Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
941


Sebentar lagi nih perayaaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 nih, apakah kamu ikutan meramaikan kemeriahan perayaan ini di RT-mu atau gang kamu? Mungkin dengan menghias gang dengan berbagai pernak-pernik merah putih atau bahkan kamu ikutan jadi panitia 17an.

Kemerdekaan Indonesia patut kita rayakan dan syukuri, karena apa yang kita nikmati saat ini adalah hasil perjuangan panjang para pejuang dan pahlawan bangsa kita. Tapi bukan berarti perjuangan itu sudah selesai loh!

Ada bagian kita sebagai anak-anak muda bangsa Indonesia yang harus kita lakukan sekarang, karena sekalipun kita sudah lepas dari penjajahan bangsa lain namun ada banyak hal yang perlu kita perjuangan di negeri kita ini.

Iniloh 4 hal yang kita bisa lakukan untuk membangun bangsa Indonesia:

1# Berjuang melawan kemiskinan

Tingkat kemiskinan di Indonesia saat ini mencapai 9,41 persen dari total penduduk Indonesia, atau sekitar 25,14 juta jiwa. Jumlah ini sedikit turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 9,8 persen, menandakan upaya pemerintah dalam menuntaskan kemiskinan ada dampanya.

Tapi kalau dilihat kan penurunannya sangat sedikit kan? Itu sebabnya sebagai anak-anak muda yang kreatif kita harus melahirkan berbagai usaha dan lapangan pekerjaan yang akan membantu pemerintah menuntaskan kemiskinan.

Kamu bisa menjadi sosiopreneur, yaitu membuka usaha yang tujuannya bukan hanya untuk keuntungan semata tapi lebih kepada pemberdayaan masyarakat. Kamu bisa menjadi Yusuf untuk jaman ini, mintalah hikmat dari Tuhan bagaimana kamu bisa berdampak untuk masyarakat atau komunitas dimana kamu berada.

Kata Firaun kepada Yusuf: "Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau. Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu." ~ Kejadian 41:39-40

2# Berjuang mencerdaskan bangsa

Diantara negara-negara ASEAN, peringkat pendidikan Indonesia berada di urutan ke 6 dari 9 negara.  Sedangkan jika menurut Global Talent Competitiveness Index (GTCI) 019, Indonesia berada di urutan 67 dari 125 negara.

Tingkat pendidikan di Indonesia masih belum merata, bahkan di daerah-daerah terpencil banyak sekolah yang kekurangan guru untuk mengajar anak-anak di sana.

Nah, ini saatnya anak-anak muda Kristen untuk mengambil bagian, kamu bisa menjadi tenaga sukarelawan untuk menjadi guru atau pengajar-pengajar di sekolah-sekolah di daerah.

Atau kamu juga bisa membuat sebuah gerakan untuk mencerdaskan anak-anak Indonesia, seperti membuat taman bacaan, memberikan pelatihan kepada anak-anak jalanan dan banyak hal kreatif lain yang bisa kamu lakukan.  Apakah kamu tertarik?

Aku, hikmat, tinggal bersama-sama dengan kecerdasan, dan aku mendapat pengetahuan dan kebijaksanaan. ~ Amsal 8:21

3# Berjuang membangun kerukunan

Masih inget ngga waktu pilkada DKI lalu dan juga Pemilu 2019 kemarin? Suasana panas hanya karena saling sindir dan komentar di sosial media tentang calon jagoan masing-masing.

Ngga sedikit yang nge-blok temen sendiri di sosial media ataupun di aplikasi pesan singkat karena komentar-komentar di luar batas. Yang kayak gini ngga boleh lagi terjadi ya.

Untuk itu kita sebagai generasi muda bangsa ini harus berbuat sesuatu untuk membangun kerukunan di negeri kita. Kamu bisa melakukannya melalui seni dan budaya, sehingga melaluinya bisa saling mengenal kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam.

Atau juga dengan melakukan dialog lintas agama, sehingga membangun pengertian dan juga saling menghormati terhadap kepercayaan yang berbeda satu sama lain.

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. ~ Efesus 4:31-32

4# Berjuang menghijaukan Indonesia

Salah satu masalah dunia saat ini adalah pemanasan global, tak terkecuali Indonesia. Banyak lahan hijau yang dulu menjadi paru-paru dunia, kini sudah beralih fungsi menjadi pemukiman atau lahan pertanian.

Coba deh cek suhu di sekitar lingkungan rumahmu, pasti kamu merasakan  bahwa suhunya lebih panas dari beberapa tahun dulu. Jangan biarkan keadaan ini begitu saja, yuk mulai tanam pohon di sekitar rumahmu. Bahkan kalau bisa ajaklah teman-temanmu melakukan hal yang sama.

Jika ngga bisa menanam pohon, kamu bisa menanam tanaman di pot yang dapat menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen. Tindakan kecil ini jika dilakukan secara bersama oleh banyak orang pasti akan berdampak besar. Yuk dicoba.

Mengambil bagian dalam membangun bangsa Indonesia sebenarnya tidak sulitkan.  Dengan hal-hal sederhana, kita sudah bisa memberi dampak positif untuk Indonesia. Mulailah dari diri kita dulu, baru tularkan hal itu kepada orang-orang disekelilingmu. Jadilah virus positif untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi. 

Baca juga :

Jelang Dirgahayu RI ke-74, Presiden Jokowi Doakan Indonesia Alami Iniā€¦

7 Tempat Bersejarah Kristen di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi!

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer

Sarif Poltek 22 August 2019 - 21:37:34

Seorang nelayan berada di permukaan laut dengan p.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3