Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
333


Congratulation! Ucapan selamat bertebaran dari sahabat, keluarga dan rekan kerja saat mendengar bahwa kamu dan pasanganmu akan segera melangsungkan pernikahan. 

Bahagia, itu pasti. Deg-degan, ngga salah lagi. Stres, bener banget. Itulah perasaan saat kamu dan pasangan sudah mantap untuk melangkah ke tahap pernikahan. Ada segudang pekerjaan yang harus dilakukan untuk mempersiapkan hari istimewamu itu. 

Banyak teman cerita, bahwa saat-saat menjelang pernikahan malah mereka lebih sering berantem sama pasangannya karena stress dan berbagai masalah yang muncul. Ngga sedikit loh yang pada akhirnya malah batal karena ngga bisa mengatasi konflik di momen-momen krusial ini. 

Amit-amit, jangan sampai hal ini terjadi dalam hidupmu ya.

Nah, untuk itu ada beberapa trik untuk mengatasinya nih:

1# Membawa rencana kalian dalam doa. 

Yang satu ini harus diprioritaskan nih. Sebab firman Tuhan menyatakan, ”Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.” (Mazmur 127:1)

Kalau kalian ingin membangun rumah tangga yang kuat, pastikan dibangun dengan dasar yang benar, yaitu Yesus Kristus sendiri. 

2# Bicarakan bersama pasangan seperti apa pernikahan yang kalian inginkan. 

Bicara uang itu penting, apalagi kalau kamu sudah serius sama pasanganmu. Nah, kalau kalian sudah mantap akan menikah, selanjutnya adalah menyamakan ekspektasi mengenai seperti apa acara pernikahan kalian, biaya yang diperlukan dan bagaimana mendapatkan biaya pernikahan tersebut. 

Ada keluarga yang menginginkan acara adat, ada yang ingin acara pemberkatan nikah saja cukup, dan lain-lain. Kalian harus bicarakan seperti apa sih pernikahan yang kalian inginkan, dan juga apa yang keluarga kalian inginkan. 

Karena ngga sedikit keluarga yang dominan dalam mengatur pernikahan anak-anaknya.  Apalagi kalau kamu atau pasanganmu memiliki keluarga besar yang erat atau sangat terikat dengan adat. Jadi lebih baik dari awal sudah dibicarakan dulu. 

3# Darimana biaya pernikahan kalian. 

Beberapa teman saya memilih membiayai sendiri pernikahan mereka, karena tidak ingin membebani orangtua. Mereka memilih menabung bersama selama satu atau dua tahun untuk biaya pernikahan yang mereka sepakati sebelumnya. 

Nah, ada juga yang biaya pernikahan ditanggung sepenuhnya oleh keluarga pengantin pria, atau patungan dari kedua keluarga. Hal ini harus disepakati bersama, berapa besarannya dan juga bagaimana dan kapan kalian akan menerima uanganya. 

Kalau bisa jangan berhutang untuk persiapan pernikahan ya, karena pada akhirnya itu akan menjadi beban kalian nanti. 

4# Mencari vendor yang dibutuhkan. 

Ada banyak vendor yang perlu dicari, mulai dari gedung gereja, gedung resepsi, dekorasi, makanan, baju pengantin dan hal-hal kecil seperti cinderamata untuk para tamu. 

Kalau perlu, kalian bisa membuat panitia kecil dari sahabat dan keluarga yang bersedia membantumu untuk mempersiapkan semua ini. Kalau punya uang sih, bisa pakai wedding organizer, orang yang secara professional bisa membantu kalian. 

5# Diet untuk memastikan baju pengantin yang sudah dipersiapkan tetap pas di hari H. 

Ya, bayangkan jika kamu mengukur baju pernikahan 3-6 bulan sebelumnya. Gimana kalau kamu atau pasanganmu ngga menjaga berat badanmu dengan baik, sehingga pas menjelang hari H bajunya ngga muat atau malah kebesaran. 

Jadi, perlu tuh kamu dan pasanganmu sepakat bersama untuk diet untuk menjaga berat badan kalian bersama hingga hari pernikahanmu. Tapi kalau hal itu berdampak positif untuk kesehatan, kenapa ngga diteruskan aja, yakan? 

Sekarang kalian sudah ditahap mana nih? 

Ijinkan Tuhan ambil bagian di tahap manapun persiapakan kalian ya. Kiranya berkat Tuhan membuat acara pernikahan kalian berjalan mulus dan bahkan rumah tangga kalian selalu penuh dengan kasih Tuhan. 

Baca juga : 

Persiapan Pernikahan yang Berujung Hutang

Jika Ingin Keberhasilan, Buatlah Persiapan Sebaik Mungkin

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer

Sarif Poltek 22 August 2019 - 21:37:34

Seorang nelayan berada di permukaan laut dengan p.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3