Sehat Bagi Tubuh Jasmani Dan Rohani, Inilah manfaat Membaca Yang Harus Kamu Tahu!
Sumber: kesekolah.com

Health / 17 June 2019

Kalangan Sendiri

Sehat Bagi Tubuh Jasmani Dan Rohani, Inilah manfaat Membaca Yang Harus Kamu Tahu!

Naomii Simbolon Official Writer
1765

Bagi sebagian orang, membaca hanyalah selingan pengisi waktu senggang. Sementara bagi orang lain, membaca merupakan rutinitas—mereka sengaja menyediakan waktu per minggu atau per hari untuk menjelajahi bacaan yang mereka pilih. Bahkan beberapa orang menyiapkan sebuah daftar buku-buku untuk dilahap sepanjang tahun! Mungkin terdengar berlebihan, tetapi kebiasaan membaca (tentunya selama dilakukan dengan cara yang tepat) rupanya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat membaca bagi kesehatan? Berikut ini 6 di antaranya:

#1 Membaca dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Membaca adalah salah satu kegiatan yang menggunakan kerja otak dan mampu mencegah kerusakan kemampuan kognitif (berpikir). Seperti yang dilaporkan Akademi Sains Nasional Amerika Serikat, orang-orang yang sedikit sekali mempergunakan kemampuan kognitif mereka berisiko tinggi mengidap Alzheimer.

"Sebagaimana kegiatan fisik dapat memperkuat jantung, otot, dan tulang, kegiatan intelektual juga memperkuat ketahanan otak terhadap penyakit," ungkap Dr. Robert P. Friedland yang menulis laporan tersebut.

#2 Membaca mampu mempertahankan daya ingat

Seperti yang dikemukakan di #1, membaca adalah salah aktivitas yang melibatkan kemampuan berpikir atau kognitif. Aktivitas ini rupanya berdampak mengurangi hilangnya daya ingat sampai 30 persen. Hal ini senada dengan penemuan para ilmuwan yang termuat di jurnal Neurology, yang berisi kesimpulan bahwa orang yang sering membaca memiliki kecenderungan lebih rendah untuk mengalami gangguan berpikir di usia lanjut.

#3 Membaca efektif untuk mengurangi stress

Di samping berolahraga, membaca juga terbukti mampu meredakan stress. Hal ini didapat dari penelitian tahun 2009 oleh Dr. David Lewis dari University of Sussex yang menyatakan membaca lebih ampuh dalam mengurangi stress daripada mendengarkan musik, bermain video game, ataupun berjalan kaki.

#4 Membaca membantu mencapai tidur yang lebih baik

Merasa sulit tidur? Menurut National Sleep Foundation, stress adalah penyebab utama insomnia. Organisasi ini lantas menyarankan penderita insomnia untuk membaca buku sebelum tidur. Dengan demikian, tubuh akan mengenali aktivitas ini sebagai sinyal untuk tidur tidak lama lagi.

#5 Membantu cepat kurus

Menghabiskan diri untuk membaca buku akan bikin kamu lupa dengan camilan. Nah itu akan membantu kamu dalam proses diet kan?

Sebenarnya sih nggak cuma membaca, tapi jika dengan membaca bisa bikin kamu fokus dan tak butuh camilan, kenapa nggak?

#6 Membaca bisa menambah wawasan dan membantu kamu bertumbuh lebih lagi

Siapa yang suka membaca buku rohani? Saya sih iya!

Selain menambah wawasan, membaca bisa bikin kamu bertumbuh lebih lagi loh, apalagi jika yang kamu baca adalah kesaksian dan kisah hidup seseorang.

Ketika membaca buku “Love Without Limit” dari Nick Vujicic, pandangan saya terhadap hubungan dan kesempurnaan jadi berubah, dan itu benar-benar membantu saya melihat oranglain dan hubungan dengan positif.

Jadi, silahkan membaca buku dari sekarang ya. Baik untuk kesehatan fisikmu juga kesehatan rohanimu.

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami