Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Dana Darurat

Finance / 7 June 2022

Kalangan Sendiri

Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Dana Darurat

Claudia Jessica Official Writer
448

Banyak orang sudah memahami konsep dan pentingnya dana darurat bagi kehidupannya. Namun masih ada banyak orang juga yang belum menyadari pentingnya memiliki dana darurat ini.

Mungkin Anda berpikir, tabungan saja sudah cukup, jadi tidak perlu dana darurat lagi. Tahukah Anda, meski tabungan dan dana darurat sama-sama bertujuan untuk persiapan keuangan, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan lho.

Seperti namanya, dana darurat adalah uang yang kita simpan tanpa tahu kapan uang tersebut akan kita gunakan. Dana darurat baru akan digunakan apabila kita membutuhkannya pada waktu yang tak terduga atau keadaan darurat. Misalnya untuk biaya hidup setelah di-PHK, biaya pengobatan, dan kondisi tidak terduga lainnya.

 

 

BACA JUGA: Penting Mana Sih, Larikan Uang Ke Dana Darurat Atau Investasi Ya?

 

Melansir dari situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), besaran dana darurat bagi kaum single atau tidak memiliki tanggungan adalah sebesar 3-6 kali pengeluaran per bulan. Sedangkan untuk orang yang sudah berkeluarga atau memiliki tanggungan selain dirinya sendiri, besar dana darurat sebaiknya mencapai 6-12 kali pengeluaran per bulan.

Apa saja alasan mengapa Anda harus menyiapkan dana darurat sekarang?

 

#1 Biaya mendesak

Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja tanpa bisa diprediksi. Misalnya tiba-tiba kena PHK dan tidak memiliki sumber penghasilan lain, harus membayar biaya sesuatu dengan nominal yang besar, dan berbagai keadaan mendesak lainnya.

Apabila Anda memiliki dana darurat, Anda bisa membiayai kebutuhan tersebut tanpa harus mengganggu arus keuangan.

 

#2 Mencegah hutang meski keadaan terdesak

Ketika Anda membutuhkan dana dalam jumlah yang cukup, dana darurat bisa menyelamatkanmu dari jeratan hutang. Jadi Anda tidak perlu repot-repot meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut. Artinya, Anda tidak perlu memikirkan tentang kewajiban membayar hutang beserta bunganya maupun rasa khawatir kalau penagih hutang mendatangi Anda.

 

#3 Melindungi rencana keuangan

Dana darurat membantu melindungi aset yang Anda miliki jika terjadi sesuatu yang mendesak dan perlu ditangani dengan cepat. Dengan kata lain, dana darurat melindungi tabungan pensiun maupun anggaran lain yang Anda persiapkan untuk masa depan.

 

BACA JUGA: 12 Cara Antimainstream yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengisi Dana Darurat

 

#4 Membuat pikiran lebih tenang

Kok bisa dana darurat membuat pikiran lebih tenang?

Coba kita bayangkan. Misalnya kantor tempat Anda bekerja melakukan PHK massal dan Anda merupakan salah satu orang terdampak. Padahal sumber penghasilan Anda hanyalah gaji dari kantor karena Anda tidak memiliki sumber penghasilan lain. Lantas bagaimana Anda harus bertahan tanpa adanya pemasukan?

Atau jika saja Anda atau keluarga Anda mengalami suatu hal tak terduga yang membutuhkan uang dengan jumlah yang cukup besar. Apakah yang Anda lakukan?

Tentu kita akan berusaha untuk bertahan dan menyelamatkan diri Anda dari krisis bukan? Hal tersebut tentu membutuhkan perencanaan. Membuat perencanaan, artinya harus menggunakan otak Anda untuk berpikir bagaimana caranya Anda dapat melewati hari demi hari.

Yang terpenting dari memiliki dana darurat adalah Anda dapat meningkatkan kualitas diri Anda pada bidang lain tanpa perlu repot memikirkan kondisi finansial.

Ingat! Jangan pernah menggunakan dana darurat untuk hal-hal yang tidak mendesak atau Anda tidak akan pernah bisa memiliki dana darurat.

Sumber : lifepal
Halaman :
1

Ikuti Kami