#FaktaAlkitab : Mengenal dan Cara Menggunakan Perlengkapan Senjata Allah
Sumber: Jawaban.com

Fakta Alkitab / 16 May 2021

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab : Mengenal dan Cara Menggunakan Perlengkapan Senjata Allah

Puji Astuti Official Writer
32155

Dalam Efesus 6:13, Rasul Paulus berkata kepada jemaat di Efesus , "Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu." Seperti apakah perlengkapan senjata Allah yang Paulus maksudkan?
Bersama Museum Lembaga Alkitab Indonesia kali ini JC Channel membahas tentang apa yang dimaksud dengan "perlengkapan senjata Allah" ini.

 

Perlengkapan senjata pasukan Romawi


Pada jaman Rasul Paulus saat itu Bangsa Romawi merupakan negara yang terkuat dengan wilayah kekuasaan yang luas, salah satu wilayah yang dijajah adalah Israel. Jadi, perlengkapan senjata yang Paulus gunakan sebagai kiasan bagi jemaat Efesus adalah perlengkapan senjata tentara Romawi yang setiap hari dilihat oleh masyarakat saat itu.
Makna dari perlengkapan senjata Allah


 

1. Ikat pinggang kebenaran - Ikat pinggang kebenaran adalah hal pertama yang disebut Paulus, mengapa? Jika berdasarkan urutan memakai perlengkapan perang tentu bukan ikat pinggang dulu bukan? Namun hal ini menjadi penting dan pertama karena mengacu pada kebenaran.


2. Baju zirah keadilan - Baju  zirah adalah pelindung dada, dimana organ penting pada tubuh berada. Demikian juga dengan keadilan, hal itu menjadi pelindung bagi hati kita. Namun disini tidak bicara tentang kemampuan kita berlaku adil yang sangat terbatas, namun kita harus berpaut kepada keadilan Tuhan, sebab Dialah yang Maha Adil. Karena kasih dan keadilan-Nya, Tuhan mengorbankan Putra-Nya yang Tunggal untuk mati di kayu salib, sehingga kita yang seharusnya binasa memperoleh hidup yang kekal. Keadilan Tuhan inilah yang melindungi hati kita.

 

Baca Juga Artikel: Fakta Alkitab : Makna dan Peran Penting Kasut Di Zaman Alkitab

 

3. Berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera - Kasut adalah pelindung kaki dan membuat kita bisa berjalan dan juga berperang dengan baik. Kasus pemberitaan Injil membuat kita siap dan nyaman kemanapun Tuhan mengutus kita, sebab itu adalah perintah dan Amanat Agung Tuhan Yesus (Matius 28:19). Kerelaan adalah kunci bagaimana memberitakan Injil bukan menjadi sesuatu yang sulit atau berat. Sebab saat kita dengan rela mentaati perintah Tuhan, maka Dia sendiri yang memimpin dan berjalan bersama kita dalam pemberitaan Injil itu.


 

4. Perisai iman - perisai adalah salah satu alat yang aktif digunakan sebagai perlindungan saat peperangan. Benda ini bisa digunakan untuk menangkis dan melindungi, demikian juga dengan iman kita kepada Yesus Kristus (Galatia 2:20), hal itu seperti perisai yang terbuat dari emas, sangat berharga, kuat dan penting.
Yesus berkata bahwa , "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." (Yohanes 8:31-32).
Kebenaran akan membuat bebas dan merdeka, tapi kebenaran tentang apa dan merdeka dari apa? Kebenaran bahwa Yesus Kristus sudah mati dikayu salib  untuk menebusmu dan kamu dimerdekakan dari perhambaan dosa (Roma 6:22-23). Kebenaran inilah yang mengikat semua perlengkapan senjata Allah lainnya sehingga bisa menjadi pelindung dan senjata bagimu.


Baca Juga Artikel: #FaktaAlkitab: Dimanakah Lokasi Taman Eden yang Sebenarnya?

 

5. Ketopong keselamatan - Kepala adalah bagian kritis pada tubuh manusia dan harus  dilindungi, ketopong berfungsi memberi perlindungan. Hal ini bicara tentang menjaga pikiran kita, dimana  pikiran harus fokus kepada kepada Injil  Keselamatan (Kisah Para Rasul 4:12) yang memberikan harapan akan hidup kekal di dalam Yesus Kristus. Injil Keselamatan ini akan melindungi pikiran dari serangan berbagai kekuatiran, ketakutan bahkan berbagai dokrin dan nilai-nilai dunia yang dilontarkan oleh Iblis. Tanpa Injil Keselamatan, pikiran akan mudah diserang dan dipengaruhi oleh berbagai tipu muslihat Iblis.


 

6. Pedang roh - yaitu firman Allah. Jika kita lihat perlengkapan senjata Allah yang lain bersifat bertahan, satu-satunya yang bersifat menyerang adalah pedang roh. Hal ini memperlihatkan kuasa dan kudusnya firman Allah, senjata rohani yang terbesar yang pernah ada. Sewaktu Yesus dicobai di padang gurun, Dia menggunakan Firman Tuhan untuk mematahkan setiap serangan Setan, hingga pada akhirnya Setan itu kalah dan meninggalkan Dia. Hal yang sama juga berlaku bagi kita, jika kita menggunakan firman Tuhan dalam hidup kita, kita bisa mengalahkan kuasa kegelapan.

 

Baca Juga Artikel: Fakta Alkitab : Mengenal Seperti Apa dan Makna Dibalik Baju Imam Besar Israel

 

Cara memfungsikan selengkap senjata Allah



Instruksi selanjutnya yang diberikan Rasul Paulus ini sangat penting, karena inilah cara memfungsikan selengkap senjata Allah dalam kehidupan kita sehari-hari.
"..dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,.." ~ Efesus 6:17-18
Caranya adalah dengan berdoa di dalam Roh (Kudus) dan berjaga-jaga dalam doa dengan permohonan yang tak putus-putus... Sangat sederhana bukan? Kebenaran, keadilan, iman dan Firman Tuhan harus diaktifkan melalui doa yang dipimpin dan dikuasai oleh Roh Kudus sehingga hidup kita dilindungi, pemberitaan Injil dapat efektif dan para pelayan Tuhan (orang-orang kudus) dijagai dan diurapi oleh Tuhan.
Inilah peperangan kita, yaitu peperangan rohani, "karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara." Efesus 6:12.


Jadi, apakah kamu sudah memakai dan menggunakan perlengkapan senjata Allah?

 

Sumber : Jawaban Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami