5 Jenis Makanan Ini Wajib Ada Dalam Daftar Makananmu, Alasannya Alkitabiah Loh!
Sumber: sanik school

Health / 29 August 2022

Kalangan Sendiri

5 Jenis Makanan Ini Wajib Ada Dalam Daftar Makananmu, Alasannya Alkitabiah Loh!

Lori Official Writer
5033

Percaya atau gak, Tuhan itu benar-benar pribadi yang sangat detail. Saat menciptakan dunia, Dia bahkan sudah memikirkan jenis makanan apa yang harus Dia sediakan di bumi demi menunjang kesehatan manusia.

“Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.” (Kejadian 1: 29)

Dari Alkitab kita tahu bahwa Tuhan sendiri menunjukkan jenis makanan apa saja yang baik bagi kesehatan kita. Tentu saja dengan tersirat, Dia juga menyarankan kita untuk wajib mengkonsumsinya sebagai menu makanan harian kita.

Ada 5 kategori jenis makanan sehat dan alkitabiah yang wajib ada di menu makanan harian kita.

1. Biji-bijian

Makanan ini mencakup jenis tanaman yang memiliki biji. Seperti beberapa jenis sayuran yang memiliki biji, seperti kacang panjang, buncis, tomat, dan sebagainya.

 

2. Sayuran Hijau dan berwarna lain

Selain makanan berbiji, sayuran hijau juga sangat dianjurkan untuk kita konsumsi. Lebih dari seratus jenis sayuran yang diciptakan Tuhan. Seperti contoh, wortel,sayur kol, pakcoy, terong, lobak putih, bayam, kangkung dan sebagainya. Jenis sayur-sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itulah, kita perlu mengkonsumsi beragam jenis sayuran ini secara bergantian.

 

Baca Juga: Selain Enak Dimakan, Babi Juga Bisa Dimanfaatkan Buat Kesehatan Ini Loh!

 

3. Buah-buahan

Buah-buahan adalah kelompok makanan yang paling penting bagi tubuh. Buah mengandung banyak serat, vitamin dan mineral bagi tubuh. Selain itu, buah juga sangat menyegarkan karena kandungan rasanya yang kaya.

Akan sangat baik jika mengkonsumsi buah setiap hari. Entah sebagai pencuci mulut atau pun cemilan.

Adapun buah-buah yang dianjurkan adalah pisang, jeruk, semangka, apel, anggur, pepaya dan sebagainya.

Semangka jadi salah satu buah yang sangat pas dinikmati selama musim panas. Karena kandungan airnya mampu mengembalikan ion tubuh yang hilang. Jeruk dimusim dingin menawarkan lebih banyak vitamin C untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

 

4. Kacang-kacangan Utuh

Terdapat sejumlah jenis makanan dari kacang-kacangan. Seperti kacang Almond, kacang mete, hazelnut, pinus dan kenari.

Kacang mengandung protein tinggi dan omega 3 yang sangat penting bagi otak. Kacang bisa dinikmati baik dengan cara direbus, disangrai, atau dipanggang. Jadi bagaimanapun cara mengkonsumsinya kandungan di dalam kacang akan tetap tinggi.

 

Baca Juga: Berbahagialah yang Selalu Optimis, Kamu Jauh Lebih Sehat dari Mereka yang Selalu Pesimis!

 

5. Ikan

Di Perjanjian Lama, Tuhan sendiri tak mengijinkan manusia untuk mengkonsumsi daging. Dia hanya mengijinkan untuk mengkonsumsi jenis ikan. Bahkan tak semua ikan bisa dikonsumsi. Ada beberapa yang dianggap haram.

Tingginya protein di dalam ikan sangat baik bagi tubuh. Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon, tuna, cumi dan sebagainya.

Sebelum mengkonsumsi makanan, cari tahu apakah makanan itu gampang rusak atau tidak. Tuhan tak pernah menganjurkan makanan yang tak mudah rusak. Karena semakin mudah makanan rusak, semakin baik bagi kesehatan. Karena itu, konsumsilah makanan yang diciptakan Tuhan sendiri, bukan yang dibuat oleh mesin atau produsen makanan yang sudah menjalani proses pengawetan dan pencampuran bahan-bahan kimia yang tak baik bagi tubuh.

Tuhan sendiri menciptakan kita persis dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jadi, makanlah makanan sesuai dengan kelompok makanan yang dianjurkan, mulai dari makanan berbiji, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan juga ikan.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami