Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
180


Kemampuan memimpin adalah salah satu kualitas yang paling dibutuhkan anak muda. Dengan kualitas ini, kita akan bisa mengamankan respek dari mereka yang lebih tua. Kita juga lebih mudah mewujudkan cinta-cita, serta menyemai pengaruh baik pada sebaya ataupun yang lebih tua.

Waktu aku kecil, aku selalu berpikir bahwa pemimpin atau bos itu adalah orang yang berkuasa dan hanya ongkang-ongkang kaki kepada bawahannya. Tapi sebenarnya nggak loh, pemimpin itu adalah tentang memimpin, tentang menyatukan, mengarahkan hingga menguatkan apa yang dia sedang pimpin.

Nah, supaya kita bisa menjadi pemimpin yang sukses dan mampu mengerjakan panggilan atau sesuatu yang Tuhan kita percayakan kepada kita, gimana sih? Atau supaya kita bisa menjadi pemimpin yang bisa menjadi berkat buat banyak jiwa, harus gimana sih?

Sebagai orang Kristen, inilah beberapa prinsip yang harus kamu punya dan lakukan supaya kamu bisa berbeda dari dunia dan memimpin dengan sukses serta menjadi berkat :

1. Carilah Tuhan dan mintalah arahannya untuk apa yang kamu kerjakan.

Seorang pemimpin harus mencari arahan dari Tuhan, harus mencari apa yang menjadi mau dan kehendakNya Tuhan.

Amsal  16:1 memberitahu kita bahwa, "Manusia dapat menimbang-nimbang dalam hati, tetapi jawaban lidah berasal dari pada TUHAN."

Selain itu, di Amsal 16:3;9 juga mengatakan bahwa kita harus menyerahkan semua perbuatan kita kepada Tuhan karena Tuhanlah yang menetapkan langkah kita sebagai pemimpin, sehingga nama-Nya yang dipermuliakan.

 "Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.... Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya"

Lagian, untuk apapun yang kita lakukan dan bidang apapun yang kita pimpin, semuanya untuk Tuhan dan memuliakan namaNya. Jadi mintalah arahan dariNya supaya Dia menetapkan langkahmu selanjutnya dan tidak mentok.

2. Bersikap rendah hatilah

Pemimpin Kristen yang baik itu sederhana, dan tidak sombong. Kita semua mungkin sudah pernah menjadi bawahan , dan  melihat banyak tipe-tipe dari pemimpin. Namun Amsal 16:5 mengatakan, " Setiap orang yang tinggi hati adalah kekejian bagi TUHAN; sungguh, ia tidak akan luput dari hukuman."

Saya nggak tahu pasti apa yang sedang kamu alami dalam hidupmu, seberapa menakutkannya kamu menjadi pemimpin dan seberapa mengerikannya mengurus bawahanmu dan lain sebagainya. Tapi ingatlah bahwa Tuhan ingin kamu tetap rendah hati dan tidak menjadi oemimpin yang sombong .

BACA JUGA :

Ternyata Suhu AC Di Kantor, Mempengaruhi Produktivitas Kerja Seseorang Loh!

3. Jadilah pemimpin yang memiliki empati yang besar.

Pemimpin yang baik itu, pembawa damai. Amsal 16:7 mengatakan, "Jikalau TUHAN berkenan kepada jalan seseorang, maka musuh orang itupun didamaikan-Nya dengan dia." Namun begitu banyak pemimpin yang kadang nggak begitu tertatik melihat sudut pandang mereka yang kadang berlawanan dengan gagasan lain dari bawahannya. Apakah kamu pun demikian? Atau pernah mengalami hal itu. Pemimpin kehilangan kemampuan berempati kepada orang lain, yakni bawahannya serta tak mau kompromi sama sekali. Bisa dikatakan bhawa dia berpegang teguh pada prinsipnya sementara itu tidak benar.

Sebagai pemimpin, kita dipanggil untuk menjadi orang yang sabar, mau mendengarkan bukan malah egois dan tak berempati kepada  bawahannya.

Meskipun yang dilakukan oleh bawahanmu sesuatu yang buruk, sabarlah dan ajari dia pelan-pelan. Karena kalau kamu di posisi mereka pun, kamu belum tentu bisa melakukannya bukan?

4. Pertahankanlah integritas yang benar

Pemimpin yang baik itu harus berintegritas dan adil.

"Lebih baik penghasilan sedikit disertai kebenaran, dari pada penghasilan banyak tanpa keadilan." (Amsal 16:8).

Saya percaya bahwa kita akan sampai kepada sebuah tujuan jika kita bekerja keras untuk mencapainya.  Tapi bukan berarti membenarkan cara yang nggak benar ya. Pemimpin yang baik itu harus tertarik melakukan hal-hal dengan cara yang benar.

5. Dengarkan orang lain, yakni bawahan kamu

Seorang pemimpin Kristen yang baik itu harus mengelilingi dirinya dengan para bawahan yang jujur dan dapat dipercaya lalu mendengarkan mereka.

 

"Bibir yang benar dikenan raja, dan orang yang berbicara jujur dikasihi-Nya." (Amsal 16:13) Seorang pemimpin yang cerdas akan mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang lebih cerdas, yang bersedia berbicara dalam pikiran mereka dan menawarkan saran yang baik kepada kamu.

Jadi, sebagai pemimpin belajarlah untuk melihat bawahanmu dan mendengarkan saran dari mereka. Sekalipun kamu pemimpin, kamu butuh kerendahan hati untuk mendengar sebab Tuhan bisa saja berbicara dan memberi ide baru melalui mereka loh.

6.  Jangan cepat puas, tapi teruslah belajar dan berkembang

 

Pemimpin Kristen yang baik itu adalah orang yang mau terus belajar menjadi lebih baik. Amsal 16:16 mengatakan, "Memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian jauh lebih berharga dari pada mendapat perak."

Jadi pemimpin itu harus terus belajar, tumbuh dan berkembang. Jangan merasa puas ya, dan selalu bangga untuk apa yang kamu miliki sekarang, karena itu bisa memicu kesombongan. Diatas kamu sudah membaca kan bagaimana perasaan Tuhan terhadap kesombongan.?

 

Apakah kamu salah satu pemimpin di kantormu? Selamat ya! Tapi ingat, untuk terus jadi berkat dan lakukan 5 hal di atas ya. Semangat!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Martin 23 September 2019 - 11:15:20

Hutang kartu kredit

0 Answer

vina mukuan 22 September 2019 - 09:05:42

Saya hobby menulis lirik lagu rohani, tapi saya ti.. more..

0 Answer

Galaxy studio moses 21 September 2019 - 19:33:34

Apa dampak dari tersenyum

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7277

advertise with us