Apasih yang Alkitab Sampaikan Soal Penggunaan Media Sosial?

Kata Alkitab / 7 November 2021

Kalangan Sendiri

Apasih yang Alkitab Sampaikan Soal Penggunaan Media Sosial?

Lori Official Writer
7895

Apa yang seharusnya dilakukan orang percaya saat mengakses sosial media?

1. Jadilah murah hati. “Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.” (Efesus 4: 29)

2. Bijaksana dan bersikap ramah. “Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada. Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.” (Kolose 4: 5-6)

3. Sampaikan ucapan yang membangun. “sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita.” (Titus 2: 8)

 

Istirahat dari media sosial memiliki beberapa manfaat.

Pertama, membantu mengurangi kecemasan. FOMO adalah ketakutan yang banyak menyerang pengguna media sosial. Tak sedikit rasa takut ini membuat pengguna sosial media menjadi depresi dan mulai cemas. 

Jika sudah menunjukkan tanda-tanda ini, lebih baik beristirahat sejenak dari sosial media. Nonaktifkan sosial media Anda dan nikmati kehidupan nyata Anda.

 

Baca Juga: Punya Follower 7 Juta Penyanyi Lorde Pilih Tak Lagi Akses Sosial Media, Ini Alasannya…

 

Kedua, membantu melatih kedisiplinan. Disiplin adalah buah roh terakhir yang disebutkan dalam Galatia 5: 23. Dengan sosial media, kita menjadi sangat mudah memberi makan kedagingan kita. Akibatnya kita menjadi orang yang sembarangan dan tidak lagi mengusahakan supaya hidup kita menjadi teladan bagi orang percaya lainnya.

Ketiga, menjadi pribadi yang nyata. Musuh bisa memanfaatkan ketergantungan kita dengan sosial media untuk menghilangkan fokus kita kepada tujuan sejati kita. Dengan menghabiskan 15 menit mengakses Facebook sebelum bekerja bisa menjadi lebih menarik daripada membaca Alkitab. Bahkan media sosial bisa mengalihkan kita dari waktu berkualitas dengan keluarga. Penting sekali bagi orang percaya untuk bisa menghentikan ketergantungan ini dengan menjauhkan sosial media dari jangkauan dan memilih untuk menikmati kehidupan yang nyata bersama orang-orang terdekat.

Dengan mengetahui kebenaran ini, kita diharapkan bisa semakin menghargai waktu yang diberikan Tuhan. Mari lebih banyak melakukan hal-hal yang lebih berarti daripada memasukkan segala emosi negatif lewat informasi yang bertebaran di sosial media.

“Aku hendak merenungkan titah-titah-Mu dan mengamat-amati jalan-jalan-Mu. Aku akan bergemar dalam ketetapan-ketetapan-Mu; firman-Mu tidak akan kulupakan.” (Mazmur 119: 15-16)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami