Sering Kelelahan dan Sesak Nafas? Rutinlah Melakukan 2 Hal Ini, dan Rasakan Khasiatnya!

Health / 2 July 2019

Kalangan Sendiri

Sering Kelelahan dan Sesak Nafas? Rutinlah Melakukan 2 Hal Ini, dan Rasakan Khasiatnya!

Naomii Simbolon Official Writer
2339

"Berkelanjutan" adalah kata kunci yang populer dalam apapun sekarang ini,dan ini pun harus ada dalam kosakata gizi kita.

Katakanlah, kamu ingin membantu komunitas pertanian di sebuah negara berkembang. Kamu mungkin sudah menyediakan alat-alat, seperti traktor, benih atau pun pupuk.

Nah, setiap item ini kan memiliki dampak yang berbeda pada komunitas tersebut, baik itu dampak dalam jangka pendek atau juga dalam jangka panjang.

Misalnya, kamu memutuskan untuk membawa pupuk yang cukup dan digunakan di masyarakat selama satu tahun penuh.

Produksi mereka akhirnya berlipat ganda! Tetapi, bantuan semacam itu tidak berkelanjutan, karena panen tahun depan bisa turun kembali karena kehabisan pupuk. Lantas, gimana jika kamu nggak bisa membawa pupuk lebih banyak? Itu akan jauh lebih buruk dari sebelumnya, berarti.

Sama halnya dengan tubuh kita juga. Kamu mungkin kehabisan energi dan kamu mungkin sudah mempertimbangkan berbagai cara untuk mengatasinya. Akhirnya kamu mengkomsumsi gula dan kafein yang akan membantu kamu bangkit kembali.

Tetapi, beberapa jam kemudian, kafein dan gula pun habis dan kamu pun kembali ke awal lagi bahkan jauh lebih buruk. Lalu mengulangi hal yang sama lagi dan lagi.

Biar nggak seperti itu, hal yang harus kamu lakukan adalah menjalani hari dengan hidup sehat dan terus berkelanjutan supaya kamu nggak usah memperbaiki kesehatanmu bolak-balik. Dan tentu saja, untuk mendapatkan itu, diperlukan konsisten.

1. Tetap terdehidrasi

Ketika kita lelah, hal pertama yang harus kamu cek adalah apakah kamu terdehirasi atau nggak.

Karena dehidrasi adalah salah satu penyebab utama kelelahan. Dan air adalah nutrisi yang paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Tapi :

  • Hindari minum soda dan kopi. Pastikan jangan minum minuman ini sesering mungkin, karena kafein dan gula bisa mengurangi air yang menghidrasi. Tapi, sebaiknya tahankan diri kamu dan mending minum air putih lebih banyak.
  • Hindari alkohol. Sama seperti kafein, alkohol bisa mengurai kadar air dalam tubuh yang kamu butuhkan. Ganti saja dengan air putih.

BACA JUGA : 

Merusak Kesehatan Otak, Mengeluhlah Dengan Cara Yang Cerdas. Ini Maksudnya!

2. Jaga hati kamu dari godaan makanan yang menggiurkan.

Sebaiknya, cobalah untuk memaksakan diri kamu untuk tidak terlalu makan sedikit. Sebaliknya, kamu perlu makan lebih banyak makanan hangat.

Yap. Jadi, tubuh kamu itu membutuhkan nutrisi yang baik dari makanan yang kamu makan. Jika kamu makan sedikit makanan hangat tetapi menyantap makanan ringan, makanan cepat saji atau makanan rendah protein lebih banyak, maka tubuh kamu nggak akan puas.

Meskipun keripik kentang, dan makanan lainnya sangat menggiurkan, sebaiknya jagalah hatimu dan konsistenlah memilih makanan yang sehat, dan bergizi. Seperti salad, sup sehat, dan makanan sehat lainnya.

Jadi, itulah 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kamu tetap aman. Lakukanlah terus dan terus secara berkelanjutan. Sebab, sebagai tubuh Kristus, kita harus menjaga kesehatan kita tetap baik, agar kita bisa hidup lebih lama untuk melayani Kristus dan menginjil lebih banyak jiwa-jiwa.

Sumber : cbn/ jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami