Ditemukan Kain Kafan Tuhan Yesus, Asli atau Palsu?
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 20 June 2022

Kalangan Sendiri

Ditemukan Kain Kafan Tuhan Yesus, Asli atau Palsu?

Lori Official Writer
4430

Terdapat pertentangan mengenai kain pembungkus jenazah itu. Dari kebiasaan upacara penguburan Yahudi dan dari Perjanjian Baru, jelas sekali bahwa ada beberapa potongan kain linen yang dipakai waktu penguburan Yesus bukan hanya sehelai kain berukuran 14 kaki atau sekitar 4 meter, seperti kain kafan Turin itu. 

“Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung.” (Yohanes 20: 5-7)

Akan tetapi pada kain kafan Turin itu tergambar seraut wajah serta keseluruhan bagian tubuh lainnya. Dalam usaha menyesuaikan teori kain kafan ini, ada keterangan-keterangan Perjanjian Baru mengenai penguburan Yesus Kristus seperti halnya terkait penggunaan rempah-rempah.

Untuk diminyaki maka jenazah itu harus dimandikan (Yohanes 19: 39-40). Jika ternyata rempah-rempah ini digunakan untuk meminyaki tubuh Yesus, maka diwajibkan oleh upacara Yahudi dan dalam kebudayaan manapun juga untuk memandikan jenazah itu terlebih dahulu. 

 

Baca Juga: Inilah Fakta Manna yang Dimakan Bangsa Israel

 

Saat rempah-rempah itu dibubuhi pada jenazah seperti yang ditegaskan dalam kitab injil, maka tidak mungkin gambar tersebut berpindah ke kain kafan melalui radiasi seperti yang dikatakan oleh para pendukung teori kain kafan tersebut.

Sementara bagi para pendukung yang berpendapat bahwa kain kafan itu asli, mereka juga mempunyai teori tersendiri. Pertama, tidak ada cat, bahan-bahan pewarna atau pigmen-pigmen lainnya di dalam kain kafan tersebut kecuali flek-flek kecil yang berasal dari pengudusan ikon-ikon dan lukisan-lukisan yang menyentuhnya.

Kedua, ketetapan anatomi moda darah, yang adalah darah manusia nyata yang membeku di kain kafan sebelum terbentuknya gambar manusia pada kain kafan itu, memiliki korelasi anatomi yang sangat akurat dengan gambar itu sendiri. Bagaimana mungkin pemalsuan di abad pertengahan bisa menghasilkan bentuk seperti itu? 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami