepada kita supaya kita berbuat baik, dengan meneladani cara hidup Yesus sendiri. Membuat keputusan untuk bersikap baik, bahkan saat hal-hal menjadi menegangkan akan menunjukkan kepada anak bahwa dia bisa membuat pilihan yang sama. Jadi sebagai orang tua, bersikap lembut lah dan berhati-hati dengan setiap ucapan yang disampaikan kepada anak.

Baca selanjutnya ------>

Sumber : dimuat juga di Superbook Indonesia
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami