Masih Bingung Bedakan Peran Pendeta dan Penatua Gereja, Ini Penjelasannya…

Kata Alkitab / 14 May 2022

Masih Bingung Bedakan Peran Pendeta dan Penatua Gereja, Ini Penjelasannya…

Lori Official Writer
599

Paulus dan penulis Perjanjian Baru lainnya secara umum memakai kata penilik jemaat untuk istilah penatua.

“Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu, yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib. Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah…” (Titus 1: 5-7)

Sama halnya seperti yang ditulis dalam 1 Timotius 3: 1-7, “Benarlah perkataan ini: "Orang yang menghendaki jabatan penilik jemaat menginginkan pekerjaan yang indah." Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang, bukan peminum, bukan pemarah melainkan peramah, pendamai, bukan hamba uang, seorang kepala keluarga yang baik, disegani dan dihormati oleh anak-anaknya. Jikalau seorang tidak tahu mengepalai keluarganya sendiri, bagaimanakah ia dapat mengurus Jemaat Allah? Janganlah ia seorang yang baru bertobat, agar jangan ia menjadi sombong dan kena hukuman Iblis. Hendaklah ia juga mempunyai nama baik di luar jemaat, agar jangan ia digugat orang dan jatuh ke dalam jerat Iblis.” (1 Timotius 3: 1-7)

Di 1 Petrus 5: 1-2, Paulus juga menasihati penatua untuk menggembalakan gereja sebagaimana fungsinya sebagai pengawas. Jadi penatua dan penilik jemaat merupakan dua istilah yang merujuk pada jabatan yang sama. 

Di sisi lain, Petrus memakai kata gembala dalam tulisannya, dimana istilah ini cenderung mengarah kepada pendeta. 

“Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar…” (Efesus 4: 11)

Lebih jelas lagi, Lukas menuliskan di Kisah Para Rasul 20: 17 & 28, bahwa Paulus sendiri menyebutkan bahwa penatua adalah penilik yang berperan untuk menjaga gereja di Efesus. Di sini Lukas menyebut penatua, penilik dan pendeta adalah satu jabatan yang sama. 

 

Syarat Pendeta dan Penatua Gereja 

Paulus menyampaikan dalam Timotius bahwa seorang pengawas atau penatua atau pendeta harus memiliki karakter yang baik dan dewasa. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crossway.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami