Cenderung Terintimidasi, Lakukanlah Ini Jikalau Kamu Dihakimi dan Digosipi Oleh Orang Lain
Sumber: www.vemale.com

Kata Alkitab / 26 June 2019

Kalangan Sendiri

Cenderung Terintimidasi, Lakukanlah Ini Jikalau Kamu Dihakimi dan Digosipi Oleh Orang Lain

Naomii Simbolon Official Writer
2543

Jika kita bisa bijak menggunakannya, penghakiman bisa memungkinkan kita untuk membuat sebuah keputusan yang objektif dan bijaksana loh. Keputusan ini akan mempengaruhi tindakan kita, dan tanpa ini maka kita bisa menjadi gagal.

Tetapi kebanyakan 'penghakiman' ini disalahgunakan.

Seperti hakim misalnya, mereka kadang menyalahgunakan kekuasaan mereka sehingga ketidakadilan pun terjadi.

Sebagai orang Kristen, kita harusnya menggunakan penilaian atau penghakiman untuk membuat sebuah keputusan yang benar, hanya kadang-kadang masih banyak yang justru menggunakannya untuk tujuan mementingkan diri kita sendiri, sehingga membuat hubungan menjadi kacau.

Dan tentu saja, kita bisa bertemu orng-orang seperti ini dimana saja. Ya, menghakimi tanpa mengenal dengan baik, menilai dan membicarakan padahal belum begitu kenal. Kadang, jika kita mengalami seperti ini, kita menjadi sangat kesal bahkan ingin membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi sebagai murid Yesus, dalam Matius 10:8, Dia mengatakan agar kita semua membagikan apa yang kita sudah terima dariNya, kita harus menyerahkan hak kita untuk balas dendam ketika orang lain menyinggung kita.

1. Milikilah keinginan untuk berbuat baik dengan tetap menjadi baik

Kadang, ketika orang menghakimi kita, respon alami kita adalah melakukan pembenaran. Kita ingin bebas secepatnya sehingga kita kadang mengecam, mengabaikannya atau bahkan membicarakannya ketika mereka nggak ada.

Padahal respon yang seharusnya kita lakukan adalah melakukan kebaikan.

Seperti mendoakan mereka, berbicara dengan kata-kata yang baik, dan memberkati mereka.

Kebaikan adalah alat untuk meredakan anak panah penghakiman loh. Jadi, berbaik hatilah agar mereka pun berbaik hati kepadamu.

2. Tenangkan dirimu dengan respon yang lembut

Kelemahlembutan tampaknya menjadi sesuatu kita hanya lakukan untuk orang yang sangat muda atau sangat tua.

Dan sering sekali, itu bisa hilang dalam kekacauan hidup yang tengah menyerang kita, misalnya ketika orang menghakimi kita.

Kelemahlembutan adalah kekuatan yang di peroleh dari pengendalian diri. Dan dibutuhkan kekuatan untuk menyaring respon ketika orang menghakimi kita.

Tanpa rahmat dan kuasa Tuhan maka kita tak akan bisa merespon dengan lembut.

Amsal 15:1 memberitahu kita bahwa jawaban yang lembut akan memalingkan amarah kita.

Jadi ketika ada orang yang mencoba menghakimi kamu, tariklah nafasmu dan tenangkan dirimu serta mulailah merespon dengan lembut.

BACA JUGA :

Memerangi Kekhawatiran dan Ketakutan Lewat 3 Senjata Alkitabiah Yang Powerful!

3. Pilihlah untuk mengampuni

Penghakimi memang bisa membuat kita lumpuh dan defensif.

Kesalahpahaman bisa terjadi karena ada potongan yang terhilang dari diri kita, entah itu cara sikap, pakaian dan lain sebagainya.

Dan kadang, gampang sekali bagi kita untuk marah dan berusaha untuk mengisi kembali yang terhilang itu sebagai bentuk balas dendam.

Tapi gimana jika kita memilih untuk mengampuni terlebih dahulu?

Gimana kalo kita memilih untuk nggak salah paham?

Aku pernah kok salah paham dan kecewa sama seseorang karena penilaian mereka yang buruk, padahal mereka salah paham dan tidak mengenalku dengan baik.

Hal itu membuat aku merasa benar-benar nggak berdaya dan aku seperti terikat oleh pendapat negatif mereka. Akhirnya aku pun berfokus untuk membuktikan kepada mereka bahwa mereka salah menilai saya, dan itu pun membuat saya menjadi kacau dan stres sendiri.

Dari pada kamu melakukan itu, lebih baik kamu mengampuni. Karena kamu hidup bukan dengan apa kata orang, kamu diciptakan oleh Allah dengan unik.

Jadi, lepaskanlah dendammu terhadap mereka. Mulailah dengan menyadari bahwa tak ada juga manusia yang sempurna, dan semuanya bisa melakukan dosa.

Andalkanlah Tuhan agar kamu mendapatkan kekuatan untuk mengampuni dan menunjukkan belas kasihan kepada mereka.

Bergantunglah kepadaNya, dan tunjukkanlah belas kasihan, kelembutan dan kebaikan kepada mereka. Aku percaya kamu akan menemukan hasil yang membuat kamu semakin bertumbuh, dan imanmu dikuatkan.

 

Sumber : crosswalk | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami