Uji Coba Vaksin Corona, Inikah Waktunya Tuhan?
Sumber: Tribunnews.com

Kata Alkitab / 21 July 2020

Kalangan Sendiri

Uji Coba Vaksin Corona, Inikah Waktunya Tuhan?

Claudia Jessica Official Writer
2529

Kedatangan vaksin Sinovac dari China membawa harapan bagi Indonesia untuk menangani pandemi saat ini. Pekan lalu, vaksin Sinovac ini telah sampai di PT Bio Farma yang siap diuji klinis fase III untuk melihat kekhasiatan vaksin ini untuk melawan covid-19.

Bio Farma menerima sebanya 2.400 vaksin yang saat ini sedang dalam tahap pengujian di laboratorium Bio Farma.

"Vaksin ini akan dites dulu di internal lab Bio Farma. Namun clinical trial akan dilakukan oleh Unpad (Universitas Padjajaran)," ujar Neni Nurainy, Research and Development Bio Farma kepada Kompas.com, Senin (20/7/2020).

Indonesia bukan satu-satunya yuang melakukan uji klinis calon vaksin dari China. Rencananya, Indonesia akan memulai uji coba klinis fase III vaksin corona dari Sinovac ini pada Agustus mendatang.

Pengujian akan dilakukan oleh Universitas Padjajaran dengan 1.620 vaksin yang akan diujikan pada peserta dengan rentang usia 18-59 tahun di Bandung.

Unpad sendiri merupakan institusi yang sudah berpengalaman dalam pelaksanaan uji klinis vaksin-vaksin yang telah beredar di Indonesia.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan uji klinis vaksin untuk Covid-19 ini diagendakan akan berjalan selama 6 bulan, sehingga ditargetkan akan selesai pada Januari 2021.

Jika uji klinis tahap III ini lancar dan disetujui BPOM, maka Bio Farma akan memproduksi vaksin corona ini pada Q1 (kuartal 1) 2021 mendatang.


Baca juga: 

Vaksin Dalam Proses Pengujian, Sudah Sejauh Mana?

Doakan Penemuan Vaksin Corona, 14 Mei Jadi Hari Puasa Seluruh Umat Beragama di Dunia

Olahraga pakai Masker Untuk Hindari Corona, Bikin Sehat atau Bikin Sesak Napas?


"Kami sudah menyiapkan fasilitas produksinya, dengan kapasitas produksi maksimal 250 juta dosis (vaksin corona Sinovac)," ungkap Honesti.

Dengan adanya vaksin ini, tentu kita berharap pandemi covid-19 ini dapat segera teratasi sehingga kita tidak perlu lagi memilik kekhawatiran ketika harus keluar dari rumah.

Selain itu, tim penguji vaksin tentunya juga membutuhkan dukung doa kita. Mari kita doakan agar tim penguji vaksin supaya mereka tetap sehat, dan Tuhan menyertai mereka selama proses pengujian vaksin tersebut.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami