Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
325


Sarapan, selain penting bagi permulaan metabolisme tubuh juga punya beberapa manfaat semisal, menurunkan berat badan.

Tapi sering sekali, karena keterbatasan waktu, kita cenderung mengisi perut kita di pagi hari dengan makanan apa saja, padahal kan perut masih kosong.

Biasanya sih orang Indonesia yang sering melakukan hal-hal seperti ini. Asal kamu tahu saja bahwa mengisi perut kosong dengan sembarangan makanan hanya akan merusak lambung kamu. Jika kerusakan lambung terjadi, sistem pencernaan jadi rusak, maka timbullah penyakit.

Nah, itu sebabnya, jangan sembarangan sarapan di pagi hari ya. Asal kamu tahu dan bisa berhati-hati, inilah beberapa makanan yang wajib kamu hindari ketika perut kosong.

1. Tomat

Meskipun memiliki kandungan nutrisi, antioksidan, bahan-bahan yang mudah hancur dan jumlah vitamin C yang banyak, tomat juga mengandung asam taannic yang mampu meningkatkan keasaman di dalam perut loh.

Jadi, kalau dikomsumsi oleh kita pas perut kosong, maka akan menyebabkan luka pada lambung kamu, dan menyebabkan rasa sakit.

Selain itu, dimakan dalam kondisi perut kosong akan menyebabkan maag, dan  masalah di kerongkongan kamu. Jadi jangan coba-coba komsumsi ya, sama halnya seperti jeruk.

2. Yoghurt

Aku masih ingat, tentang rekomendasi Yoghurt untuk melancarkan pencernaan jika di makan ketika pagi hari di mana perut kita masing kosong. Ini adalah rekomendasi dari salah satu temanku.

Ternyata menurut artikel TrendySlide,Yoghurt justru nggak bagus dikomsumsi dalam keadaan perut kosong. Karena Yoghurt memiliki tingkat ke asaman yang tinggi.

Tahukah kalau Yoghurt adalah produk yang dibuat dari susu melalui proses fermentasi bakteri asam laktat, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Memang sih, sangat baik untuk kesehatan terutama untuk menjaga keasaman lambung karena dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen di usus, tapi jika di komsumsi terus menerus apalagi dalam keadaan kosong, maka akan merusak lambung kamu.

Jadi, kalau mau mengkomsumsi Yoghurt, pastikan sudah makan nasi dulu ya.

BACA JUGA :

Biar Cepat Kurus, Coba Lakukan Hal-hal Ini. Gampang Banget Kok!

3. Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu makanan yang dikomsumsi banyak orang ketika hendak diet. Karena, selain itu, pisang juga sangat ampuh menyembuhkan sembelit, bahkan sejumlah peneliti menyebut bahwa buah ini adalah makanan yang super hebat, karena banyak manfaatnya.

Gimana enggak, pisang ini mengandung kalium, magnesium dan serat yang mampu membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa lapar. Buah ini juga mengandung nutrisi lain yang penting bagi tubuh kita seperti zat besi, triptofan, vitamin V dan vitamin B6.

Tapi menurut Sindonews, pisang jangan dikomsumsi dalam keadaan perut kosong ya. Karena ini bisa menghancurkan hati kamu, karena pisang mengandung jumlah gula alami yang sangat tinggi sehingga bikin kamu lemas, ngantuk dan cepat lelah. Juga akan merusak usus kamu jika di makan dengan keadaan perut kosong.

Selain itu, jika di makan dengan perut kosong, pisang ini akan menyebabkan ketikdakseimbangan kadar magnesium dan kalium dalam darah kamu. So, pastikan memakan roti atau sesuatu sebelum mengkomsumsi ini ya.

4. Kopi

Minum kopi ketika perut kosong bisa meningkatkan keasaman dan bisa memicu sakit maag hingga gangguan pencernaan sepanjang hari loh. Minum kopi sebelum jam 9:30 pagi adalah hal yang buruk, apalagi pas baru bangun tidur.

Beberapa ilmuwan menemukan bahwa tubuh menghasilkan hormon stres kortisol yang lebih tinggi, yang membantu berenergi antara pukul 8 hingga 9 pagi .

Dengan kamu minum kopi sebelum atau mungkin selama jam itu, maka kafein akan mengurangi produksi kortisol di pagi hari. Jadi bagi kebanyakan orang, waktu terbaik untuk minum kopi adalah setelah jam 9:360. Kasih tau temanmu pecinta kopi tuh.

5. Memakan makanan pedas

Makan makanan pedas ketika perut kosong bisa menyebabkan iritasi pada lambung dan kerusakan pada lapisan perut atau mukosa karena peningkatan kadar asam. Selain itu, makanan pedas juga bisa menyebabkan gangguan pada lambung seperti gastritis.

Jadi, pastikan untuk menghindari makan pedas di pagi hari.

6. Permen

Seperti minuman berkarbonasi, permen juga bisa meningkatkan gula dalam tubuh ktia sehingga membuat pankreas kita rusak loh.

Bahkan makan permen ketika perut kosong bisa berisiko diabetes karena gulanya sangat tinggi. Jadi pastikan kamu atau anak-anak kamu tidak mengkomsumsi permen dalam keadaan perut kosong ya.

7. Buah Pir

Jika kamu bertanya kenapa buah pir ngak seharusnya dikomsumsi dalam keadaan perut kosong, maka jawabannya adalah karena serat dalam buah pir agar keras di perut kamu sehingga bikin sakit perut. Hal itu juga akan merusak mukosa lambung kamu. Jadi, jikapun mau makan buah pir di pagi hari, pastikan untuk makan dengan oatmeal atau biji-bijian lain untuk melindungi perut kamu.

Jadi, itulah 7 makanan yang nggak bisa kamu makan sembarangan ketika perut kosong. Apalagi di pagi hari. So, hati-hati ya!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7271

advertise with us