Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
356


Sering merasa tertekan karena kerjaan, atau merasa tertekan karena nyinyiran teman-teman? Jangan kuatir ya, karena kamu bukanlah satu-satunya orang di dunia ini yang sering ngerasa seperti itu.

Kehidupan yang kamu jalani sekarang memang selalu dituntut serba cepat dan serba perfect. Mulai dari urusan kerjaan hingga gaya hidup.

Pernah nggak sih kamu ngerasa eneg sama teman-teman yang suka nyinyirin kamu hanya karena gaya fashion kamu berbeda dari mereka (bukan terbuka ya maksudnya), pernah nggak sih kamu ditekan melulu padahal pekerjaan kamu sudah bagus?

Tentunya hal ini benar-benar membuat kita ngerasa tertekan ya dan justru membuat kita nggak bisa bekerja secara optimal dan mulai nggak suka bersosialisasi dengan teman-teman.

Kondisi tertekan seperti ini sering sekali disebut sebagai stres, yaitu sebuah kondisi mental yang udah nggak seimbang lagi dan bikin kita tak bisa berpikir dengan jernih. Akhirnya, dalam situasi seperti ini, yang muncul adalah hal-hal buruk, mulai dari sering lupa, kehilangan nafsu makan hingga mengarah ke gangguan mental yang lebih parah. Misalnya berniatan bunuh diri atau menyenangkan diri dengan melakukan hal yang nggak lazim.

Supaya bisa bekerja secara optimal, kuncinya adalah kita harus merawat kesehatan fisik kita, mental kita sendiri dan mengatasi stres.

Secara umum nih ya, self-care bisa diartikan sebagai sebuah cara untuk merawat kesehatan mental kita, misalnya dengan mengambil waktu sejenak untuk memperhatikan diri sendiri dan memastikan bahwa kita memiliki waktu yang berkualitas dan baik untuk diri sendiri. Jangan melulu tentang orang lain deh!

Berikut 5 cara self-care yang bikin kamu semakin bahagia dalam dunia ini :

1. Berlatih menikmati sekitar kamu

Ini adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk merasakan kembali tubuh dan jiwa kamu tetap sehat.

Rasakan dan nikmati setiap momen yang ada di sekeliling kamu, tarik nafas paling dalam dan relaksasikan tubuh kamu yang terasa tegang. Ini bisa membantu meredakan kecemasan dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang menganggu kamu loh. Kuncinya adalah mengambil waktu sejenak untuk meredakan kecemasan dan  ketegangan.

2. Jangan lupa, tubuh dan pikiran kamu sangat perlu dirawat.

Jangan lupa untuk makan-makanan yang bergizi ya, dan minum air putuh yang cukup. Sekalipun kamu sibuk dengan tuntuan kerja, kedua hal ini sangat penting dan nggak boleh kamu lupakan.

Olahragalah secara teratur, itu juga bisa membantu kamu merasa senang karena dengan gerak tubuh, hormon endorfin atau hormon kebahagiaan akan dilepaskan dari otak kamu.

Kamu juga bisa curhat kepada teman-temanmu, jika kamu sedang memiliki masalah atau kamu juga bisa menulis jurnal harisan yang berisikan tentang perasaanmu atau pengalamanmu hari ini. Ini bisa membantu meredakan emosi negatif loh dan bikin kamu lebih lega.

Kalau ada orang yang gosipin dan ngatain kamu, nggak usah dipusingin, lakukan yang terbaik sampai mereka terinspirasi olehmu.

BACA JUGA : Sulitnya Punya Sahabat. Kenapa Ya? Mungkin Ini Masalahnya, Coba Selidiki Dirimu Yuk!

3. Batasi dirimu sendiri

Yang kenal dirimu sendiri kan kamu, bukan orang lain. Jadi ketahui kemampuanmu kemudian batasi dirimu sendiri. Jangan semuanya dikerjain dan bikin kamu stres. Kalau memang harus mengerjakan semuanya, batasi waktu dan bagi-bagi waktumu, itu penting banget.

4. Rencanakan liburan

Ngobrolin soal liburan, kadang -kadang semuanya cuma sekedar wacana, tapi hal itu jangan sampai berlaku sama kamu ya. Usahakan untuk mengambil waktu untuk liburan dan melakukan kegiatan yang di luar biasanya agar bisa lebih fresh.

Nggak perlu merencanakan liburan panjang dan mahal, tapi kamu bisa melakukan kegiatan yang murah meriah tanpa biaya. Pergi aja ke daerah sekitarmu, apakah ada museum, teater dan teman terdekat. Kamu juga bisa melakukan hobimu yang selama ini tertunda loh, atau kamu bisa berjalan-jalan di sekitarmu. Seru bukan?

5. Jangan lupa tertawa, please!

Tertawa adalah obat yang paling manjur dan nggak memerlukan biaya mahal untuk itu. Tertawa juga merupakan obat paling ampuh untuk mengatasi kesedihan. Jadi, cobalah untuk menertawai dirimu sendiri, kadang ini juga diperlukan loh apalagi kalau suasana sudah tegang dan cemas. Kamu juga bisa tertawa bersama teman, keluarga dan hewan peliharaanmu.

Perlu diketahui bahwa melakukan self care ini bukan berarti kamu egois ya, tapi memang perlu dilakukan agar kamu bisa bekerja lebih baik dan membantu orang-orang yang membutuhkan kamu.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kristanto 14 November 2019 - 04:07:05

Apakah yang harus sy lakukan. Istri berkata kasar .. more..

0 Answer

Ety loe 13 November 2019 - 09:33:33

Bagaimana cara saya keluar dari utang yang banyak?.. more..

0 Answer

yeni farida 12 November 2019 - 18:02:54

Apa bisa bantu saya

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7271

Banner Mitra November Week 2