Jangan Ucapkan 7 Kalimat Ini Kepada Orang yang Berduka

Kata Alkitab / 4 June 2022

Jangan Ucapkan 7 Kalimat Ini Kepada Orang yang Berduka

Lori Official Writer
65094

Di tengah-tengah kesedihan dan duka mendalam yang dialami seseorang setelah kehilangan orang yang dikasihi, sangat dibutuhkan dukungan dan pendampingan yang hangat dari orang lain, baik itu keluarga, pasangan, tetangga ataupun teman-teman dekat.  Penghiburan dan penguatan itu bisa berupa pelukan, doa maupun kata-kata.

Sebagian dari kita mungkin akan menyampaikan kata-kata penghiburan dan berharap hal itu bisa menguatkan. Sayangnya, kita tidak menyadari bahwa sebagian dari kata-kata itu justru sesuatu yang tidak diharapkan dan tidak seharusnya diucapkan.

 

Baca Juga: 16 Ayat Alkitab Penghiburan Bagi yang Kehilangan Orang Terkasih

 

Ada 7 kalimat penghiburan yang tidak seharusnya diucapkan kepada seseorang yang tengah berduka, diantaranya:

1# Dia sudah berada di tempat yang lebih baik sekarang

Bagi orang yang tengah berduka, kalimat ini tidak akan mampu menghibur. Meskipun itu didasarkan dari keyakinan agama tertentu, namun bagi orang yang tengah berduka tempat terbaik bagi seseorang yang meninggal adalah kembali berkumpul dengan orang terkasih. Akan lebih baik jika kita menggunakan pesan tentang kehidupan kekal yang lebih baik bagi orang yang telah meninggal dunia. Sebab pesan itu menyiratkan tentang kehidupan tanpa rasa sakit.

 

2# Waktu akan memulihkan semua kesedihan

Kita sering berkata bahwa waktu akan mengubah luka, memperkuat hati, dan menukar waktu menjadi lebih mudah. Namun bagi seseorang yang tengah berduka, waktu malah tidak akan pernah bisa menyembuhkan luka yang mereka alami setelah kehilangan seseorang yang mereka kasihi. Akan selalu ada bekas luka dan membuat seseorang terus teringat akan rasa sakit yang ditimbulkannya.

 

Baca Juga: Apakah Alkitab Berbicara tentang Berkabung dan Kehilangan Orang yang Dicintai?

 

3# Tuhan hanya ingin malaikat lainnya

Kita mungkin pernah mendengar kalimat, “Orang baik akan mati muda”. Tetapi ketika kita mengatakan hal itu kepada seseorang yang sedang berduka, dia benar-benar akan sulit menerima ucapan itu. Sebab dia hanya akan berpikir bahwa Tuhan itu kejam karena telah merampas seseorang yang begitu dicintainya hanya karena alasan membutuhkan malaikat yang baik hati.

 

4# “Aku tahu apa yang kamu rasakan saat ini”

Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami kehilangan orang yang dicintai. Tetapi bukan berarti rasa duka itu sama dengan rasa duka yang dialami seseorang yang baru saja kehilangan orang yang mereka cintai. Pengalaman kehilangan setiap orang itu berbeda-beda, khususnya rasa sakit yang begitu berbeda. Seorang ibu yang telah kehilangan anaknya mencoba menghibur ibu lain yang sedang berduka karena kehilangan anaknya tetap tidak akan pernah merasakan duka yang sama.

 

5# “Setidaknya kamu masih punya kesempatan mengucapkan selamat tinggal”

Kesempatan mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang kita kasihi memang patut disyukuri. Namun bukan berarti saat mengucapkan kalimat ini, dia merasa bersyukur. Dia malah akan kembali berpikir, mengapa jalannya harus demikian sulit? Entah dengan proses apapun seseorang meninggal, hal itu akan selalu menyiratkan duka mendalam.

 

Baca Juga: Agar Kehilangan Tak Lagi Menyiksa, Lakukanlah 3 Hal Ini Kepada Teman Yang Berduka Cita

 

6# “Aku senang karena penderitaannya sudah berakhir”

Apakah keluarga, teman atau orang yang dicintainya merasa lega dengan kalimat ini? Mungkin bagi seseorang yang meninggal, penderitaannya sudah berakhir. Tidak demikian dengan orang-orang yang ditinggalkan, yang justru mulai dirundung penderitaan akibat gelombang kesedihan dan keputusasaan. Jadi, seseorang yang tengah berduka tak perlu diingatkan tentang hal ini.

7# Untuk segala sesuatu ada alasannya

Tuhan membuat keindahan dari debu, dan siapa saja yang telah kehilangan sesuatu dari hidupnya bisa merelevansikannya dengan teori tersebut. Tetapi pengalaman yang paling menyakitkan kadang-kadang tidak masuk akal, dan perjalanan itu terasa panjang dan tak berujung. Meski pun kita menyampaikan pandangan ini secara positif, namun seseorang yang tengah berduka tidak akan bisa mencapai puncak pemikiran itu.  

Dibandingkan mengingatkan mereka dengan kalimat-kalimat penghiburan yang hanya membuat seseorang menjadi semakin berduka, akan lebih baik jika kita hanya mendampingi, memberi pelukan hangat, dan duduk menemani mereka. Sebab, kehadiran kita saja sudah membuat dia terhibur.

Sumber : Familyshare.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami