Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
244


Bagi sebagian orang, khususnya sih wanita. Tubuh gemuk merupakan sebuah mimpi buruk. Banyak cara yang ditempuh untuk menghindari hal tersebut. Mulai dari diet, olahraga sampai yang lebih ekstrim adalah sedot lemak. Dengan alasan penampilan, beberapa wanita rela melakukan apa saja untuk menjaga tubuhnya tetap ideal terutama bagi mereka yang sudah punya pasangan. Iya nggak?

Masalahnya nggak semua orang yang ketika sudah olahraga atau sudah diet langsung kurus. Apakah kamu seperti itu?

Sudah melakukan berbagai upaya sampai memanggil pelatih profesional untuk membantumu kurus tetapi sayangnya tidak ada perubahan.

Dikutip dari healthyfoodteam.com, orang yang mendapatkan kendala demikian memiliki masalah di hormon. Leptin merupakan salah satu jenis hormon yang jadi penyebab kenapa kamu kesulitan menurunkan berat badan meski sudah berusaha cukup keras dengan segala cara.

Hormon leptin ini disekresikan oleh sel-sel tubuh dan bekerja untuk menyeimbangkan berat badan dan tingkat energi tubuh manusia. Nantinya, tubuh kamu akan melepas banyak hormon leptin ke dalam aliran darah kamu sehingga membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Disisi lain, leptin juga bekerja sebagai penyeimbang dengan caran merangsan jaringan lemak untuk membakar lemak tersebut.

Inilah beberapa hal yang bikin kamu susah kurus :

1. Diet terlalu ketat

Diet ketat adalah penyebab kenapa tubuh kamu nggak kurus juga.

Yap ada banyak orang yang mengurangi asupan kalori secara drastis demi menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi, hal ini justru sebuah kesalahan karena diet ketat justru membantu hormon leptin memberi sinyal kepada otak untuk kamu makan lebih banyak.

Jadi jangan diet terlalu ketat ya. Makan teratur saja, tapi porsinya jangan banyak-banyak.

2. Duduk terlalu lama

Pasti beberapa dari kamu baru tahu kalau duduk terlalu lama bikin kamu cepat gemuk kan?

Yap, duduk terlalu lama akan menyebabkan peredaran glukosa di daerah perut kamu menjadi nggak lancar. Nggak cuma di perut, juga di perut dan di pantat.

Jadi, itu sebabnya kenapa ada banyak para pekerja kantoran memiliki tubuh seperti buah pir. Hal itu lantaran mereka duduk berjam-jam di kantornya.

Jika kamu pekerja kantoran, sekarang mulailah mengubah kebiasaan untuk tidak duduk berjam-jam. Mulailah untuk berjalan kaki selama 5 menit setiap 2  jam sekali. Sehingga sirkulasi glukosa kamu menjadi lancar dan nggak ada penumpukan lemak lagi.

3. Coba  lihat, apakah sistem pencernaanmu kurang lancar dan kurang optimal?

Jika iya, maka itu bisa menjadi penyebabnya. Jadi, jangan heran jika perut kamu buncit ya. Segeralah membantu pencernaanmu lancar, caranya mudah, cukup memakan makanan yang mengandung banyak serat, minimal satu buah setiap hari. Contohnya, jeruk, nanas dan apel.

Dijamin deh, jika kamu rutin melakukan ini, maka BAB kamu semakin lancar dan membantu perut kamu cepat kurus.

Sebenarnya, sebagai orang Kristen, kita harus bersyukur dengan apa yang kita miliki. Kalau misalnya kamu sudah melakukan 3 hal di atas tapi nggak kunjung kurus, maka solusinya adalah bersyukur. Karena jikalau melulu mengasihani diri sendiri dan membenci diri sendiri karena gemuk, maka yang terjadi kamu akan kehilangan kepercayaan diri dan identitas dirimu.

BACA JUGA :

Panik Ketika Bahas Soal Kematian? Apakah Ini Masalah Psikologis? Cari Tahu dan Sembuh Yuk

Agar kamu selalu bersyukur, maka ketahuilah beberapa kelebihan badan gemuk yang dikutip dari Okezone.com  dibawah ini :

1. Orang yang berbadan gemuk cenderung jarang sakit

Sebuah studi yang diterbitkan di Plos One mengatakan bahwa lemak berlebihan dalam tubuh gemuk disebut dengan omentum, dan itu berfungsi mengatur mekanisme pertahanan tubuh, mencegah terjadinya kerusakan pada organ dalam.

Selain itu, pada tahun 2017, Dr Yasmin Belkaid juga melaporkan bahwa sel-sel yang ditemukan di dalam lemak bisa membantu tubuh menangkis infeksi.

Jadi bersyukur ya. Buat apa badan langsing kalau sakit melulu kan?

2. Orang yang berbadan gemuk, memiliki otak yang lebih sehat.

Sebuah penelitian yang mengkaitkan 2 juta orang menyarankan bahwa orang yang memiliki berat badan lebih atau obesitas rentan terhadap demensia di usia tua. 

Mungkin nggak semua orang yang mengalami ini tapi setidaknya ada banyak orang yang mengalami otak sehat alias tidak gampang lupa. Jadi bersyukur ya!

3. Menurut penelitian, kelebihan berat badan akan membuat umur kita lebih panjang.

Memang, hidup dan mati ada di tangan Tuhan. Jadi nggak satupun yang tahu kapan kita akan meninggal dunia.

Tapi sebuah studi di The Journal of American Medical Association mengatakan bahwa beberapa manfaat dari tubuh gemuk atau kelebihan berat badan bisa mengurangi kematian sebesar 6%. Tapi jangan terlalu senang dulu, karena meskipun kamu gemuk , namun jarang olahraga seperti jalan kaki, atau makan sembarangan dan tidak menjaga pola tidur, maka yang terjadi kamu akan penyakit jantung dan lain sebagainya.

Setelah membaca artikel di atas, bukan berarti kamu berhenti untuk hidup sehat atau diet ya. Tetap menjaga kesehatan, olahraga dan makan yang teratur bukan berlebihan. Semangat, kamu tetap cantik bagaimana pun kondisimu. Tetaplah  bersyukur!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7271

advertise with us