Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
510


Ada beberapa orang yang senang-senang saja ketika menjomblo, tapi ada juga yang sering sekali mengeluh karena belum punya kekasih. Kamu bisa langsung emosional ketika melihat pasangan di tempat umum atau ngerasa kesal ketika teman kamu bercerita tentang pacar mereka masing-masing.

Di kepalanya, menemukan sosok lelaki idaman yang mencintainya adalah satu-satunya cara untuk menjadi bahagia dan sukses. Akibatnya, dia jadi sering meratapi nasibnya sebagai jomblo, bahkan mengebut dirinya jomblo-ngenes.

Apakah kamu tipikal itu? Atau teman dan sahabatmu?

Tahu nggak sih kalau jomblo alias melajang itu sebuah anugerah. Dengan menjadi lajang, kamu bisa melewati hari-harimu dengan bebas, dan berkreasi dengan warnamu. Nah, kalau sudah punya pasangan kan, kamu harus melewati hari dengannya dan mengorbankan banyak emosi yang bisa merusak rencanamu. Bahkan kamu akan berada dalam sebuah situasi galau, antara menentukan waktu bersama teman, keluarga dan pacar.

Buat kamu yang sedang menjomblo, inilah beberapa hal yang bikin Allah bangga jikalau kamu melakukannya :

1.  Menghabiskan masa single dengan membangun hubungan kepada orang-orang

Hubungan adalah beberapa hal yang paling menantang yang kita hadapi hingga dewasa. Hubungan bisa membuat kita stres tapi tidak memiliki hubungan khususnya dengan pacar atau calon pasangan hidup juga akan membuat kita sedih dan galau. Di masa single ini, Tuhan ingin kamu membangun dan mengembangkan koneksi dengan orang-orang.

Menjadi teman buat mereka, mendengarkan mereka yang membutuhkan dukungan kamu, atau bercerita kepada mereka tentang masalahmu, membangun hubungan karib dengan orang-orang.

Tahu nggak bahwa Tuhan tahu persis betapa sulitnya sebuah hubungan, tapi Dia melihat upaya yang kamu lakukan untuk melestarikannya.

Dalam 1 Tesalonika 5:11, Paulus menulis, "Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan."

Jadi, di masa single ini, Tuhan ingin kita berinvestasi satu sama lain, dan Dia sangat bangga ketika kita melakukannya.

2. Ketika kamu berupaya belajar disiplin di masa singlemu

Disiplin, dalam bentuk yang paling sederhana adalah mengasuh atau melatih diri sendiri. Misalnya, kita memilih untuk memakan satu porsi es krim saja dari pada seluruh bak, atau kita melatih dan memilih untuk tidak bermain game sampai larut malam sementara pagi-pagi harus bangun cepat, atau melatih diri kamu untuk menyikat kamar mandi, padahal kamu tidak begitu menyukai kegiatan itu.

Mendisiplinkan diri adalah membuat sebuah keputusan yang baik buat dirimu sendiri meski pada kenyataannya dagingmu tidak menyukai itu.

Entah itu disiplin membaca Alkitab meski sebenarnya kamu nggak menyukainya, atau berdoa bahkan ketika kamu nggak yakin bahwa Tuhan mendengarnya, mengatakan tidak kepada hal-hal yang tampaknya menyenangkan dan membahayakan dirimu.

Tuhan ingin kamu melakukan itu, Dia selalu memperhatikan apapun yang kamu lakukan, dan keputusan yang kamu ambil setiap hari dalam hidup kamu.

Dalam 1 Korintus 9:26-27, Paulus mengatakan bahwa disiplin itu sangatlah penting, "Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak."

Disiplin adalah sesuatu yang diberikan Roh Kudus kepada kita dan kita melakukannya dengan taat. Jadi, cobalah belajar melakukan disiplin untuk dirimu sendiri ya!

BACA JUGA : Sedang Tertekan Gegara Nynyiran dan Tuntutan Dunia ? Lakukan Ini Biar Hidupmu Lebih Waras

3. Menyerahkan keputusan besar kepada Allah

Tuhan sangat menyukai hal ini. Dia bangga kepadamu ketika dalam masa singlemu, kamu selalu berusaha mengikuti kata Tuhan, baik dalam menentukan pasangan hidup, kuliah, pekerjaan baru, mencari rumah baru, pelayanan baru dan lain segalanya.

Jadi, di masa single ini, cobalah untuk membawa keputusan yang kamu hadapi ke hadapan Allah.  Berikanlah kepada Allah, bertanya dan tunggu masukan dari Dia. Karena, ketika kita menyerahkan pilihan kita yang sulit kepadaNya, ketika kita menyerahkan kendali kepadaNya, maka Dia akan menghormati itu dan mempersiapkan jalan bagi kita.

"Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu." (Amsal 3:5-6)

Menikmati masa single memang kadang ada sulitnya. Apalagi ketika orangtua dan teman-teman melulu bertanya ‘kapan nikah.’ Namun, bagaimana pun, Tuhan yang jauh mengenal kamu dari pada mereka. Jadi, tetap semangat melewati masa singlemu dengan baik ya. Lakukan yang benar dan berkenan bagi Allah. Semoga 3 hal di atas bisa memotivasi dan membantumu untuk bangkit terus!

 

Sumber : ibelieve/ jawabancom

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kristanto 14 November 2019 - 04:07:05

Apakah yang harus sy lakukan. Istri berkata kasar .. more..

0 Answer

Ety loe 13 November 2019 - 09:33:33

Bagaimana cara saya keluar dari utang yang banyak?.. more..

0 Answer

yeni farida 12 November 2019 - 18:02:54

Apa bisa bantu saya

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7271

Banner Mitra November Week 2