Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
350


Ketika bangun di pagi hari, gerakan atau olahraga mungkin bukan prioritas utama kita. Tapi memulai hari dengan berjalan kaki, entah itu di sekitar rumah, atau berjalan ke kantor bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk kesehatan kamu loh.

Inilah alasannya kenapa kamu harus memulai pagi kamu dengan berjalan kaki, meski hanya beberapa langkah :

1. Penting banget untuk meningkatkan energi kamu.

Memulai hari dengan berjalan kaki bisa meningkatkan energi untuk kamu melalui hari kamu.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan  selama 20 menit di luar ruangan akan mendapatkan energi lebih banyak daripada mereka yang berjalan 20 menit tapi di dalam ruangan.

Selain itu, studi lain juga menemukan bahwa 10 menit berjalan di tangga lebih baik dari pada minum kopi dalam kondisi kurang tidur.

Jadi, coba deh memilih untuk berjalan ke kantor atau berjalan ke tempat makan siang, kalau bisa dijangkau dengan jalan kaki, kenapa nggak kan?

2. Meningkatkan suasana hati kamu

Nah, berjalan kaki di pagi hari itu bagus banget buat kamu secara psikolog, misalnya mengurangi stres, meningkatkan mood, mengurangi rasa cemas, mengurangi kelelahan dan mengurangi gejala depresi atau mengurangi risiko depresi.

Nah, untuk hasil terbaik, coba deh berjalan selama 20 menit hingga 20 menit, setidaknya 5 hari dalam seminggu.

3. Berjalan kaki akan membantu mengurangi berat badan kamu

Berjalan di pagi hari bisa membantu kamu diet loh. Seru kan? Jadi nggak perlu nge-gym lagi, apalagi kalau kamu termasuk orang yang sedikit sibuk. Jadi, pilihlah untuk berjalan kaki selama 30, karena 30 menit itu bisa membakar kalori hingga 150 kalori.  Jadi, lumayan kan?

4.  Mencegah penyakit dan membuatmu jauh lebih sehat

Berjalan kaki bisa menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan kamu, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh kamu, serta mencegah dan membantu menjaga kondisi kesehatan kamu.

Sebuah Studies Trusted menunjukkan bahwa berjalan selama 30 menit perhari itu bisa mengurangi resiko penyakit jantung hingga 19 persen loh. Wah, menarik banget kan? Selain itu, jika kamu sakit diabetes, maka berjalan juga bisa menurunkan kadar gula darah kamu. Malah bisa membantu meningkatkan rentang hidup kamu dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu.

5. Memperkuat otot kamu

Berjalan bisa membantu memperkuat otot-otot di kaki kamu. Nah, untuk hasil terbaik berjalanlah dengan kecepatan yang sedang lalu pelan-pelan menjadi cepat. Coba jugalah untuk mengubah rutinitas kamu dan sesekali naik tanggalah dari pada naik lift, berjalanlah naik dan turun bukit juga.

Kamu juga bisa squat beberapa kali dalam seminggu untuk memperkuat otot kamu lebih lagi.

6. Membantu menjernihkan mental kamu

Berjalan kaki di pagi hari itu, bagus banget untuk meningkatkan kejernihan mental dan membuat kamu fokus setiap hari. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa diantara orang dewasa yang lebih tua, mereka yang memulai hari-hari mereka dengan jalan kaki di pagi harus mengalami peningkatan terhadap fungsi kognitif mereka.

Selain itu membuat kamu berpikir jauh lebih kreatif lagi. Karena berjalan kaki di pagi hari itu, membuka aliran ide yang bebas dan bisa membantu kamu memecahkan masalah menjadi lebih baik dibanding kamu duduk seharian apalagi di hari weekend.

7. Berjalan kaki di pagi hari akan membuat kamu tidur lebih nyenyak di pagi hari.

Berjalan kaki itu bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari loh. Hal ini terbukti dalam sebuah studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Trusted Source kepada orang dewasa berusia 55 hingga 65 tahun yang mengalami kesulitan tidur di malam hari atau insomnia.

Jadi, kalau kamu kesulitan tidur di malam hari, coba deh olahraga ya.

 

Jadi, itulah 7 hal yang akan kamu dapatkan ketika kamu rajin berjalan kaki di pagi hari. Cobalah atur waktumu untuk bangun lebih awal supaya sempat berjalan kaki setidaknya keliling kompleks sambil membawa anjing peliharaanmu berjalan-jalan.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Umi 16 October 2019 - 14:44:03

Larutan garam sebanyak 9072 kg dengan konsentrasi .. more..

0 Answer

Arfan Saputra 15 October 2019 - 19:43:11

Apa dampak positif dan negatif si penyelamat jalan

0 Answer

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7267

Banner Mitra Oktober Week 3