Ternyata Alkitab Punya 3 Bahasa Asli Lho, Yuk Temukan di Sini

Kata Alkitab / 28 May 2022

Kalangan Sendiri

Ternyata Alkitab Punya 3 Bahasa Asli Lho, Yuk Temukan di Sini

Lori Official Writer
667

Sebagian besar umat Kristen (Protestan dan Katolik) mungkin tidak pernah kepikiran jika ternyata Alkitab juga memiliki bahasa aslinya. 

Lalu kenapa Alkitab tidak memakai bahasa Aslinya menjadi pertanyaan yang banyak ditanyakan. Jawabannya adalah supaya firman Tuhan bisa dipahami oleh semua suku, bangsa, etnis dan kaum bahasa di dunia. Proses penerjemahan Alkitab dari bahasa aslinya pun sudah dilakukan sejak lama dan salah satu hasil nyatanya bisa kita nikmati lewat terjemahan Alkitab versi bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari. 

Meskipun terjemahan Alkitab saat ini sudah sangat baik, tetapi ada banyak orang Kristen yang menganggap penting untuk menelaah Alkitab berdasarkan bahasa aslinya untuk menemukan makna sesungguhnya yang tersirat di dalam firman Tuhan. 

Karena itulah penting buat orang Kristen untuk tahu, apa saja sih bahasa asli Alkitab? Berikut jawabannya.

1. Bahasa Ibrani 

Bahasa aslinya Alkitab yang pertama adalah bahasa Ibrani. Bahasa Ibrani berasal dari bahasa bangsa Israel sehari-hari. 

Di Perjanjian Lama, Alkitab sendiri banyak ditulis dalam bahasa ini. Karena kitab Perjanjian Lama banyak ditujukan kepada orang Israel atau bangsa pilihan Allah. 

 

2. Bahasa Aram 

Bahasa asli kedua Alkitab adalah bahasa Aram. Di zaman Alkitab Perjanjian Lama (sekitar abad 8 Sebelum Masehi), bahasa Aram banyak digunakan di wilayah Mesopotamia. Karena itulah, sebagian dari kitab Perjanjian Lama ditulis dengan bahasa tersebut.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Sejarah Alkitab, Firman Allah yang Hidup (1/3)

 

Adapun diantaranya adalah kitab Daniel (Daniel 2 dan 7) dan kitab Ezra (4 dan 7), karena keduanya pernah menjalani pembuangan di Mesopotamia atau yang dikenal dengan negara Babel dan Persia.

Bahkan di Perjanjian Baru sendiri, orang-orang Israel yang telah kembali dari pembuangan tersebut tetap menggunakan bahasa Aram dalam kehidupan sehari-harinya. Meski begitu bahasa Aram dan bahasa Ibrani masih dalam satu rumpun sehingga memiliki banyak kemiripan kata. 

Fakta menariknya, Yesus sendiri memakai bahasa Aram dalam kesehariannya. 

 

3. Bahasa Yunani

Bahasa asli ketiga dari Alkitab adalah bahasa Yunani. Bahasa ini banyak digunakan di dalam Perjanjian Baru. Seluruh kitab Injil sendiri ditulis di dalam bahasa Yunani.

Surat-surat Paulus yang ditujukan kepada gereja-gereja saat itupun seluruhnya ditulis dalam bahasa Yunani. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab: Sejarah Alkitab, Bahasa dan Penyusunan Alkitab (2/3)

 

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang sejarah dan proses penerjemahannya, Anda bisa menyaksikan video di bawah ini.

 

Jika Anda diberkati dengan artikel ini, jangan lupa share artikel ini melalui Facebook, Instagram maupun Twitter Anda ya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami