Setelah Yesus, Ini 7 Tokoh Paling Terkenal Dalam Alkitab

Kata Alkitab / 21 May 2022

Kalangan Sendiri

Setelah Yesus, Ini 7 Tokoh Paling Terkenal Dalam Alkitab

Lori Official Writer
826

Alkitab berisi kisah-kisah menakjubkan dari orang-orang terkemuka, yang banyak dibicarakan di dalam Alkitab dan hingga hari ini menjadi panutan bagi orang-orang percaya. 

Yesus adalah salah satu yang terbesar diantaranya. Namun selain Dia, kita juga mengenal 7 tokoh lain yang tak kalah terkenal, diantaranya:

MUSA 

Musa adalah seorang pria saleh yang dipilih untuk membebaskan bangsanya dari perbudakan bangsa Mesir. 

Dia adalah satu-satunya anak Israel yang dibesarkan di istana Mesir dan memperoleh pendidikan yang layak. 

Namun dia bukanlah sosok yang pakai berbicara. Karena itulah dia sempat menolak perintah Tuhan. Tetapi siapa sangka kekurangan itu yang dipakai Tuhan untuk memimpin Musa membebaskan bangsa Israel dari Tanah Mesir.

“…Musa adalah seorang yang sangat terpandang di tanah Mesir, di mata pegawai-pegawai Firaun dan di mata rakyat.” (Keluaran 11: 3)

 

Yosua

Ketika Musa memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir, Yosua tumbuh menjadi pemuda yang memiliki perawakan seorang pemimpin. Jadi, mata Musa pun tertuju kepadanya dan memilih dia menjadi salah satu dari 12 mata-mata yang dikirim ke tanah Kanaan. 

Yosua adalah pribadi yang sangat jujur dan berani. Bersama Kaleb, dia melaporkan semua hal-hal menarik yang mereka saksikan di tanah Kanaan. Yosua adalah salah satu orang yang percaya penuh dengan janji Tuhan. Sebagai bawahan, dia bahkan tidak pernah berniat untuk merebut jabatan Musa. Hal inilah yang tampaknya membuat Musa terdorong untuk menyerahkan kepemimpinan kepada Yosua.

“Lalu TUHAN berfirman kepada Musa: "Ambillah Yosua bin Nun, seorang yang penuh roh, letakkanlah tanganmu atasnya, suruhlah ia berdiri di depan imam Eleazar dan di depan segenap umat, lalu berikanlah kepadanya perintahmu di depan mata mereka itu dan berilah dia sebagian dari kewibawaanmu, supaya segenap umat Israel mendengarkan dia.” (Yosua 27: 18-20)

 

DAUD

Daud dikenal sebagai sosok yang taat kepada pimpinan Tuhan. Dia juga cakap dalam pekerjaannya sebagai seorang gembala. Hal inilah yang membuat Tuhan tergerak untuk memilihnya untuk memimpin bangsa Israel menggantikan Raja Saul.

Daud juga memiliki kecakapan dalam menulis Mazmur. Hubungan yang ia bangun bersama Tuhan menjadi sumber inspirasi bagi Daud dalam menuliskan setiap Mazmur di dalam Alkitab. Menariknya, seluruh isi Mazmur hampir berisi tentang ungkapan tulus Daud tentang kasihnya kepada Tuhan.

“Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.” (Kisah Para Rasul 13: 22)

 

AYUB

Suatu kali, si iblis bernegosiasi dengan Tuhan tentang Ayub. Di mata Tuhan, Ayub adalah pribadi yang taat dan mengasihi Dia. Karena itulah Tuhan mengizinkan si iblis untuk mencobai dia dengan berbagai-bagai masalah. Pertama, dia harus kehilangan seluruh hartanya, kehilangan keluarga dan bahkan kesehatannya.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami