Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
589


Di sepanjang Alkitab, kita bisa menemukan banyak bagian yang menceritakan tentang praktik sihir atau kekuatan gaib.

Beberapa pemimpin yang ditulis di sana juga kerap menggunakan ilmu sihir untuk mendukung kekuasaannya. Sebut saja seperti Raja Firaun (Keluaran 7: 11), Nebukadnezar (Daniel 2: 2), Raja Manasye (2 Tawarikh 33: 6), Ratu Izebel (2 Raja-raja 9:22) dan yang lainnya. Praktik ilmu sihir ini gak hanya berhenti di situ, di Perjanjian Baru pun ilmu sihir banyak dipraktikkan oleh orang-orang di berbagai belahan daerah, termasuk di Asia kecil seperti Efesus.

Uniknya, praktik ini terus ada dan berkembang bahkan di jaman teknologi saat ini. Belakangan ini tersiar kabar tentang bagaimana masyarakat Amerika Serikat ternyata juga sudah banyak mempercayai sihir.

Pertanyaannya kenapa sihir tampak begitu digemari sampai saat ini? Apa sebenarnya kekuatan di balik sihir?

Dalam bahasa Yunani, sihir disebut dengan Pharmakeia atau Pharmakon yang artinya sihir, ramuan ajaib dan obat-obatan.

Kebanyakan masyarakat di masa itu, memakai ilmu sihir untuk pengobatan penyakit dan juga ramuan untuk mencapai satu tujuan tertentu.

Tapi siapa sangka, dibalik praktik ini para ahli sihir rupanya memakai mantra-mantra yang berasal dari dunia kegelapan. Sehingga, hal ini bisa jadi celah bagi roh jahat masuk ke dalam hidup seseorang dan merusaknya.

Sihir dan Pemberontakan

Saat berhadapan dengan sihir, kita harus mengingat dua hal yaitu:

1. Sihir adalah kekuatan jahat yang kuat yang sudah ada jauh sebelum kita ada di dunia.

2. Sihir sama dengan pemberontakan karena melawan otoritas dan kekuasaan Tuhan.

Dalam kitab versi KJV 1 Samuel 15: 23 menyebutkan bahwa pemberontakan itu adalah seperti dosa sihir. “For rebellion is as the sin of witchcraft, and stubbornness is as iniquity and idolatry. Because thou hast rejected the word of the Lord, he hath also rejected thee from being king.” (Karena pemberontakan adalah seperti dosa sihir, dan kekeraskepalaan adalah sebagai kejahatan dan penyembahan berhala. Karena kamu telah menolak firman Tuhan, Dia juga telah menolak kamu untuk menjadi raja).

Dalam Galatia 5: 19-21, ilmu sihir disebut juga dalam kategori dosa kedagingan yang sama dengan perzinahan, dosa seksual, fitnah, penyembahan berhala, perselisihan, kecemburuan, kemabukan dan sebagainya.

Bagi Tuhan, dosa adalah dosa. Dan upah dosa ialah maut. Sementara orang-orang yang hidup di dalam Kristus akan hidup menaati firman Tuhan.

Di alam roh, roh sihir dan roh Kristus saling tarik menari. Karena itulah ilmu sihir terus bekerja menciptakan banyak kejahatan.

Apakah Ilmu Sihir Bisa Menyerang Gereja?

Bagi masyarakat modern seperti sekarang ini, ilmu sihir malah dianggap keren. munculnya beragam film yang mengandung sihir membuat bahkan orang Kristen tertarik.

Hal ini terjadi karena kejahatan akan selalu menyamar dalam bentuk yang tampak begitu baik dan benar. Namun dibalik itu, ilmu sihir mencoba untuk menipu pikiran dan hidup seseorang.

Hanya Roh Tuhan yang mampu mengalahkan sihir. Dan hal ini terbukti dari bagaimana Paulus, saat dalam pelayanannya ke Efesus berhasil membuat masyarakat di sana, yang mayoritas memakai ilmu sihir, takjub dengan mujizat-mujizat yang dilakukannya saat itu. Mereka merasa jika ilmu sihir yang mereka gunakan tidak ada apa-apanya dengan kuasa Roh Tuhan yang bekerja di dalam Paulus. Bahkan karena pekerjaan Tuhan yang luar biasa melalui Paulus, para tukang jampi pun meniru cara Paulus dengan memakai nama Yesus untuk menyembuhkan orang-orang yang kerasukan roh jahat (Baca Kisah Para Rasul 19).

Nah, kembali pada gereja saat ini. Apakah sihir bisa menyerang gereja atau orang percaya?

Pertama, kita harus memastikan kalau semua anggota gereja sudah menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruslamatnya. Kedua, pastikan siapa orang di luar gereja yang tampaknya tidak suka dengan aktivitas gereja.

Adalah penting bagi gereja untuk berdiri melindungi diri dari berbagai serangan roh jahat. Karena itu diperlukan 4 langkah ini:

1. Lawan ilmu sihir dengan kuasa nama Yesus dan firman-Nya.

“Bagi Dia, yang mengasihi kita dan yang telah melepaskan kita dari dosa kita oleh darah-Nya-- dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya, --bagi Dialah kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin” (Wahyu 5b-6)

“Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.” (1 Yohanes 4: 4)

Ada kuasa besar dalam nama Yesus dan darah-Nya. Dan firman-Nya yang mengungkapkan kebenaran juga berkuasa menaklukkan kebohongan si jahat.

2. Doakan jemaat, pendeta dan orang terdekatmu.

“Pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang..” (1 Timotius 2: 1)

“..demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.” (Roma 12: 5)

Penting untuk berdiri bagi jemaat, pendeta dan juga orang-orang terdekat kita. Karena kapanpun si iblis bisa mencoba menyerang. Hanya dengan menutup bungkus mereka di dalam nama Tuhan Yesus, roh jahat seperti ilmu sihir tidak akan mampu mencelakainya.

3 Tetap berjaga-jaga

“..demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain.” (Roma 12: 5)

Salah satu senjata terbaik yang bisa kita pakai untuk melawan ilmu sihir adalah dengan tetap berjag di tengah lingkaran tubuh Kristus atau sesama saudara seiman. Ilmu sihir akan selalu berusaha untuk memecah belah dan melemahkan persatuan. Karena itulah kita harus selalu peka dan berjaga-jaga dengan apa yang terjadi.

4. Jangan melawan ilmu sihir sendirian

Ilmu sihir seperti sarang lebah yang besar. Saat kita mulai merusaknya sendiri tanpa tahu apa yang sedang kita lakukan, maka kita akan disengat. Hal terburuk yang bisa kita alami adalah terbunuh.

Jadi, kalau kita mulai merasa atmosfernya berbeda, tanganilah dengan cara yang tepat yaitu dengan melawannya bersama-sama dengan orang percaya lain.

“…karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” (Efesus 6: 12)

Ingatlah bahwa kita hanya akan bisa menang dalam pertempuran kalau bisa melawan musuh bersama-sama. Kita tidak bisa melawan roh jahat jika hubungan kita dengan orang percaya lain justru rusak. Karena itulah penting sekali untuk berfungsi sebagai satu tubuh saat menghadapi berbagai bentuk serangan, termasuk serangan ilmu sihir.

Jadi, tetaplah berdoa, bergantung pada firman Tuhan dan menjaga setiap perkataan yang keluar dari mulut kita.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2