Begini Cara Responi Anak yang Menolak Pergi ke Gereja

Relationship / 16 June 2022

Begini Cara Responi Anak yang Menolak Pergi ke Gereja

Lori Official Writer
604

“Aku gak mau pergi ke gereja. Titik!” demikian teriak anak ke orang tua. 

Kebanyakan orang tua, pendeta dan bahkan pelayan anak pasti menghadapi anak semacam ini.

 

Bagaimana seharusnya meresponi tindakan anak yang menolak pergi ke gereja? 

Mungkin respon terbaik yang bisa orang tua berikan adalah memberikan kelonggaran kepada anak dan membiarkan mereka membuat pilihan mereka sendiri. Kebanyakan orang tua sebenarnya punya maksud yang baik menyuruh atau mengajak anak ke gereja. Tetapi di waktu yang sama mereka juga harus berlapang dada untuk tidak memaksa anak-anak mereka pergi ke gereja jika itu hanya karena terpaksa.

 

Baca Juga: Para Ayah, Rajinlah Ajak Anak ke Gereja Kalau Mau Anak Alami Hal Ini…

 

Anak-anak tidak selalu mengerti apa yang terbaik bagi mereka. Mereka tidak cukup bijaksana untuk membuat keputusan sendiri hingga mereka cukup umur untuk melakukannya.

Karena itulah, di usia anak yang masih belia orang tua perlu memaklumi pikiran anak yang masih penuh dengan keinginan sendiri.

Misalnya:

- Kalau anak tidak mau gosok gigi karena tidak suka, tidak masalah. Nanti juga dia akan menyikat giginya.

- Jika dia tidak suka sekolah, tidak masalah. Tetapi dia pasti akan pergi ke sekolah jika aku bercerita tentang hal menyenangkan yang ada di sekolah.

- Kalau anak tidak suka makan sayur, tidak masalah. Aku tahu seleranya akan berubah seiring waktu.

Tahukah Anda bahwa respon-respon semacam ini tidak akan membuat Anda terlihat seperti orang tua yang buruk. 

Hal serupa juga berlaku jika anak-anak Anda menolak untuk pergi ke gereja. Selama berbulan-bulan, mereka mungkin akan mulai bertanya-tanya tentang apa asyiknya pergi ke gereja dan perlahan-lahan akan terdorong sendiri untuk mengikutinya. Mereka akan terus belajar seiring waktu dan melakukan sesuatu karena mereka memang ingin melakukannya.

 

Baca Juga: Saat Anak Nggak Mau ke Gereja, Haruskah Orang Tua Memaksa?

 

Tapi sebagai catatan, kalau ternyata anak tidak mau pergi ke gereja karena merasa bosan Anda perlu mencari jalan lain untuk membuat anak terus bertumbuh. Misalnya, mencari sekolah minggu yang relevan dengan apa yang dia inginkan. Tentu saja hal ini tidak jadi masalah selama anak bersemangat untuk mengenal Tuhan lebih lagi.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” (Amsal 22: 6)

Sumber : Churchleaders.com
Halaman :
1

Ikuti Kami