5 Pilihan Diet Untuk Kamu Yang Sedang Bergumul Dengan Lemak Membandel!

Health / 24 June 2019

Kalangan Sendiri

5 Pilihan Diet Untuk Kamu Yang Sedang Bergumul Dengan Lemak Membandel!

Naomii Simbolon Official Writer
1558

Mempunyai berat badan ideal memang diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh stabil dan jarang sakit. Jika kamu memiliki masalah berat badan yang kurang ideal/kelebihan berat badan, berikut ada beberapa diet sehat untuk menurunkan berat badan yang dapat kamu sesuaikan dengan kondisi tubuhmu

1. Atkins Diet

Diet ini memperbolehkan kamu untuk mengonsumsi lemak dan protein, seperti daging merah, ayam, bebek, telur, keju, dan mentega, tapi membatasi konsumsi karbohidrat, seperti nasi, jagung, roti, kentang, ubi, singkong, dan talas.

Kelebihan diet ini adalah dapat menurunkan berat badan dengan cepat, tanpa rasa lapar, tetapi tetap berenergi.

Sedangkan kekurangannya : bisa dilakukan dalam waktu lama dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan hati. Selain itu, dapat meningkatkan risiko penyakit hipertensi, jantung koroner, stroke, dan kanker usus besar karena kurangnya asupan serat. 

2.  The South Beach Diet

Diet ini menganut pola makan tinggi protein, membatasi lemak jenuh, dan bebas mengonsumsi karbohidrat kompleks.

Kelebihan diet ini adalah mampu melangsingkan tubuh tanpa rasa lapar, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mengontrol gula darah dalam tubuh, dan dapat mencegah timbulnya penyakit jantung.

 

Kekurangan : Mayoritas makanan yang boleh dikonsumsi berasal dari daging dan dairy product, sehingga hanya ada sedikit pilihan bagi Anda yang tidak suka susu dan produk olahan.

3. Zona Diet

Diet yang mengombinasikan asupan nutrisi yang terdiri dari 40% karbohidrat, 30% protein, dan 30% lemak dari total kalori secara menyeluruh.

Kelebihan : Dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif 1,5 kilogram dalam waktu satu minggu dan membuat kadar insulin dalam darah tetap terkontrol.

Kekurangan : Selain perhitungan komposisinya yang cukup rumit, jumlah karbohidrat yang hanya 40% sebenarnya tidak cukup jika kamu memiliki aktivitas padat sehari-hari sehingga menyebabkan cepat lelah.

4. Rawfood Diet

Diet tinggi buah dan sayur dan hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang. Makanan tidak dimasak matang untuk menghindari hilangnya vitamin dan zat lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Kelebihan : Metode diet ini sekaligus dapat memperbaiki tampilan kulit, karena vitamin yang terserap dalam tubuh lebih banyak.

Kekurangan:  Kelemahan diet ini, jika diterapkan di Indonesia, adalah masih banyaknya penggunaan pestisida dan keamanan bahan baku yang perlu lebih dijaga kualitasnya.

5. Bloodtype Diet

Diet sesuai dengan keistimewaan golongan darah. Golongan A dianjurkan sebagai vegan, karena cenderung memiliki risiko kardiovaskular; golongan B dapat mengonsumsi beragam makanan terutama olahan susu, daging, dan ikan; golongan AB merupakan pola makan gabungan golongan darah A dan B; serta golongan darah O dianjurkan mengonsumsi protein tinggi dan rendah karbohidrat karena cenderung lebih cepat mengalami kenaikan berat badan.

Kelebihan : Kondisi emosi stabil, mudah mengurangi stes, dan mengembalikan ritme tubuhmu secara alami.

Kekurangan: Diet ini masih banyak memerlukan studi ilmiah, karena banyak pro kontra di dalamnya.

6.  The Cabbage Soup Diet

Diet dengan hanya mengonsumsi sup kol selama tujuh hari berturut-turut dan makanan rendah karbohidrat kompleks, protein, dan lemak.

Kelebihan: Sangat cepat menurunkan berat badan dibanding diet lainnya.

Kekurangan : Diet ini cepat menimbulkan rasa lapar. Asupan kalori yang masuk sangat rendah, sehingga dapat terjadi defisiensi vitamin dan mineral, dapat menimbulkan efek samping lemas, sakit kepala, menurunnya konsentrasi, dan perut kembung. Jika kamu ingin menjalani diet ini sangat dianjurkan untuk mengonsumi tambahan suplemen multivitamin dan mineral.

Hal yang lebih penting daripada semua jenis dan pola diet di atas, yang terutama adalah niat dan motivasi. Apa yang menjadi niat dan harapan kamu untuk melakukan diet? Lupakan agar semakin ganteng dan cantik. Bagaimana dengan motivasi agar umur kamu lebih panjang supaya bisa melihat anak dan cucu bertumbuh dewasa, bahkan sampai mereka sarjana? Mungkin akan membakar semangatmu agar lebih kuat dalam menjaga pola makan yang dipilih.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami