Parents Wajib Tahu 5 Penyebab Anak Tidak Semangat Dalam Belajar
Sumber: Kompas.com

Relationship / 10 August 2021

Kalangan Sendiri

Parents Wajib Tahu 5 Penyebab Anak Tidak Semangat Dalam Belajar

Lori Official Writer
10984

Kebanyakan orang tua tidak sadar kenapa anaknya terlihat tidak semangat saat belajar. Bahkan tak jarang ada yang men-judge anaknya itu pemalas. Padahal ada banyak faktor lho parents kenapa anak tidak semangat. Sebelum menghukum, menceramahi, atau memarahi anak, cari tahu dulu yuk 5 penyebab anak tidak semangat belajar ini.

1. Tuntutan mendapat nilai bagus

Tidak sedikit nih Superparents yang masih sangat membanggakan nilai akademis sebagai pembuktian anak pandai dan rajin belajar. Kadang sampai harus memberikan reward agar anak terus semangat dan mempertahankan nilainya. Tapi, tanpa disadari ekspektasi kita ini justru membuat anak stres dan jadinya tidak semangat. Bahayanya kalau anak sudah mulai menyerah.

2. Metode belajar membosankan

Makalah dari The University of North Carolina at Greensboro mengungkapkan bahwa anak bisa kehilangan semangat belajar saat materi disampaikan secara monoton, membosankan dan tidak memicu keingintahuan mereka. Apa lagi gaya belajarnya tidak sesuai dengan gaya anak, misalnya anak seharian ‘dipaksa’ duduk manis menyimak guru yang menjelaskan.

 

Baca Juga: 3 Hal Penting yang Bisa Kita Pelajari dari Film The Boss Baby: Family in Business

 

3. Lingkungan belajar tidak nyaman

Lingkungan disini bisa berarti suasana kelasnya, komunikasi antar guru dan anak, ruang belajar, dll.

4. Gangguan saat belajar

Gangguan belajar yang tidak kunjung Superparents sadari bisa membuat anak frustasi dan tidak percaya diri. Anak dengan gangguan belajar memiliki kecerdasan normal, tapi sulit memproses informasi yang masuk ke dalam otaknya. Contohnya seperti anak yang mengalami disleksia (kesulitan memahami huruf dan fonem), diskalkulia (kesulitan memahami angka dan operasi matematika), ataupun disgrafia (kesulitan menulis dengan benar).

5. Beban pelajaran tidak sesuai kemampuan

Setiap anak diciptakan oleh Tuhan dengan keunikan dan kelebihannya masing-masing. Kita tidak bisa memaksakan saat anak memang kurang mampu dalam hitung-hitungan, harus mendapatkan nilai sempurna. Padahal kemampuan anak ini di seni, yaitu musik dan gambar.

 

Baca Juga: Ini Lho 4 Kegiatan Seru yang Bantu Anak Kembangkan Bakat Bermusiknya

 

Kita harus memberikan ruang kepada anak untuk mengembangkan talenta yang mereka miliki dan memaksimalkannya. Salah satunya dengan mengikuti festival, yaitu Church Talent Festival! Melalui acara ini, anak bisa belajar sekaligus mengekspresikan talentanya untuk memuliakan nama Tuhan. Nah, buat yang sudah daftar, segera upload video anak dan tunggu hasil seleksinya dari Tim Superbook Indonesia ya parents!

Untuk informasi lengkapnya klik DI SINI.

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami