Kasus Unit Link Prudential Bikin Geger, Sudah Tepatkah Berinvestasi di Asuransi?

Finance / 20 January 2022

Kalangan Sendiri

Kasus Unit Link Prudential Bikin Geger, Sudah Tepatkah Berinvestasi di Asuransi?

Lori Official Writer
1653

Asuransi merupakan sebuah bentuk perlindungan terhadap diri, keluarga dan harta benda apabila terjadi suatu musibah atau bencana yang tak terduga. 

Salah satu tujuan dari asuransi adalah untuk meringankan beban keuangan seseorang apabila mengalami beberapa situasi seperti tiba-tiba jatuh sakit, kecelakaan dan mobil tertabrak. 

Ada 3 jenis asuransi yang umum dipasarkan di Indonesia yaitu:

1. Asuransi umum yang merupakan bentuk penggantian kerugian atas kerusakan suatu hal/barang yang diasuransikan. 

Contohnya asuransi rumah dan asuransi kendaraan.

2. Asuransi jiwa yaitu bentuk pemberian manfaat terhadap penerima asuransi, ahli waris atau peserta asuransi jika sewaktu-waktu meninggal, jatuh sakit atau kecelakaan. 

3. Asuransi kesehatan yaitu bentuk jaminan biaya ketika pemegang polis mengalami gangguan kesehatan, sakit maupun kecelakaan. Asuransi kesehatan biasanya akan mengcover biaya rumah sakit (rawat inap, dokter, obat dan tindakan lain) hingga biaya operasi penyakit tertentu yang tertera di dalam ketentuan asuransi.

Namun seiring waktu, fungsi asuransi ini berubah dengan memiliki dua fungsi ganda, dimana para peserta bukan hanya mencari manfaat perlindungan saja tetapi juga menjadi wadah untuk investasi. Hal inilah yang ditawarkan oleh asuransi unit link kepada nasabahnya.

 

Baca Juga:

Ini 4 Investasi Terbaik Untuk Tabung Bonus Akhir Tahun Anda

Kasus Unit Link Prudential Bikin Geger, Sudah Tepatkah Berinvestasi di Asuransi?

 

Tepatkah Berinvestasi di Asuransi?

Baru-baru ini, sejumlah nasabah Unit Link AIA, AXA dan Prudential merasa tertipu karena janji yang disampaikan para agen tidak sesuai dengan kenyataan. Nasabah mengaku jika agen hanya menyampaikan janji manis berupa hasil investasi yang didapatkan nasabah dan tidak menjelaskan risiko yang bisa dialami di suatu waktu.

Sementara pihak Prudential mengaku jika kesalahan ini terjadi karena nasabah tidak membaca kontrak asuransi lebih dulu sebelum menandatangani perjanjian. 

Hingga saat ini, asuransi Unit Link sudah kerap kali dirundung masalah karena penjualan produk unit link yang rentan disalahgunakan oleh para agen. Hal ini tentu saja menjadi salah satu pertimbangan besar bagi calon nasabah untuk memilih investasi asuransi.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami