Merasa Punya Segalanya? 3 Perilaku Ini Bisa Jadi Pertanda Kesombongan
Sumber: BLUNTmoms

Single / 25 October 2019

Kalangan Sendiri

Merasa Punya Segalanya? 3 Perilaku Ini Bisa Jadi Pertanda Kesombongan

Lori Official Writer
3038

Seseorang dikatakan sombong waktu dia merasa punya segalanya, berperilaku superior dan suka merendahkan orang lain. Bahkan perilaku yang terlalu percaya diri dan berpikir lebih baik dari orang lain pun bisa jadi salah satu tanda kesombongan.

Sebagai orang Kristen, kita harus sadar kalau kesombongan adalah salah satu benteng yang menghalangi kita untuk bertumbuh. Karena setiap orang yang sudah hidup di dalam Tuhan harusnya menghidupi buah roh dalam dirinya, salah satunya adalah kerendahan hati.

Dalam Alkitab, kesombongan adalah salah satu dosa paling fatal di mata Tuhan. Karena kesombonganlah Lucifer diusir dari surga. Dia benar-benar berpikir kalau dia lebih baik dari Tuhan.

Ada 3 perilaku yang menunjukkan seseorang hidup dalam benih kesombongan.

1. Terlalu Percaya Diri

Gak ada yang salah dengan menjadi percaya diri. Karena setiap orang memang perlu mencintai dirinya sendiri.

Tapi yang jadi masalah adalah kalau rasa percaya diri kita berubah jadi kesombongan. Hati-hatilah saat kita sudah mulai terlalu percaya diri. Karena hal ini bisa menyulitkan kita untuk membangun hubungan dengan orang lain.

Jujur saja, gak ada seorangpun yang mau berhubungan dengan seseorang yang selalu fokus sama dirinya sendiri. Karena hal itu hanya akan membuat orang lain merasa kurang baik.

Karena itu, pastikanlah kepercayaan diri yang kamu punya berasal dari pemahaman soal identitasmu di dalam Tuhan, bukan semata-mata karena penampilan atau fisikmu.

2. Sulit Mengakui Kesalahan ke Orang Lain

Sulit mengakui kesalahan ke orang lain juga jadi pertanda kesombongan loh!

Bukannya mengakui kesalahan, seseorang malah melempar kesalahan ke orang lain.

Seseorang yang hidup dalam kesombongan seperti ini hanya akan terus menerus mengulangi kesalahannya.

“Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi. Berbahagialah orang yang senantiasa takut akan TUHAN, tetapi orang yang mengeraskan hatinya akan jatuh ke dalam malapetaka.”  (Amsal 28: 13-14)

Baca Juga:

Gara-gara Kesombongan, Kita Bisa Jadi Musuh Tuhan

Waspadalah Kalau Kamu Mulai Bersikap Begini, Bisa Jadi Kamu Sedang Sombong Rohani

3. Enggan Minta Bantuan Orang Lain

Perilaku kesombongan yang ketiga adalah enggan meminta bantuan.

Biasanya orang sombong berpikir kalau dia bisa mengatasi masalahnya sendiri.

Hal ini menunjukkan kalau dia sama sekali gak membutuhkan bantuan orang lain karena dengan dibantu orang lain dia hanya akan merasa jadi orang yang lemah.

Kesombongan yang sama parahnya dengan hal ini adalah saat gak butuh bantuan dari Tuhan. Mengandalkan diri sendiri membuatnya berpikir sebagai pribadi yang kuat dan tak terkalahkan.

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Filipi 4: 13)

Waspadalah supaya tiga perilaku kesombongan ini gak membuatmu terhambat untuk bertumbuh dalam Tuhan. Minta kemampuan untuk menaklukkan karaktermu sendiri di dalam Tuhan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami