Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
413


Hari ini, kita sudah resmi masuk dalam pertengahan tahun. Nggak kerasa kalau sebentar lagi kita sudah bertemu dengan Desember, bulan yang pas buat melancong dan menyegarkan kembali otak setelah banyak waktu dihabiskan untuk bekerja.

Sayangnya, karena dana terbatas, tujuan bepergian kita jadi cuma ke situ-situ aja. Ada banyak tempat di dunia ini yang perlu kita kunjungi, sehingga kita bisa melepas penat, belajar budaya baru, dan bertemu dengan orang-orang baru yang bisa menjadi inspirasi.

Biaya traveling itu naik terus-menerus. Belum lagi ada hitungan inflasi yang bikin harga barang jadi naik terus. Apalagi kalau mau melancong ke negara tetangga yang agak jauhan dikit. Nah, biar liburan tahun ini bisa agak jauh, ke luar negeri, misalnya, yuk mulai rencanakan keuangan liburan dari sekarang.

Stop Kamu perlu tentukan jumlah biaya liburanmu dulu

Kalau dihitung-hitung, biaya yang paling mahal selama liburan adalah akomodasi. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar biaya liburan nggak bengkak, misalnya cari diskonan, memilih hotel yang murah, atau menumpang pada teman.

Sebelum liburan, minimal kita perlu merencanakan biaya akomodasi, transportasi, sampai embel-embel biaya yang kalau dihitung-hitung jumlahnya cukup lumayan. Embel-embel itu misalnya biaya masuk museum, hiburan, internet, nyicipin kopi di tempat liburan, dan lain sebagainya.

Cara menabung agar akhir tahun nanti kita bisa melancong ke luar negeri

1.  Mulai cari-cari promo

Klasik sih emang, tetapi emang promo ini akan bantu banget buat menyelamatkan biaya perjalanan. Sebelum cari promo, pastiin dulu kalau kita sudah tau tujuan, bersama siapa dan mau ngapain aja. Karena internet sudah menyajikan banyak banget kemudahan, ini sih tergantung kepiawaian kita buat cari kata kunci buat baca-baca review soal tempat yang mau kita tuju.

Nah diskon yang perlu kita cari adalah:

Tiket pesawat. Buat ini, beberapa orang ada lho yang mengumpulkan miles dari kartu kredit. Hal ini kemudian membuat orang tersebut bisa terbang dengan gratis. Selain itu, kita juga harus mulai rajin lihat-lihat promo yang disajikan oleh maskapai penerbangan atau agen travel.

Akomodasi  

Rencanakan pakai paket tur atau mau pergi secara individu.

2.   Lebih perhatian sama auto debet

Biaya perjalanan itu bisa masuk dalam biaya yang nggak boleh diotak-atik. Kebiasaan kita buat nongkrong di kafe, pake-pake diskon pas gajian buat order makanan lewat ojek online, atau hal lainnya bisa berdampak pada rencana perjalanan.

Sah-sah aja kok kalau kita memang mau beli sesuatu sebagai penghargaan buat diri sendiri. Tetapi, ini cuma bisa dilakukan kalau biaya perjalanan kita sudah terpenuhi. Nah biar uang perjalanan nggak di otak-atik, kita bisa manfaatkan fitur auto debet yang langsung dikurangkan pada tabungan rencana jangka pendek.

3. Mulai nyicil buat peralatan di negara tujuan nantinya

Menariknya perjalanan ke luar negeri adalah kita bisa merasakan cuaca yang beragam. Baik itu musim dingin atau panas, kita pasti butuh sesuatu untuk melengkapi perjalanan. Bisa saja itu tas atau koper baru, atau baju yang sudah disesuaikan dengan iklim disana.

Emang sih, kita jelas bisa beli di negara tujuan nantinya. Namun, kita juga harus mempertimbangkan kalau ada barang-barang yang memang jadi jauh lebih murah kalau dibeli di Indonesia. Nah, buat hal-hal ini, kita bisa mulai rajin baca-baca kisah perjalanan sampai review-review tempat tujuan kita nantinya.

4. Ambil instrumen investasi dengan risiko yang rendah

Kita kan cuma punya waktu sekitar 5 bulanan buat persiapan. Nah, biar kita nggak kehilangan uang karena tergerus inflasi atau terpakai, kita bisa mulai cari-cari instrumen investasi yang risikonya rendah, misalnya reksadana. Siapa tahu kan, kalau untungnya nanti bisa dipakai untuk beli oleh-oleh atau bekal kita selama disana.

Ada satu kutipan yang saya suka soal perjalanan, katanya, kalau perjalanan tanpa perencanaan, cuma akan bikin kita bangkrut semata. Untuk itu, yuk kita mulai merencanakan perjalanan kita, sehingga di sana nanti, kita nggak akan kekurangan uang, atau pulang-pulang langsung bangkrut.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7268

Banner Mitra November Week 2