Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
188


Saat kita sudah menemukan orang yang tepat untuk hidup bersama, tantangan selanjutnya ada pada pelaksanaan pernikahannya. Kita yang baru saja memulai karir penginnya menikah dengan cara yang sederhana, tetapi belum tentu sepaham dengan orang tua kita.

Melangsungkan resepsi pernikahan bukan hanya soal hal pestanya, tetapi juga soal berbagi kebahagiaan dengan orang-orang terdekat. Karenanya, kita perlu mempertimbangkan soal lingkungan sekitar, misalnya lingkungan, gengsi, status sosial, tradisi, dan lain sebagainya. Apalagi, kita tinggal di negara yang punya segudang tradisi.

Lagi pula, kita kan percaya kalau pernikahan ini cuma sekali seumur hidup. Masa iya kita mau yang biasa-biasa saja? Nah pemikiran seperti ini yang kemudian menjadikan banyak orang pengin punya pesta pernikahan yang sesuai dengan keinginan mereka.

Buat kamu yang sedang merencanakan pernikahan, coba deh pahami pos-pos berikut sebelum akhirnya memutuskan budgeting alias menyusun anggaran.

Sebelum pernikahan, kita harus kenal dengan 5 pos pengeluaran yang paling besar dalam pesta pernikahan. 5 Pos ini kemudian yang menjadi pertimbangan berapa uang yang perlu kita sisihkan nantinya.

1.  Katering

Percaya deh, katering merupakan sumber pengeluaran dalam pesta pernikahan yang paling besar. Hal-hal yang memperngaruhinya pun perlu kita perhatikan, misalnya nama vendor katering. Biasanya, katering yang sudah punya nama akan mematok harga lebih mahal dibandingkan vendor yang baru mulai.

Kalau memang pengin menekan pengeluaran, ada baiknya kita mencari vendor katering yang belum begitu terkenal, tetapi makanannya juga enak.

Selain vendor, kita juga perlu memperhatikan jenis menu yang akan disuguhkan buat para tamu nantinya. Tentu dong, menu yang lengkap biasanya akan merogoh kocek yang agak dalam. Nah soal ini sih pinter-pinternya kita aja memilih makanan mana yang pengin disajikan.

Jumlah undangan juga nggak kalah berpengaruh dalam anggaran katering ini. Siapa bilang pesta pernikahan yang sifatnya 'private' itu jauh lebih murah? Malah, ada lho pesta pernikahan 'private' yang jatuhnya lebih mahal karena menu yang dipilih pun agak lengkap.

2.  Lokasi atau gedung

Nah ini merupakan hal pertama yang biasanya diputuskan oleh calon pasangan menikah. Menentukan lokasi juga berpengaruh pada anggaran. Buat sekarang, pernikahan di hotel akan mencapai angka puluhan juta.

Belum lagi biaya lain-lain seperti kebersihan atau tambahan biaya parkir. Kalau dana kita memang mepet, sebaiknya kita tidak memilih hotel. Meski begitu, ada beberapa hotel yang memang memiliki paketan pernikahan.

Selain hotel, ada banyak pula kok alternatif lain. Beberapa pasangan memilih gedung yang dimiliki oleh instansi pemerintahan atau instansi lainnya. Selain lebih murah, biasanya lokasi mereka jauh lebih luas, lengkap dengan parkirnya.

3.  Pakaian pernikahan

Pesta pernikahan belum lengkap rasanya kalau tidak menggunakan gaun dan jas. Pilihannya bisa sewa, beli jadi, atau bikin. Namun, kita harus mempertimbangkan kalau pakaian pernikahan itu biasanya hanya akan dipakai sekali saja.

Kan nggak mungkin dong kita akan jalan-jalan ke mall pakai pakaian pernikahan? Selain sewa, bikin atau beli, salah seorang teman saya mendapatkan pakaian pengantin murah dari membenahi pakaian yang sudah ada. Mereka menambahkan bordir sana-sini untuk menekan budget.

Bahkan, beberapa ada yang sengaja mendatangi butik pakaian pernikahan untuk bisa mendapatkan pakaian pernikahan yang memang sudah tidak dijual, tetapi masih layak pakai. Nah buat pakaian pernikahan ini, kita juga nggak cuma mikirin buat diri sendiri. Ada keluarga dan saudara lain yang juga harus diperhatikan, karena biasanya mereka akan menggunakan pakaian yang seragam untuk mempercantik dokumentasi.

4.  Dokumentasi

Ngomongin dokumentasi, ini merupakan yang terpenting. Kita pasti pengin dong kenangan indah ini ditangkap dalam sebuah foto? Selain foto, kita juga bisa memilih bideo. Buat menekan anggaran, kita bisa menggaet teman yang hobinya foto atau video.

Nah biasanya, selain dokumentasi di hari H, kita juga akan memilih dokumentasi pre wedding. Anggaran buat pre wedding ini juga lumayan, lho. Coba diskusikan bersama pasangan soal perlu atau tidaknya kita menggunakan pre wedding ini.

5.  Undangan dan souvenir atau buah tangan

Buat kita yang memilih undangan dengan kertas, kita harus pikirin baik-baik kalau nantinya, undangan tersebut akan berakhir di tempat sampah. Untuk itu, banyak orang sekarang ini menggunakan undangan elektronik buat pengganti undangan kertas. Kalau pun mau pakai undangan kertas, coba deh pakai undangan yang sederhana.

Souvenir baiknya dipilih yang memang berfungsi untuk sehari-hari. Misalnya mug, sendok, atau gantungan kunci. Pikirkan deh kira-kira, apa yaa yang akan dibutuhkan oleh tamu kita nantinya. Nah dengan begitu, kita nggak akan milih souvenir yang sekedar lucu saja, tetapi juga dipakai dan bermanfaat buat tamu. 

Nah, setelah tahu 5 pos nanti, kita udah bisa menetapkan anggaran pernikahan kita. Intinya, kalau semuanya dikomunikasikan dengan baik, kita bisa mengadakan pesta pernikahan yang sesuai dengan kantong kita.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer

Brigitta 19 October 2019 - 15:02:43

Apakah umat Kristen ada mandi wajib

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3