Anak Mulai Bertumbuh Remaja, Siapkan Mereka Dengan 4 Keahlian Ini, Yuk
Sumber: www.vanderbloemen.com/

Parenting / 1 August 2019

Kalangan Sendiri

Anak Mulai Bertumbuh Remaja, Siapkan Mereka Dengan 4 Keahlian Ini, Yuk

Inta Official Writer
1633

Sebagai orang tua, kita pasti mau punya anak yang bisa diandalkan ketika sudah dewasa nanti. Usia remaja merupakan usia persiapan sebelum akhirnya anak menjadi seorang dewasa muda. Agar anak kita menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab, yuk ajari beberapa keahlian ini.

1. Self-responsibility

Ketika anak sudah menginjak usia remaja, mereka harus mengerti bahwa merekalah yang bertanggung jawab dalam menjalankan kehidupan mereka sendiri. Anak-anak yang bertumbuh remaja harus bisa memasak sendiri, setidaknya masakan-masakan dasar, membereskan rumah, pergi ke rumah sakit sendiri, bahkan tanggung jawab atas uang yang dimilikinya.

2. Self-understanding

Bisakah anak kita mengidentifikasi soal kekuatan maupun kelemahannya? Bisakah mereka menangani atau langsung mengganti kebiasaan mereka saat memang diperlukan sikap yang demikian?

Contoh saja kalau anak kita merupakan pribadi yang cukup sensitif, dimana ia bisa lebih mudah sakit hati pada orang lain. Ajari pada anak-anak bahwa setiap orang punya kelemahan dan kekuatannya masing-masing. Kenali kelemahan dan kekuatan dari anak-anak itu dan jelaskan pada mereka.

Dengan mengenali diri mereka lewat kelemahan dan kekuatannya, anak akan jadi lebih mudah dalam mengendalikan dirinya saat mengambil keputusan tertentu dalam kehidupannya.

3. Self-regulation

Apakah anak kita sudah tahu kapan waktunya tidur, atau berhenti bermain game? Peraturan dapat membuat anak menjadi lebih disiplin ke depannya. Untuk mengajarkan mereka soal bagaimana peraturan itu harus diikuti, cobalah untuk memberi pengertian kepada anak-anak soal apa manfaat dari peraturan itu sendiri.

Misalnya, saat kita hanya memperbolehkan anak bermain game di akhir pekan, katakan padanya, "Bukankah pada Senin-Jumat kamu punya banyak tugas sekolah? Bermain game di akhir minggu membuatmu jadi bisa lebih fokus di sekolah, bukan?"

4. Self-motivation

Bisakah anak kita mengikuti pola hidup tertentu meskipun mereka tidak menyukainya? Anak perlu tahu soal bagaimana mereka menindaklanjuti tanggung jawab, meskipun mereka tidak punya motivasi untuk melakukannya.

Mengajarkan soal hal ini pada anak-anak dapat membantu mereka menyadari bahwa mengikuti perasaan itu tidak selalu menjadi panduan terbaik dalam mengambil keputusan.

Kita bisa menjelaskan pada anak, bahwa bahkan, sebagai orang dewasa pun, kita pernah merasakan tidak ingin pergi bekerja, tetapi harus pergi sebab itu merupakan tanggung jawab kita sebagai orang tua. Saat anak menunjukkan motivasi diri, jangan ragu untuk memuji dirinya. Jangan lupa juga untuk mengatakan pada anak kalau kita bangga terhadapnya.

Melepaskan anak yang mulai memasuki usia dewasa untuk hidup mandiri memang tidak mudah. Tetapi, sebagai orang tua, kita juga perlu memiliki kepercayaan diri untuk mendidik mereka. Tidak ada orang tua yang sempurna, kok. Namun, ketika kita berusaha untuk memberikan dan mengasihi mereka dengan baik, mereka juga pasti bisa merasakan betapa tulusnya kita mengasihi mereka.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami