Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
298


Kalau hidup diibaratkan perjalanan, akan ada jalan yang mulus dan beraspal dan ada pula yang berkerikil tajam. Setiap manusia akan punya kesempatan merasakan jalan yang berkerikil tajam termasuk orang-orang terdekat kita. Jika mereka sedang diuji, kita yang menyayangi mereka pun akan turut merasakan dampaknya. Apalagi jika ujiannya adalah kehilangan orang terkasih atau berduka.

Seorang teman yang sering kali ceria, sering ngobrol denganmu, siap meminjamkan telinganya untuk mendengarkan cerita-ceritamu, tiba-tiba menjadi penyendiri dan sedih karena kehilangan orang terkasihnya.

Mungkin kalau sudah begini, kamu akan bingung harus melakukan apa. Nah, agar bingungmu tidak terlalu lama, lakukanlah  beberapa hal dibawah ini untuk membantu mereka yang sedang berduka :

1. Cukup hadirlah di sisi mereka, itu akan membuat mereka lebih tenang kok.

Ketika Yesus berada di Taman Getsemani, Ia meminta satu hal kepada muridNya.

"Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?" (Mazmur 14:37)

Yesus ingin mereka menunggu bersamanya selama satu jam. Itulah yang harus kamu tahu bahwa berada disisi seseorang yang sedang terluka adalah sebuah hadiah yang luar biasa.

Dengan hadirnya kamu disisi mereka, seakan sedang memberitahu bahwa mereka nggak sendirian,  bahwa kamu pun tahu gimana dengan perasaan mereka, kamu mengerti tentnag itu.

Tahu nggak bahwa salah satu ketakutan terbesar orang yang berduka adalah takut dijauhi orang lain dan kehilangan semua yang dia cintai. Jadi, hadirlah bersama mereka, dengarkan cerita mereka sebagai tanda kamu pun menghargai orang yang terhilang dari hidup mereka.

 

Ketika Lazarus meninggal dan semua orang berduka dan menangis. Dalam hal itu, Yesus tidak memberi nasihat kepada mereka, tapi Dia berbagi air mata dengan teman-temannya yang terluka. 

Yohanes 11:35, "Maka menangislah Yesus."

2. Berikanlah mereka kesabaran

Kesedihan dan duka sangatlah membutuhkan waktu. Membutuhkan banyak waktu. Biarkanlah mereka menikmati hal itu, jangan paksa mereka beralih ke situasi yang kamu inginkan.

Karena kamu tidak akan bisa memutuskan berapa lama kesedihan temanmu tersebut berlangsung. 

Setiap orang  itu berbeda, ada yang berduka sekali hingga menceritakan kisah tentang orang yang meninggal tersebut. Yang lainnya mungkin ada yang tenang, perasaan tetap berduka cuma cara mengekspresikannya berbeda.

Kadang mereka bisa menarik diri mereka. Nah, ketika itulah mereka membutuhkan pengertian dari kamu. Mintalah rahmat dari Tuhan untuk teus memberi mereka kesabaran dan semangat, karena kasih Tuhan tidak akan pernah habis.

BACA JUGA : Biar Disukai Tuhan dan Banyak Orang, Lakukanlah 3 Hal Ini Dalam Masa Jomblo-mu!

3. Berdoalah untuknya

Kamu tidak tahu persis gimana perasaan mereka yang sedang berduka kan? Tapi Tuhan tahu loh. Dia berdaulat. Dia memegang kunci hidup dan matimu, dan tahu persis kapan kamu akan menghirup nafas terakhirmu.

Jadi berdoalah bagi mereka. Setiap kali mereka ada dalam pikiranmu, maka berdoalah dan bawa nama mereka kepada Bapa, seperti yang dikatakan dalam 1 Petrus 5:7, "Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu."

Ketika temanmu yang sedang berduka mengatakan bahwa hatinya sedang hancur, maka berdoalah kepada Tuhan supaya menyembuhkan hatinya yang hancur karena hanya Dialah yang bisa memulihkan mereka. 

Mungkin kamu sangat mencintai temanmu yang sedang berduka, tapi Tuhan jauh lebih mencintainya.

Selain ketiga hal itu, teruslah menghibur mereka dan berkata bahwa kehilangan dan duka saat ini adalah sebuah perjalanan. Bahwa semua orang akan melewati hal ini, dan jangan terus berlarut dalam sedih namun bangkit dan melakukan yang terbaik, berjuang sampai kembali kepada Allah.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2