Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
277


Depresi adalah suatu hal yang normal ketika kita terlalu banyak menerima tekanan, sehingga menyebabkan otak kita memikirkan terlalu banyak hal dan menganggu aktivitas kita.

Depresi sebenarnya diakibatkan dari banyak faktor, mulai dari masalah yang sepele hingga masalah yang besar. Jika depresi terus menerus dibiarkan maka ini bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan kita, dan aktivitas kita.

Sebagai umat Kristen, tampaknya kita sudah sering sekali membaca firman agar kita bisa santai dalam menghadapi masalah dan tidak depresi, tapi nyatanya masih terlalu banyak orang yang belum terbiasa, dan berdamai dengan situasi ini.

Secara praktik, inilah hal yang mungkin bisa kamu lakukan dalam menghadapi depresi.

1. Jangan berharap terlalu banyak dari dirimu sendiri dengan waktu yang terlalu cepat, karena ini hanya akan menonjolkan perasaan yang gagal. Serta hindari yang untuk membuat sebuah tujuan yang sulit atau mengambil tanggung jawab baru yang ambisius  jika kamu sudah membangun struktur yang kuat. 

2. Selesaikan tugas yang besar dan bagi menjadi kecil. Misalnya dengan menetapkan apa yang menjadi prioritasnya kamu dan lakukan apa yang bisa kamu lakukan, karena itu bisa dilakukan. Jangan memaksakan melakukan hal besar.

3. Kenali pola dalam suasana hati kamu.

Seperti banyak orang lainnya yang mengalami depresi, bahwa bagian terburuk dari harimu mungkin di pagi hari, jadi cobalah untuk mengatur jadwal kamu dengan tepat setiap pagi. Misalnya, jika kamu benar-benar semangat di pagi hari, silahkan melakukan meeting di pagi hari. Jika itu malam, silahkan lakukan meeting di malam hari.

4. Berpartisipasilah dalam kegiatan yang membuat kamu merasa jauh lebih baik. Misalnya mencoba olahraga, menonton film atau mungkin pertandingan bola. Jika itu kamu tidak sukai, cobalah untuk berpartisipasi dalam kegiatan gereja atau sosial. Paling nggak, kegiatan seperti itu bisa mengalihkan perhatian kamu dari perasaanmu dan membiarkan hari berlalu lebih cepat.

BACA JUGA :

Pikirkan Kembali, Inilah Bahaya Anestesi Atau Bius Yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

5. Kamu mungkin merasa seperti ingin menghabiskan sepanjang hari di tempat tidur, tapi nggak bisa. Mungkin itu karena perubahan dalam durasi, kualitas dan jam tidur kamu. Itu bisa mengakibatkan depresi loh.

Jadi, cobalah untuk bangun tepat waktu dan meminta orang untuk membangunkan kamu di pagi hari jika tidak bisa bangun sendiri.

Jadwalkan waktu untuk tidur setidaknya sebelum jam 11 malam dan bangun jam 5 pagi.

6. Jangan marah dan kesal jika suasana hati kamu nggak segera membaik.

Merasa lebih baik itu membutuhkan waktu. Jangan merasa hancur jika setelah kamu mulai menjadi lebih baik, kamu menemukan dirimu kembali mundur. Kadang jalan menuju pemulihan itu tidak secepat naik roller coaster.

7. Jangan berharap bahwa untuk melepaskan dirimu dari depresi dengan kekuatanmu sendiri.

Sulit sekali, jadi kamu memang butuh teman atau sahabat. Kamu butuh komunitas. Lagian sekarang ini, ada banyak kok komuntias dan gereja yang mendukung pemulihan depresi. Jadi, terhubunglah dengan mereka yang memahami depresi dan proses pemulihannya.

8. Ingatkan dirimu bahwa permikiran negatifmu adalah bagian dari depresi jadi jangan berpikiran negatif melulu ya, dan cobalah berpikiran positif. Latihlah dirimu.

Jadi, itulah 8 hal yang bisa kamu praktikkan jika benar-benar ingin pulih dari depresi.  Jika kamu mencari sahabat dan teman untuk berbagi, kami siap melayani kamu. Jadi, silahkan hubungi kami di SAHABAT 24 ya : SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected]  

Sumber : cbn/ jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gelatik Senja 22 August 2019 - 23:33:40

Cara mengendalikan hawa nafsu

0 Answer

Samu Vastro 22 August 2019 - 23:11:21

Hormati

0 Answer

Sarif Poltek 22 August 2019 - 21:37:34

Seorang nelayan berada di permukaan laut dengan p.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3