Emang Setan Beneran Ada? Simak Jawabannya Bareng Pdt. Rachmat Manullang Di #KataAlkitab
Sumber: CBN.com

Kata Alkitab / 18 August 2019

Kalangan Sendiri

Emang Setan Beneran Ada? Simak Jawabannya Bareng Pdt. Rachmat Manullang Di #KataAlkitab

Inta Official Writer
5399

Sejumlah aliran kepercayaan di dunia ini mewakili bahwa orang yang telah meninggal dunia, masih ada di dunia dalam bentuk arwah. Oleh karena itu, praktik-praktik pemanggilan arwah dapat ditemukan di berbagai belahan bumi.

Apalagi, kalau kita melihat dalam Alkitab soal kisah Raja Saul yang berkomunikasi dengan arwah Samuel yang terdapat di dalam 1 Samuel 28. Kisah tersebut seperti meneguhkan bahwa manusia yang masih hidup di dunia dapat berkomunikasi dengan mereka yang telah meninggal dunia.

Apakah kita bisa benar-benar melihat arwah selama hidup? Kalau tidak bisa, siapa yang berbicara dengan Raja Saul pada saat itu? Bersama dengan Pdt. Rachmat Manullang, yuk kita bahas soal arwah gentangan ini.

Alkitab soal arwah orang meninggal

Dalam Alkitab, misalnya dalam Ibrani 9:27, "Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi," itu menjelaskan bahwa orang yang sudah meninggal berarti sudah tidak ada lagi urusannya dengan orang yang hidup di dunia.

"Arwah gentayangan itu sebenarnya tidak ada," terang Pak Rachmat.

Apakah manusia bisa berkomunikasi dengan arwah orang yang sudah meninggal?

Tapi, kalau kita menelisik dalam 1 Samuel 28:15, “Sesudah itu berbicaralah Samuel kepada Saul: "Mengapa engkau mengganggu aku dengan memanggil aku muncul?" Kata Saul: "Aku sangat dalam keadaan terjepit: orang Filistin berperang melawan aku, dan Allah telah undur dari padaku. Ia tidak menjawab aku lagi, baik dengan perantaraan nabi maupun dengan mimpi. Sebab itu aku memanggil engkau, supaya engkau memberitahukan kepadaku, apa yang harus kuperbuat."

"Firman Tuhan mengajarkan kalau sebenarnya tindakan ini tidak boleh dilakukan. Sebab disebutkan bahwa arwah itu bukanlah roh, melainkan setan yang menyerupai atau memanipulasi dengan arwah orang itu," tegas Pak Rachmat.

Kalau kita pelajari soal dunia roh, Efesus 2:1-2, "Kamu dahulu sudah mati karena pelanggaran-pelanggaran dan dosa-dosamu. Kamu hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu mentaati penguasa kerajaan angkasa, yaitu roh yang sekarang sedang bekerja di antara orang-orang durhaka."

Buat orang-orang yang belum percaya, mereka mengenal yang namanya roh durhaka. Peperangan bagi orang percaya sekarang ini bukanlah melawan darah dan daging, melainkan dengan kuasa gelap, seperti setan.

Baca juga :

#FaktaAlkitab : Inilah Asal-usul Setan dan Lusifer Menurut Alkitab

Gereja Setan Protes Mahkamah Agung Amerika Yang Perintahkan Penguburan Untuk Janin Aborsi

Dalam Alkitab sendiri menjelaskan bahwa setan merupakan malaikat yang memberontak, kemudian diusir dari tahta Tuhan. Dia punya 1/3 malaikat, yang kemudian kita sebut sebagai kuasa roh jahat, setan, hantu, atau yang lainnya.

Dalam setiap orang ada roh durhaka yang mengenali orang-orang itu. "Ini seperti kitab Samuel, Saul itu ingin dapat pesan dari Tuhan, kan. Tapi karena dia sudah ditinggalkan Tuhan, memberontak kepada Tuhan, kemudian dia mencari peramal. Peramal ini yang kemudian memunculkan seperti arwahnya Samuel," jelas Pendeta rachmat.

Jadi, kita sebagai orang percaya, sama sekali tidak boleh berinteraksi dengan arwah orang-orang meninggal tersebut.

Lalu bagaimana dengan orang indigo?

Sebenarnya, kalau kita membuka diri, maka kita akan punya kemampuan itu. Bahkan, kita pun bisa menjadi mediator bagi kuasa gelap atau setan itu. Sehingga kita sepertinya diberikan suatu kemampuan, tetapi kemampuan tersebut kemudian menjadi salah. Dalam kata lain, kita jadi bisa melihat sesuatu yang seharusnya tidak perlu kita lihat.

Biasanya, ada berbagai macam alasan yang membuat seseorang akhirnya bisa melihat yang seperti itu. Misalnya, masalah dengan jiwa atau emosionalnya.

Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Nova Religio, para ahli psikologi menjelaskan keadaan anak indigo berawal dari krisis anak-anak Amerika. Jadi karena krisis itu, anak-anak ini jadi membuka jiwanya untuk sesuatu yang tidak seharusnya. Akhirnya jadi celah yang masuk melalui anak tersebut.

Kalau bicara soal kenapa orang bisa lihat hantu, kita harus tahu bahwa hantu itu sebenarnya ada dimana-mana. Pertanyaannya, apakah hantu tersebut bisa intervensi pada diri kita. Itu tergantung dari sikap kita yang membukanya atau tidak. Kalau kemudian orang merasa dia punya kemampuan khusus bahwa dia bisa melihat setan, maka itu bisa jadi bahaya. Alasannya, karena ia kemudian membuka celah agar setan bisa mempengaruhi hidupnya.

Ketika ada orang yang kemudian menyaksian penampakan hantu, kemudian menceritakan pada orang tersebut, bisa jadi orang tersebut menjadi tertular dan pecaya akan hal ini. Ini juga yang kemudian membuat ada orang yang kesurupan, maka ada orang lain yang berada di sekitarnya ikut kesurupan juga.

Ini bukan karena arwah orang yang sudah meninggal, tetapi karena setan, roh jahat yang menyerupai orang yang pernah meninggal itu. Karena orang yang meninggal itu nggak punya hubungan lagi dengan orang yang hidup.

Agar kita tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang seperti ini, maka tugas kita adalah untuk menjaga diri sendiri dengan mendatangkan Tuhan Yesus dalam diri kita. Buat video lengkapnya, yuk saksikan dengan klik link di atas!

Baca juga :

3 Mitos Serta Fakta Mengenai Malaikat dan Setan Yang Orang Kristen Harus Ketahui!

Permaisuri Lucifer
Sumber : JC CHANNEL
Halaman :
1

Ikuti Kami