Untuk Ngurusin Badan, Bagusan Treadmill Atau Lari di Luar Ruangan? Simak Disini Yuk!
Sumber: unsplash.com

Health / 26 August 2019

Kalangan Sendiri

Untuk Ngurusin Badan, Bagusan Treadmill Atau Lari di Luar Ruangan? Simak Disini Yuk!

Naomii Simbolon Official Writer
2095

Sebagian besar orang yang lari pasti nggak akan pernah mau memeras keringan mereka di treadmill jika diluar udaranya segar. Iya bukan? Tapi meski demikian, ada juga loh yang suka berlari dan treadmill di dalam rumah.

Gimana pun treadmill adalah alat pembakar kalori yang bisa kita gunakan dalam cuaca apapun. Sebenarnya sih, baik itu diluar ruangan atau di dalam ruangan, yang namanya treadmill atau berlari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kebugaran dan kesehatan jantung kita. Meski demikian, selalu ada perbedaan antara keduanya.

Misalnya, Treadmill:

1. Lari di atas treadmill membuat kita nggak usah pusing lagi dengan apapun, terutama cuaca atau lingkungan sekitar

Walaupun beberapa orang melihat bahwa olahraga ini seperti sebuah olahraga yang mahal dan membosankan, namun treadmill menawarkan sebuah lingkungan yang konstan untuk berolahraga karena suhu, kelembapan dan permukaan untuk berlari tetap sama.

Dalam hal ini, berlari di treadmill bisa dianggap sebagai bentuk olahraga yang lebih nyaman daripada berlari di luar. Kamu nggak perlu mempertimbangkan cuaca, atau mungkin lalu lintas. Bahkan setelah kamu berada di atas treadmill, tak satupun yang akan menganggumu kecuali faktor eksternal di lokasi dimana kamu melakukan treadmill.

2. Nggak usah mengeluarkan energi terlalu banyak, soal kecepatan kamu tinggal atur sendiri

Treadmill akan memungkinkan para pelari mengatur kecepatan dan mempertahankan kecepatan tersebut. Hal ini sangat berguna jika kamu berlatih untuk tujuan tertentu. Hal ini juga bisa membantu kamu untuk tetap melanjutkan usaha ketika tekad kamu berkurang.

Selain itu, di atas treadmill kamu juga bisa membuat keputusan kapan untuk menekan tombol sehingga memperlambat kecepatan berlari kamu dengan begitu mudah. Sedangkan diluar ruangan, kamu hanya bisa mengurangi kecepatan secara alami karena tubuh kamu sangat lelah.  

3. Entah kekurangan atau kelebihan, treadmill ini sedikit kurang berdampak untuk kesehatan atau pergerakan sendi kamu

Berlari di atas treadmill akan lebih nyaman pada sendi dibandingkan dengan lari di jalan atau trotoar.

Kalau kamu berlari secara teratur di atas treadmill maka kamu akan mengurangi dampak sendi dan risiko cedera. Jika kamu baru saja sembuh dari cedera atau memiliki masalah dengan sendi kamu, maka treadmill menawarkan cara untuk membangun kembali latihan kamu secara bertahap.

Sementara itu, inilah perbandingan yang bisa kamu bedakan jika olahraga di luar ruangan seperti lari sore :

1. Rute lari kamu bisa begitu bervariasi

Hal yang baik mengenai lari diluar ruangan adalah kamu punya rute yang berbeda untuk dilewati, tergantung kamu memilihnya dimana dan bagaimana.

Contohnya, kamu bisa memilih rute linear untuk berlari ke arah tujuan akhir kamu. Atau kamu juga bisa memilih rute sirkular yang akan membawa kamu kembali ke tempat semula.

Namun, jika kamu ingin terus meningkatkan kebugaran kamu dan membakar jumlah optimal kalori kamu, maka kamu harus mengubah rute lari kamu secara teratur supaya mencegah tubuh terbiasa dengan rutinitas kamu.

BACA JUGA :

Stres Karena Susah Kurus? Bersyukurlah, Karena Inilah Kelebihan Badan Gemuk Seperti Kamu!

2. Kamu bisa melatih keseimbangan tubuh kamu karena variasi permukaan yang akan kamu pijak sangat bervariasi.

Misalnya kamu harus bekerja keras untuk menjaga keseimbangan di medan yang nggak rata, seperti retakan di trotar, gundukan di lapangan dan lain sebagainya.

Permukaan jalan dan trotoar sangat mudah untuk diprediksi. Jika kamu seorang pemula, maka berlarilah pada kondisi permukaan yang tergolong ringan. Pastikan juga bahwa kamu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas ketika kamu berlari ya dan gunakan pakaian dengan visibilitas yang tinggi.

Sebaiknya tetaplah berada di atas trotoar jika memungkinkan, tapi jika kamu harus tetap berada di jalan raya, maka pastikan berada di sisi jalan dan perhatikan setiap kendaraan yang mendekati kamu.

Asal kamu tahu, berlari di pasir akan menguji daya tahan kamu sehingga kamu dengan mudah membakar lebih banyak kalori. Selain itu, berdiri di atas pasir akan membuat kamu semakin sulit bergerak maju, sehingga tenaga yang kamu keluarkan akan semakin besar.

3. Kondisi cuaca di luar ruangan akan bikin kamu merasa tertantang

Bila kamu ingin berlari di luar ruangan, maka cuaca akan selalu menjadi faktor penentu. Jika awan sudah mulai gelap atau hujan turun rintik-rintik, maka kamu akan kesulitan untuk berlari kan? Alhasil kamu mengurunkan niat untuk lari-lari deh.

Tapi, jika kamu tetap memutuskan untuk berlari di cuaca panas, jangan lupa memakai pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca saat itu ya. Supaya kamu nggak sakit kepala dan semakin hitam, kulitnya.

4. Biaya yang dikeluarkan nggak semahal ketika kamu berlari di atas treadmill

Lari di luar ruangan mah gratis, selain itu kamu bisa menghirup udara segar ketika kamu memutuskan berlari di pagi hari.

Kalau treadmill kan, kamu harus membeli treadmillnya dulu atau setidaknya kamu harus ikut gym supaya bisa menggunakan treadmill. Nah, kalau berlari di luar ruangan, palingan kamu hanya butuh beli jaket dan sepatu. Menurutku, itu wajar, karena meskipun pakai treadmill, kamu wajib memiliki perlengkapan itu.

Bicara tentang mana yang lebih baik, sebenarnya tergantung kebutuhan kamu. Jika kamu ingin berlari dengan tujuan menurunkan berat badan, maka pilihlah untuk berlari di luar ruangan dari pada di treadmill. Jadi gimana?

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami