Inilah Ayat Firman Yang Penting Untuk di Ingat Dalam Membangun Persahabatan

Single / 27 October 2019

Kalangan Sendiri

Inilah Ayat Firman Yang Penting Untuk di Ingat Dalam Membangun Persahabatan

Naomii Simbolon Official Writer
5270

Sahabat adalah orang ketiga dalam kehidupan manusia, selain orangtua dan saudara, sahabat adalah orang yang sangat dekat dengan kita, layaknya saudara atau bahkan lebih.

Sahabat bisa diartikan sebagai orang yang paling jujur di dunia, sebab sahabat bisa mengomentari segala hal tentang kita meski itu akan menyakitkan, tapi tetap ia katakan, demi kebaikan sahabatnya.

Nah, di dunia ini pasti semua orang memiliki sahabat. Karena memiliki sahabat itu penting banget.

Terus kalau sudah begitu, apa ya kita-kita kata Alkitab mengenai persahabatan?

Dalam Alkitab dituliskan beberapa makna dan nilai dari sebuah persahabatab. Alkitab juga memberitahu kita betapa pentingnya teman atau sahabat yang baik dan persahabatan terbesar yang kita miliki hanya ada dalam Yesus Kristus, penyelamat kita.

Untuk membantu kita terus bertumbuh dalam persahabatan yang penuh dengan kasih, inilah beberapa ayat Alkitab yang akan mengingatkan kita tentang kasih Allah kepada kita, melalui persahabatan.

1.  Sahabat itu karib sekalipun beberapa kali bikin kesal

"Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara." (Amsal 18:24)

Memang sih, kadang-kadang sahabat kita bisa bertingkah seperti musuh dan bikin kesal. Tapi Firman Allah meminta kita untuk tetap berada dalam kasihNya dan saling mengampuni dan tetap karib satu sama lain.

2. Saling mengingatkan satu sama lain

"Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya! Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas? Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan." (Pengkotbah 4:9-12)

Sahabat itu saling mengingatkan sama lain. Itulah seru dan pentingnya memiliki sahabat. Jadi bagi kamu yang punya sahabat, bersyukurlah, karena dia bisa mengingatkan kamu dan membantu kamu untuk terus bertumbuh di dalam Tuhan.

BACA JUGA : Agar Kehilangan Tak Lagi Menyiksa, Lakukanlah 3 Hal Ini Kepada Teman Yang Berduka Cita

3.  Sahabat adalah orang yang rela berkorban

"Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya." (Yohanes 15:13)

Allah menginginkan kita untuk hidup dalam persahabatan yang mau saling berkorban satu sama lain. Sama seperti Yesus, yang sudah menjadi sahabat yang rela berkorban menyerahkan diriNya kepada kita.

4. Sahabat adalah seseorang yang menajamkan dan men-support kita untuk saling bertumbuh

" Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya." (Amsal 27:17)

Inilah yang Allah kehendaki dalam sebuah persahatan. Dia ingin kita saling bertumbuh, saling menajamkan satu sama lain baik dalam pertumbuhan iman dan karir.

5. Saling membantu satu sama lain dalam kesusahan

"Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran." (Amsal 17:17)

Ketika kita berada dalam keterpurukan, sahabatlah yang ada bagi kita. Apalagi kalau kamu merantau dan jauh dari orangtua. Maka sahabat adalah orang yang akan menolong kita dan mengingatkan kita.

6. Sahabat harusnya membuat kita bertumbuh. Jadi, carilah sahabat yang baik dan siap mendukung kamu

"Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik." (1 Korintus 15:33)

Itulah 6 ayat Firman yang harus kita ingat dalam membangun hubungan persahabatan. Teruslah mendukung sahabat kamu satu sama lain di dalam Kristus ya. Mengampunilah setiap hari dan saling mengingatkan.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami