Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
385


Pernah nggak sih mendengar kalimat "beauty is in the eye of the beholder" atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya."

Ternyata kalimat ini sudah diyakini sejak lama dalam bahasa Yunani loh. Yang artinya adalah kecantikan bersifat subjektif dimana orang bisa berbeda pendapat tentang apa yang dianggapnya  cantik dan tidak. Bisa dibilang cantik itu relatif.

Jadi teruntuk kamu yang nggak tahu, di Myanmar, anak perempuan suku Padung, dari usia 5 tahun gitu sudah dikenakan kalung metal yang melingkari leher mereka. Nah, setiap dua tahun kalung tersebut ditambah sampai mereka memakai 24 kalung. Kalau kalian lihat fotonya, maka kamu bisa melihat bagaimana leher mereka menjadi jenjang. Karena bagi suku tersebut, standar kecantikan bagi mereka adalah leher yang ramping dan jenjang.

Nggak cuma itu, pada masa 1000 tahun sebelum masehi, suku maya akan menggencet kepala bayi mereka dengan balok kayu. Tujuannya, supaya kepala bayi tersebut penyok. Karena menurut suku maya, standar kecantikan pada waktu itu adalah kepala penyok yang cenderung runcing.

Jadi sudah jelas kan kalau kecantikan itu relatif dan berubah-ubah.

Nah, dijaman modern sekarang ini, standar kecantikan juga sudah berubah. Beauty is pain, begitu katanya. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang memutuskan untuk melakukan operasi dan tattoo demi memenuhi kecantikan.

Padahal, kalau mengikuti kecantikan di dunia ini maka kita nggak bakalan puas. Karena akan berubah-ubah seiring waktu, bahkan bisa membuat kita insecure dan membandingkan diri dengan orang lain.

"Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah." (1 Petrus 3:3-4).

Jika kita membaca apa kata Rasul Petrus  tersebut, maka sangat jelas kita tahu bahwa kecantikan yang dari dalam adalah kecantikan yang kekal, abadi, nggak akan pudar dan nggak akan berubah-ubah serta berharga menurut pandangan Allah. Berbeda dengan kecantikan duniawi yang sementara. Lagian nih, kecantikan dunia belum tentu cantik menurut pandangan Allah. Karena Allah lebih suka memperhatikan kecantikan yang tidak terlihat.

BACA JUGA : Cantik Dari Dalam, Menjadi Berkat Dari Luar. Inilah Yang Allah Mau Dari Perempuan Kristen!

"Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati." (1 Samuel 16:7)

Teruntuk kamu yang punya pacar, atau teman cowok, coba deh bertanya kepada mereka, apakah mereka betah berpacaran dengan seseorang yang cantik tapi sifat dan kelakuannya nggak baik. Pasti jawaban mereka, nggak betah.

Amsal saja sudah berkata loh, bahwa, "Lebih baik tinggal di padang gurun dari pada tinggal dengan perempuan yang suka bertengkar dan pemarah." (Amsal 21:19)

Memang, kecantikan fisik akan memenangkan cinta pada pandangan pertama, tapi untuk seterusnya, cinta hanya bisa dipertahankan oleh kecantikan batiniah.

Tapi bukan berarti kamu nggak boleh dandan ya? Masalah harus tampil natural atau no make up atau pakaian sederhana sebenarnya pilihan. Sejujurnya, kamu juga harus memperhatikan penampilan kamu supaya orang mau bergaul dengan kamu dan menjadi saksi Kristus . Gimana mungkin coba kamu mempengaruhi dunia agar mereka kenal Kristus sementara  kamu saja tidak merawat bait Roh Kudus.

"Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!" (1 Korintus 16:19-20)

Jadi buat teman-teman semua, yuk kita merawat tubuh kita dan  sifat kita. Mari hidup dalam kesadaran bahwa hidup kita bukan lagi milik sendiri tapi milik Allah. Kecantikan sesungguhnya adalah hasil dari hubungan intim pribadi kita dengan Allah, jadi supaya kita semakin serupa dengan Tuhan maka kita harus sering bergaul denganNya.

Ingatlah bahwa kecantikan yang berasal dari Allah memiliki kuasa. Rasul Petrus mengatakan bahwa kecantikan yang demikianlah yang akan memenangkan jiwa orang lain bahkan suami kita kelak jika dia tidak taat kepada Firman.

"Demikian juga kamu, hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada di antara mereka yang tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan isterinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup isteri mereka itu." (1 Petrus 3:1-2)

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2