Jangan Menuntut! Kedewasaan Rohanimu Kamu yang Menentukan, Bukan Orang Lain
Kalangan Sendiri

Jangan Menuntut! Kedewasaan Rohanimu Kamu yang Menentukan, Bukan Orang Lain

Lori Official Writer
      2661

Kolose 2: 5

Sebab meskipun aku sendiri tidak ada di antara kamu, tetapi dalam roh aku bersama-sama dengan kamu dan aku melihat dengan sukacita tertib hidupmu dan keteguhan imanmu dalam Kristus.


Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 16; Galatia 5; 2 Tawarikh 4-5

Pernah gak sih kamu berpikir, ‘Aku gak diberi makanan rohani?’ Padahal, kamu sama sekali gak punya waktu untuk belajar Alkitab. Apakah kamu tipe yang berpikir kalau hanya pendeta gerejamulah yang bisa memenuhi kebutuhan rohanimu? Sementara kita hanya bisa mendapatkannya sehari dalam seminggu yaitu hanya di hari Minggu pagi saja.

Sudah waktunya kita bertanggung jawab atas kedewasaan rohani kita sendiri. Kita tak seharusnya menyalahkan gereja karena kita gak mendapat cukup makanan rohani.

Kita perlu menyadari kalau apa yang kita dapatkan dari gereja lokal adalah apa yang kita hidupi. Hal ini akan mencakup kehidupan doa kita, ibadah kita di rumah dan pendalaman Alkitab kita. Dengan melakukan hal ini, perubahan yang nyata akan terjadi dalam kerohanian kita.

Konseling adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh sebagian orang. Banyak jawaban atas permasalahan hidup dibahas dalam Alkitab. Bahkan para pendeta dan pelayan konseling kehabisan waktu untuk memberikan konseling kepada jemaatnya. Dan semoga hal ini tak membuat para pendeta menjadi kelebihan beban.

Kita gak harus jadi orang Kristen yang kurang gizi. Tapi kita bisa menyadari bahwa apa yang kita alami adalah akibat dari ketidakintiman kita dengan firman Tuhan.

Kita perlu melakukan bagian kita dalam memelihara kehidupan rohani kita. Para pendeta dan pembicara tamu berkhotbah dan kita harus membuka telinga untuk mendengar apa yang disampaikan Roh Kudus kepada gerejanya.

Kita diberi makan firman, tapi mungkin masalahnya adalah kita gak mendengar apa yang disampaikanNya. Kalau kita gak menghabiskan waktu berkualitas dengan Tuhan dalam doa, penyembahan dan firmanNya, kita akan menjadi orang Kristen yang lemah.

Saat kita peka pada suara Tuhan maka kita akan dengan jelas mendengar apa yang Dia sampaikan kepada kita secara spesifik.

Tuhan berkata, kita harus tumbuh di dalam Dia. Bacalah kitab Efesus dan Kolose 2 & 3. Ayat ini disebut sebagai ayat yang berguna untuk membantu kita kenyang secara rohani.

Jadi, mintalah Roh Kudus untuk membimbingmu memilih gereja mana yang harus kamu hadiri. Kalau kamu belum tertanam di satu gereja, mintalah tuhan untuk membawamu ke gereja yang benar-benar kamu butuhkan.

Firman Tuhan berkata kalau kita harus minum dan makan dari sumber air kehidupan yaitu Tuhan sendiri. Jadi, tenggelamlah dalam firman itu supaya kamu boleh dikenyangkan.

Tapi ingatlah bahwa gak ada gereja yang sempurna. Tak seorang dari kita yang sempurna dan kudus. Namun saat kita lapar dan haus akan firman Tuhan, Dia akan memberi tahu kita bahwa kita akan dipenuhkan di dalam Dia. Ini artinya kita gak cuma makan sekali seminggu tapi setiap hari.

Waktu kita menemukan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama Tuhan, percayalah, piring kita akan penuh dengan makanan yang bisa kita cerna selama seminggu. Itu karena kita membuka hati kepada Tuhan dan menerima apa yang kita butuhkan dari Dia.


Hak Cipta Cathy Irvin, digunakan dengan ijin.

Ikuti Kami