Berselancar Di Internet Memang Seru, Tapi Waspada Kehilangan 4 Hal Ini, Ya
Sumber: pexels.com

Single / 27 April 2021

Kalangan Sendiri

Berselancar Di Internet Memang Seru, Tapi Waspada Kehilangan 4 Hal Ini, Ya

Inta Official Writer
3980

When in doubt, google it! Kutipan ini cukup menggambarkan fungsi dunia internet dalam kehidupan kita. Pada masa lalu, setiap berita atau kejadian perlu waktu yang cukup banyak untuk bisa diketahui oleh khalayak. Teknologi telah mengubah hal tersebut, bahkan menjadi satu cara bagi kita untuk mendapatkan informasi dengan cepat.

Lalu apa hubungannya kebiasaan ini dengan hubungan kita dengan sesama? Teknologi, khususnya internet telah membuat waktu yang kita miliki semakin berkurang saat menggunakannya. Dengan banyaknya waktu yang kita gunakan untuk berpartisipasi pada dunia digital, setidaknya ada 4 hal ini yang kita abaikan, bahkan kita tinggalkan.

 

1.  Hubungan antar sesama


Semakin lama waktu yang kita habiskan bersama internet untuk mendapatkan informasi, berita, atau tetap terkoneksi dengan orang-orang melalui internet, maka semakin sedikit pula waktu yang kita habiskan bersama orang-orang yang ada di sekitar kita.

Memang sih, internet bisa membuat kita terhubung satu dengan yang lain, tapi internet hanyalah sebuah wadah atau jembatan bagi kita. Jelas rasanya akan sangat berbeda saat kita melihat teman-teman secara langsung, dimana kita bisa langsung merasakan ekspresi, melihat dari mata ke mata yang dapat membuat hubungan semakin lebih terikat.

 

2.  Kemampuan untuk mengobservasi


Kemampuan untuk observasi adalah keterampilan yang penting. Bersosialisasi secara langsung dapat memberi petunjuk yang jauh lebih berharga tentang cara berinteraksi, bereaksi dan merespon orang lain. Pengalaman yang nyata saat berada bersama orang lain dapat membuat kita menjadi lebih peka terhadap situasi dan melatih kita untuk menjalin sebuah hubungan yang jauh lebih berkualitas.

 

Baca juga: Karena Instagram, Setidaknya 4 Hal Ini berubah Dalam Gaya Pertemanan Kita

 

 

3. Menyadari keberadaan diri sendiri


Terlalu lama berkutat dengan internet dapat membuat kita tertarik pada ide, perasaan, opini, kepercayaan dan lain sebagainya pada orang lain. Tidak jarang internet menyebabkan iri hati maupun perasaan tidak aman atau insecure timbul. Internet juga seringkali membuat kita memberikan penghakiman baik pada diri sendiri maupun orang lain.

Kita yang ada saat ini seharusnya bisa menyadari keberadaan diri sendiri, dimana kita punya perasaan, ide, opini dan kepercayaan yang asli dan harus di hargai tanpa harus menghakiminya atau membandingkannya dengan orang lain yang ada di internet.

 

4. Momen berharga  yang ada di sekitar kita


Saat mengunjungi sebuah tempat, apa yang wajib kita lakukan? Berfoto? Memastikan orang-orang di media sosial mengetahui dimana kita saat ini? Itulah yang dilakukan oleh orang kebanyakan. Kita lupa kalau sebenarnya ada waktu yang terus berputar dan perlu dinikmati. Setiap moment itu berharga, karenanya kita harus bisa menahan diri agar tidak tenggelam dalam dunia internet dan kehilangan waktu kebersamaan tersebut.

Internet memang membawa kita pada kemudahan dalam mendapatkan informasi yang berharga. Namun, hal ini tidak lantas membuat kita terlena dengan berselancar di internet berjam-jam dan lupa dengan hubungan yang harus kita bangun dengan orang-orang di sekitar.  

 

Baca juga: Serba Online, Bagaimana Cara Orang Tua Mendampingi Anak Dari Internet?

 

Sumber : psychologytoday
Halaman :
1

Ikuti Kami