Inilah 5 Ayat Alkitab yang Kadang Salah Ditafsirkan Orang

Kata Alkitab / 20 June 2022

Inilah 5 Ayat Alkitab yang Kadang Salah Ditafsirkan Orang

Contasia Christie Official Writer
522

2. Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Ayat ini paling sering saya dengar dan lihat. Sayangnya kadang ayat ini disandingkan dengan keinginan duniawi dan bukan benar-benar rencana Allah. Secara konteks, nabi Yeremia menulis kata-kata penghakiman dan janji-janji kepada Yehuda yang jahat dan tidak mau bertobat ( Yeremia 29:1 ) sebelum dan selama mereka ditawan. Yeremia berulang kali memperingatkan bangsa itu akan penghakiman yang akan datang jika mereka tidak bertobat.

Memang Alkitab mengajarkan kita untuk memiliki harapan, tapi Tuhan menyuruh Yeremia menulis tentang Dia yang akan mengacaukan rencana egois dan menghancurkan impian bangsa tersebut. Yeremia juga menubuatkan bahwa Tuhan akan mengumpulkan mereka kembali ke tanahnya, tapi tidak sesuai dengan jadwal yang mereka inginkan.

Lalu apa pesan ini masih kontekstual dengan kondisi kita saat ini? Ya. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah berkat Tuhan kadang tidak langsung kepada kita. Namun Tuhan akan terus punya rencana yang terbaik untuk kita dan menggenapi janji-Nya.

 

3. Yesaya 53:5

“Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan  oleh karena kejahatan kita; ganjaran  yang mendatangkan keselamatanbagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh”

Ini adalah ayat yang seringkali digunakan pada masa Paskah. Ada juga orang yang menafsirkan ayat indah ini dengan arti Yesus membawa kesembuhan fisik bagi kita (di bumi) karena Dia menanggung semua luka kita ke atas diri-Nya. Padahal maksudnya, ayat ini menunjuk pada penyembuhan secara spiritual, bukan fisik. Yesus adalah kesembuhan rohani lewat pengorbanan-Nya yang sempurna, oleh iman dan ketaatannya (1 Petrus 2:24). Kita dibersihkan dari dosa; begitulah cara kita disembuhkan! Tidak ada lagi kematian karena kita akan dibangkitkan untuk hidup yang kekal.

 

4. Filipi 4:13

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

Rasul Paulus menulis surat ini kepada gereja di Filipi saat ditahan. Dalam ayat-ayat sebelumnya, Paulus berbicara tentang rasa syukur atas apapun yang menimpanya. Paulus mengajarkan bahwa kepuasan tidak didasarkan atas situasi yang dialami seseorang saat ini. Paulus justru berkata bahwa kita dapat menang dalam setiap perkara, karena kekuatan Tuhan. 

Baca selanjutnya ---->

Sumber : biblestudytools
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami