Seperti Mencintai Orang Lain Apa Adanya, 7 Cara Ini Bantu Kamu Cintai Diri Sendiri…
Sumber: Flickr.com

Single / 18 October 2019

Kalangan Sendiri

Seperti Mencintai Orang Lain Apa Adanya, 7 Cara Ini Bantu Kamu Cintai Diri Sendiri…

Lori Official Writer
4224

Kita suka kejebak dengan apa yang kita lakukan. Di satu sisi, sebagai orang Kristen, kita bisa mencintai orang lain apa adanya dan mengampuni semua kesalahan mereka. Tapi di sisi lain, kita malah kesulitan untuk mengampuni dan mencintai diri kita sendiri.

Mungkin kita belum pernah mendengar atau gak memahami sepenuhnya bahwa sebenarnya waktu kita benar-benar menerima kasih Tuhan dalam hati kita, kita harusnya akan sangat mudah mencintai diri kita sendiri. Kenapa? Karena kita tahu bahwa Tuhan sendiri sudah lebih dulu mencintai kita (1 Yohanes 4: 19). Jadi gak ada alasan buat kita gak mencintai diri kita bukan?

Belajar Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiir didasarkan pada menerima cinta tanpa syarat yang Tuhan berikan untuk kita. Kita gak bisa mencintai Tuhan sampai kita menerima dan membiarkan cinta-Nya meresap ke dalam cara kita memandang diri kita sendiri.

Cinta yang dicurahkan Tuhan atas kita memampukan kita untuk melihat diri kita sendiri dengan cara yang berbeda. Karena itu, kita bisa tahu kalau kita sudah terkoneksi dengan kasih Tuhan waktu kita mampu mencintai diri kita sendiri dengan baik.

Ada 7 cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mencintai diri kita sendiri.

1. Pandang dirimu sama seperti Tuhan memandangmu.

Di 1 Yohanes 4: 19, Tuhan dengan jelas menyampaikan kalau Dia lebih dulu mencintai kita. Artinya, Tuhan sendiri mencintai kita apa adanya, bagaimana mungkin kita gak mencintai diri kita?

Cara kita memandang diri kita harusnya dicerminkan dari bagaimana kita mensyukuri cinta Tuhan atas hidup kita. Saat kita tahu Tuhan mengasihi kita, berarti kita juga harus puny acara pandang yang sama atas diri kita.

2. Terima dirimu tanpa syarat.

Gak ada cara lain untuk maju selain menerima diri sendiri dengan penuh rasa cinta. Mencintai diri sendiri akan membuat kita merasa puas dan bahagia.

3. Bangun nilai dirimu sesuai dengan firman Tuhan.

Setiap kali kamu mendengar hal negatif soal dirimu dari orang lain, jangan pernah mempercayainya. Sebaliknya, tangkallah setiap perkataan negatif tersebut dengan firman Tuhan. Karena itu adalah kebenaran yang harus kamu percayai.  

4. Belajar untuk jadi pribadi yang sabar dan murah hati.

Waktu kita lebih sabar dan murah hati, kita bisa mampu mencintai dalam kondisi apapun itu.

Seperti ditulis dalam 1 Korintus 13: 4 bahwa cinta itu sabar dan murah hati.

Baca Juga:

Percayalah, 4 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Tuhan Mau Kamu Harus Nikah

Teruntuk Anak Pertama, Masihkah Kamu Tertekan Sama Tanggung Jawab Ini? Kamu Gak Sendirian…

5. Cintai dirimu setiap waktu tanpa kenal kondisi.

Bahkan saat kondisinya semakin sulit, kita harusnya semakin mencintai diri kita sendiri.

Pastikan bahwa rasa cintamu sama diri sendiri gak diukur dari bagaimana orang lain memandangmu.

6. Mengenali sisi terbaik dari diri sendiri.

Apa bagian terbaik yang kamu paling sukai dari dirimu? Cobalah bercermin dan pandang hal unik yang ada di dalam dirimu. Dengan itu kamu akan dengan mudah menilai bahwa seburuk apapun dirimu, masih ada sisi terbaik yang harusnya membuatmu bangga.

Jadi, temukanlah sisi itu dan cobalah untuk mencintai sisi lain yang menurutmu kurang.

7. Cintai dirimu sebagaimana kamu mencintai orang lain.

Saat mencintai orang lain, kamu pasti rela melakukan yang terbaik untuk dia bukan? Kamu bahkan rela membela orang yang kamu kasihi dari perkataan-perkataan buruk atau negatif orang lain.

Kalau kamu bisa melakukannya untuk orang lain, kenapa kamu tidak bisa membela dirimu sendiri dengan cara yang sama? Sebelum mencintai orang lain, ada baiknya bagi kita untuk mencintai diri sendiri dengan sepenuhnya. Karena dengan itu, kita bisa memaafkan diri kita sendiri ketika mencoba melukai hati orang lain.

Jadi, mulailah melakukan hal-hal sederhana untuk dirimu sendiri. Misalnya, memperkatakan setiap hari kalau kamu adalah pribadi karya indah dan menakjubkan yang diciptakan oleh Tuhan.  

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami