Kamu Punya Trauma? Ini 8 Fakta yang Harus Kamu Ketahui (Bagian-1)
Sumber: Pexels.com

Single / 20 July 2020

Kalangan Sendiri

Kamu Punya Trauma? Ini 8 Fakta yang Harus Kamu Ketahui (Bagian-1)

Claudia Jessica Official Writer
2327

Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar kata trauma? Tingkah laki tidak normal? Gangguan kejiwaan? Menurut KBBI, trauma adalah keadaan jiwa atau tingkah laku yang tidak normal sebagai akibat dari tekanan jiwa atau cedera jasmani, atau reaksi terhadap luka.

Tekanan psikologis parah setelah kejadian mengerikan atau mengancam jiwa dapat adalah definisi trauma. Keadaan ini dapat berlaku bagi siapa yang telah mengalami penyakit parah, hampir mati, atau pernah mengalami bencana.

Apa saja fakta tentang trauma yang perlu kita ketahui?

• Adalah normal untuk menghindari, mati rasa bahkan menyangkal trauma kita 

Peristiwa traumatis begitu mengancam sehingga banyak orang melakukan penolakan dengan berbagai cara untuk bertahan hidup. Seperti orang yang terluka berusaha untuk melindungi dirinya.

Kita memiliki alasan untuk menghindari bahkan menolak untuk mengingat peristiwa yang membuat kita merasa ketakutan. Kita perlu mencari tahu apa akar yang membuat kita merasakan hal-hal ini dan mencabut akar tersebut.

• Kamu mungkin tidak tahu bahwa kamu mengalami trauma

Dikutip dari iBelive.com, penulis merasa kesal ketika tetangga yang belum pernah ditemuinya meninggal. Dia merasa terganggu. Kemudian setelah ditelusuri, ia merasa kesal karena dia menyadari bahwa tetangganya meninggal tidak lama setelah saudara perempuannya menghilang. Penulis tersebut merasa kesal karena menghilangnya saudara perempuannya seperti kematian.

Trauma begitu menjengkelkan karena kerap kali kita harus menghindarinya untuk bertahan hidup, jadi ini sangat umum jika kamu tidak menyadari bahwa kamu memiliki trauma. Bagian dari penyembuhannya adalah dengan memberi izin kepada diri kita sendiri untuk menyebutkan luka kita dan mencari bantuan dari Tuhan dan perpanjangan tangan-Nya.

• Apa yang dapat 'dihitung' sebagai traumatic bergantung pada orang tersebut

Penderitaan bukan olimpiade yang harus diperlombakan ataupun memiliki standar syarat tertentu. Meskipun beberapa orang mengelihh tentang masalah yang tampaknya sangat kecil, tetapi mereka menganggap bahwa penolakan yang dialaminya merupakan kehancuran dari dunia.

Kita perlu memiliki kasih karunia untuk setiap pribadi seperti yang dilakukan Yesus Kristus untuk menghormati luka yang orang lain alami.

• Agama dapat menjadi sumber trauma

Pernahkah kamu berpikir bahwa gereja bisa menjadi penyebab seseorang mengalami trauma? Banyak orang, bahkan anak-anak mengalami pelecehan seksual oleh pelayan gereja itu sendiri. Butuh waktu yang lama untuk mengalami penyembuhan dan membebaskan keyakinan dari perilaku yang pernah diterima seperti ini.

Iman dapat membawa kehidupan. Namun mempercayai bahwa semua orang adalah baik merupakan hal yang berbahaya. Kita membutuhkan Roh Kudus untuk mengatasi trauma, kekerasan hingga menghindari pelecehan di gereja.

Itulah 4 fakta yang perlu kamu ketahui tentang trauma. Kita akan membahas 4 fakta lainnya di artikel selanjutnya ya.

Sumber : iBelieve
Halaman :
1

Ikuti Kami