Teruntuk Single Parent, Ini 5 Tips Rayakan Natal Berkesan Bersama Buah Hati
Sumber: Calliope Designs

Relationship / 13 December 2021

Kalangan Sendiri

Teruntuk Single Parent, Ini 5 Tips Rayakan Natal Berkesan Bersama Buah Hati

Lori Official Writer
2109

Meski sendiri, bukan berarti single parent tidak bisa merayakan Natal yang paling berkesan bersama buah hati.

Bagi single mom dan single dad yang belum punya ide perayaan Natal di rumah, bisa coba lakukan 5 tips ini:

1. Atur Rencana Natal Bersama Anak

Tanyakan kepada anak Natal seperti apa yang mereka inginkan di tahun ini. Entah itu makan bersama, tukar kado, atau pergi liburan. 

Jadi sepakati dengan anak bagaimana kalian akan merayakan Natal ini bersama-sama. Tapi ingat, jangan pernah merayakan Natal dengan cara yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya ya. 

 

Baca Juga: 5 Snack Ini Biasanya Selalu Ada Dalam Tradisi Natal Anak

 

2. Undang Teman Atau Keluarga Lain

Apapun yang sudah disepakati bersama anak harus selalu direncanakan. 

Anda bisa saja mengundang keluarga atau saudara kandung untuk merayakan Natal di suatu tempat atau di rumah Anda. Atau jika keluarga terlalu jauh, mungkin bisa mengajak teman terdekat untuk bergabung dengan keluarga kecil Anda.

Ini adalah keuntungan dari menjadi seorang single parent. Salah satunya bisa memutuskan sendiri apa yang harus dilakukan tanpa perlu berdebat dengan pasangan karena berbeda pilihan.

3. Tentukan Anggaran yang Dibutuhkan Untuk Natal

Sekalipun Anda punya penghasilan besar, bukan berarti Anda tidak membuat pengaturan yang baik soal keuangan. 

Jadi pastikan untuk menyisihkan penghasilan khusus untuk perayaan Natal. Entah itu untuk liburan, makan bersama atau menikmati permainan di luar.

Pastikan juga anak-anak Anda memahami bahwa biaya yang dibutuhkan untuk perayaan Natal harus sesuai dengan rencana. Sehingga mereka tidak meminta banyak hal yang tidak seharusnya ada dalam daftar.

4. Abadikan Setiap Momen Bersama Anak

Rayakanlah Natal tahun ini dengan bahagia. Lalu dokumentasikan setiap kebahagiaan dan sukacita kalian sebagai kenangan.

Foto-foto itu bisa jadi pengingat bagi anak bahwa mereka tetap bisa menikmati Natal yang bahagia meski tanpa orangtua yang lengkap.

 

Baca Juga: Cara Merayakan Natal dengan Budget Hemat Bareng Keluarga

 

5. Habiskan Waktu Berkualitas Dengan Anak

Orangtua kadang lupa bahwa momen terpenting dalam perayaan Natal bukanlah makan, memasak di dapur atau melakukan kesenangan sendiri.

Tetapi yang terpenting adalah ketika orangtua terkoneksi langsung dengan anak, dimana mereka bisa menghabiskan sepanjang waktu untuk melakukan banyak hal bersama.

Jadi, alih-alih fokus menyajikan makanan atau sibuk dengan diri sendiri, ciptakanlah momen bersama. Jangan biarkan anak Anda sedih karena papa atau mamanya hanya fokus kepada hal lain.

Ada banyak pilihan perayaan Natal yang bisa single parent lakukan bareng anak. Entah dengan mendorong mereka melakukan kegiatan di luar rumah seperti jadi sukarelawan atau bahkan terlibat dalam kegiatan kontes Natal. Apapun pilihannya, pastikan anak bersedia melakukannya dengan sukarela.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami