Fakta Alkitab: Perang Saudara di Israel Akibatkan Satu Suku Punah

Fakta Alkitab / 26 April 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Perang Saudara di Israel Akibatkan Satu Suku Punah

Claudia Jessica Official Writer
1013

Tahukah kamu bahwa Alkitab pernah mencatat adanya perang saudara di Israel. Salah satunya diawali dengan peristiwa pelanggaran moral yang sangat miris. Bahkan satu suku Israel terancam punah akibat peperangan ini.

Dalam sejarah dunia, begitu banyak peristiwa perang saudara yang terjadi. Tidak jarang perang saudara merupakan tanda awal perpecahan sebuah entitas politik. Alkitab pun mencatat beberapa peristiwa perang saudara yang berakibat buruk bagi suatu bangsa.

 

Sukunya Benyamin vs. Suku Israel Lain

Ulangan 20 menuliskan peristiwa peperangan antara suku-suku Israel di Gibea. Peperangan ini dipicu sebuah insiden yang memilukan, yakni seorang gundik orang Lewi yang diperkosa, dan dianiaya hingga mati. Pelakunya adalah orang-orang Suku Benyamin yang tinggal di kota Gibea.

Orang Lewi pemilik gundik tersebut kemudian memotong tubuh gundik yang telah mati itu menjadi dua belas potongan, dan mengirimkan potongan-potongan itu kepada seluruh suku-suku Israel. Akibatnya suku-suku Israel menjadi marah dan bermaksud mencari keadilan dengan meminta agar para pelaku kejahatan itu diserahkan untuk diadili.

Namun, orang-orang dari suku Benyamin menolak untuk bertanggung jawab. Upaya balas dendam pun tak bisa dihindari. Kedua belah pihak akhirnya terlibat perang saudara.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Perang Armagedon, Tanda Akhir Zaman

 

Satu Suku Hampir Punah

Ratusan ribu orang Israel terlibat dalam peperangan ini. Dua puluh enam ribu prajurit dari pihak Suku Benyamin, dan empat ratus ribu prajurit dari Suku-suku Israel (Hak. 20: 2, 15). Perang saudara ini mengakibatkan 25.000 Prajurit dari Suku Benyamin tewas (Hak. 20:46). Bahkan Alkitab menulis keberadaan Suku Benyamin di Israel hampir punah karena perang tersebut (Hak. 21:3, 6).

 

Pertempuran Israel melawan Yehuda

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami