Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
905


Sore itu, langit sangat mendung. Sungguh mendukung perasaan seorang pemuda yang sedang duduk di sebuah kursi taman. Berkali-kali pemuda itu nampak menggaruk-garuk kepalanya. Kemudian menunduk. Tanpa disadarinya, perilaku si anak muda ini diperhatikan oleh seorang kakek yang berada di seberang kursi si pemuda itu tadi.

Kakek itu mendatangi pemuda dan duduk di sebelahnya. Tanpa jeda, saat si pemuda melihat ada kakek yang berada di sebelahnya, ia langsung meluapkan perasaannya. Ia sangat kecewa dengan bagaimana hidup ini bekerja. Ia dipecat dari kantor, hubungan dengan istrinya ambyar, dan ada 1001 masalah lain yang membuatnya ingin menghentikan hidup.

Mendengar kisah pemuda itu, si kakek kemudian mengajak pemuda ini ke rumahnya yang terletak nggak jauh dari taman itu. Ia memberikan pemuda itu satu gelas penuh berisi air, juga satu baskom penuh dengan isi air yang sama.

Kakek juga membawa dua sendok yang berisikan garam.

Ia berkata kepada pemuda, "Nak, coba masukkan garam itu pada gelas ini. Aduk, dan minumlah" Pemuda itu mengikuti perintah. Tanpa tawar menawar. Ia sudah tidak tahu lagi harus berbuat apa.

Setelah itu, kakek bertanya kepadanya, "Bagaimana rasanya?"

"Jelas asin, kek. Asin sekali."

Kakek tersenyum, menyodorkan sesendok garam lagi. Lalu ia berkata, "Nak, coba sekarang masukkan garam itu pada baskom. Aduk dan minumlah."

Pemuda itu langsung mengikuti permintaan kakek. Ia menuangkan garam, mengaduk, dan meminum air dari dalam baskom itu.

"Gimana rasanya?"

"Ya asin, kek. Tapi tidak seasin dari air dalam gelas tadi," terangnya.

Bagaimana kita bisa menangani masalah?

Setiap orang pasti pernah mengalami, pada satu titik hidupnya, merasa kalau masalah yang dihadapinya itu sungguh berat. Orang percaya pun tidak kebal terhadap masalah dan kejatuhan dalam hidupnya. Masalah sering datang ketika kita sudah lelah saat menghadapi pekerjaan yang menumpuk, hubungan yang gagal, dan ada banyak hal lainnya.

Kita percaya kalau Tuhan adalah Bapa yang menyediakan. Dia yang mengendalikan kehidupan kta. Karena kita percaya kalau Tuhan menyediakan segalanya itu, saat kita mengalami masalah yang datang terus menerus, tanpa disadari, kita justru jadi mempertanyakan kehadiran Tuhan.

Seperti yang dibicarakan dalam kisah di atas, untuk bisa menangani masalah, maka kita harus memperbesar kapasitas kita sebagai orang Kristen. Bagaimana caranya?

1. Mengenali permasalahan tersebut

Saat kita menyadari kalau ada hal yang salah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menerima bahwa kita punya masalah. Kedengarannya memang mudah, tetapi, mengenali dan menyadari kalau kita punya masalah nyatanya tidaklah mudah. Kita sering terintimidasi dengan pemikiran bahwa ternyata, kita nggak becus mengurus diri sendiri, atau sesuatu hal, sehingga harus menghadapi permasalahan ini.

Mazmur 32:2, “Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!” Jadi, setelah kita bisa jujur terhadap diri sendiri, kita bisa tahu apa yang harus dilakukan setelahnya.

2. kasih jeda buat diri sendiri, dan carilah bantuan

Please, dong. Coba berhenti menyiksa diri sendiri. Kita ini manusia, bukan manusia super. Untuk itu, kita harus kembali pada Tuhan dan mencari bantuan orang lain. Kadang, adanya masalah juga bikin kita jadi lemas dan nggak punya tenaga buat menjalani hari.

Tubuh juga perlu istirahat. Jadi, manjakan diri dengan makanan yang enak, tidur yang nyaman, hal ini juga diperlukan untuk akhirnya bisa menemukan cara untuk keluar dari masalah.

Setelah kita merasa tubuh sudah kuat, yuk hubungi orang terdekat, kakak rohani bisa menjadi salah satu orang yang kita ajak untuk curhat. Ketika kita menceritakan masalah kita, mereka akan hadir untuk berdoa dan mendukung kita dengan kata-kata yang positif.

3. Berdoa dan berbalik kepada Tuhan

Filipi 4:6-7, "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus."

Tuhan berjanji untuk memberikan damai sejahtera yang sama sekali nggak kita pikirkan sebelumnya. Ketika kita datang pada Tuhan, kita berarti menempatkan setiap permasalahan yang dimiliki di kaki Yesus. Memperluas kapasitas juga berarti melepaskan setiap beban yang kita miliki di kaki Kristus. Percaya deh, bersama Tuhan, sesulit apa pun, Dia akan mengubah kesesakan menjadi sukacita.

4. Meluangkan waktu untuk merenungkan firman Tuhan

Alkitab berisikan dengan janji-janji Tuhan. Tuhan menyampaikan isi hatiNya dengan cara yang beragam, salah satunya adalah melalui Alkitab. Yohanes 14:27, "Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu."

5.  Sembah dan puji Tuhan

Penyembahan dan pujian akan mengalihkan pandangan kita dari masalah kepada Tuhan. Sesaat kita tenggelam dalam hadirat Tuhan saat menyembahNya, kita akan menyadari kalau kuasa Tuhan itu jauh lebih dahsyat daripada permasalahan kita saat ini.

Hidup bisa menjadi sangat rumit dan sulit. Hal ini kemudian membuat kita jadi meratapi nasib dan keadaan tersebut. Padahal, sebagai orang percaya, kita harus menyadari kalau masalah bisa menjadi satu indikator bahwa kita sudah meninggalkan Tuhan. Saat bersama Tuhan, apa pun permasalahan yang kita alami, kita akan selalu merasakan damai sejahtera dan sukacita, sebab itulah janjiNya.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yolanda Sinaga 14 November 2019 - 17:57:36

kisah joyce meyer

0 Answer

Kristanto 14 November 2019 - 04:07:05

Apakah yang harus sy lakukan. Istri berkata kasar .. more..

1 Answer

Ety loe 13 November 2019 - 09:33:33

Bagaimana cara saya keluar dari utang yang banyak?.. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7270

Banner Mitra November Week 2