Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
255


Pernah ngga sih kamu mendengar istilah seperti ‘muka tembok’ atau ‘kulit bedak’? Sebutan ini biasanya ditujukan untuk orang yang terlalu percaya diri atau over confident. Orang yang over confident memang terkesan percaya diri dan tidak tahu malu atau tidak tahu diri, maksudnya mereka sulit  menempatkan diri dalam norma yang seharusnya. 

Sebaliknya, orang  yang merasa lower confident cenderung merasa malu dan segan, sehingga terkesan tertutup dan pemalu. Biasanya, orang yang merasa lower confident, memiliki sikap-sikap seperti; pesimis, tidak berani menerima tanggung jawab, tidak berani mengungkapkan pendapatnya, dan cenderung menutup diri. Hal-hal ini, tentunya akan sangat merugikan, karena dapat menjadi penghalang orang tersebut untuk maju atau berhasil.

Tetapi, menjadi persoalan adalah tidak mudah untuk memiliki percaya diri. Salah satu syarat untuk memiliki kepercayaan diri adalah memiliki rasa berharga terhadap diri sendiri. Kalau kamu memperhatikan, biasanya orang yang memiliki kepercayaan diri cenderung memiliki sesuatu yang dibanggakan.
Kebanggaan inilah yang membuat orang tersebut merasa dirinya berharga, sehingga mereka bisa "tampil' dengan penuh percaya diri. Sebaliknya,  orang yang lower confident,  biasanya merasa dirinya kurang berharga, bahkan nggak berharga. Mereka merasa bahwa dalam diri mereka sudah nggak ada sesuaut yang dibanggakan lagi. Jadinya, mereka nggak mampu tampil dengan percaya diri yang penuh. 

Lantas, gimana caranya  agar kita bisa memiliki rasa berharga yang membuat kita percaya diri? Ada beberapa kesalahan yang terjadi sehubungan dengan memiliki rasa berharga dalam diri. Dibawah ini adalah penjelasan beberapa kesalahan-kesalahan itu dan penjelasan membangun rasa berharga yang sebenarnya :

1. Rasa beharga yang harus diperoleh dari 
Ada beberapa orang yang merasa berharga hanya karena mereka menyadari bahwa diri mereka baik secara fisik seperti : cantik, tampan, bertubuh atletis bagi pria, atau langsing bagi wanita, dsb.

Kepercayaan diri seperti ini adalah hal yang salah. Kenapa? Yap, karena ini bergantung pada fisik, sementara jika sesuatu terjadi pada fisiknya dan kehilangan kecantikan maka dia tak lagi kurang percaya diri bukan?

Jadi, tidak bisa membangun kepercayaan diri berdasarkan rasa berharga yang diperoleh secara fisik. Fisik itu sangat labil atau mudah berubah, tidak bisa dijadikan dasar untuk percaya diri. 
Jadi bagi kamu semua, jangan merasa rendah diri hanya karena secara fisik kamu nggak cantik atau nggak langsing  ya. Ingatlah sekalipun fisik kamu cacat, kamu itu tetap berharga kok.

WAJIB BACA NIH :

2. Rasa berharga yang diperoleh karena kaya secara materi

Ada banyak orang yang berlari mengejar rasa percaya diri mereka melalui harta kekayaan yang dimiliki. Jadi nggak heran, dimana-mana orang kaya selalu dihargai dan dihormati oleh orang yang nggak mampu.

Coba perhatikan saja, bila ada orang kaya yang masuk toko maka pelayan langsung menyambutnya dengan ramah dan penuh rasa hormat.

Bila pelayanan tidak baik, maka orang kaya itu akan marah karena merasa tidak dihargai. Sebaliknya, bila orang yang miskin, adakalanya dibiarkan saja atau tanpa sambutan yang ramah. 
Begitu juga didalam kehidupan bermasyarakat, orang kaya menjadi tokoh terhormat yang menduduki kursi-kursi terhormat dan duduk bersebelahan dengan para pejabat. Sebaliknya, orang miskin mungkin tidak mendapatkan kursi dan tinggal berdiri diluar tenda. Oleh karena itu, orang kaya sering terlihat "tampil' dengan penuh percaya diri. Karena, sekalipun ia hanya memakai celana pendek dan kaos oblong, orang yang tahu dia orang kaya akan tetap menghormati atau menghargainya. Pada akhirnya, banyak orang berusaha untuk kaya, agar dihormati dan dihargai orang lain. 

Tetapi, kekayaan secara materi tidak bisa di jadikan dasar untuk memiliki kepercayaan diri. Sebagai contoh; seseorang yang merasa dirinya berharga karena memiliki kekayaan. Ia akan kehilangan harga dirinya bersamaan dengan hilangnya kekayaan yang ia miliki. Secara otomatis, ia pun akan kehilangan rasa percaya dirinya karena sudah kehilangan harga dirinya. Bahaya sekali apabila anda mengantungkan harga diri anda dengan harta kekayaan

Beberapa orang, memilih untuk mengakhiri hidupnya (bunuh diri) setelah tahu bahwa ia sudah tidak kaya lagi atau usahanya sudah bangkrut, dsb. Orang-orang tersebut memilih mati daripada hidup tanpa kekayaaan. Mereka berpikir diri mereka sudah tidak ada artinya atau tidak berharga tanpa kekayaaan yang mereka miliki.  So?

3. Rasa berharga yang diperoleh dari kedudukan/jabatan dan kekuasaan

Tidak berbeda dengan orang-orang yang mendasarkan harga dirinya melalui kekayaan. Mendasarkan harga diri pada kedudukan/jabatan dan kekuasaan merupakan hal yang berbahaya juga. Seorang jendral yang meletakan harga dirinya pada kekuasaannya akan merasa tidak berarti atau berharga setelah ia pensiun karena tidak ada lagi yang menghormatinya. Sebab, ia sudah tidak berkuasa lagi dan orang yang dahulu membutuhkannya kini meninggalkannya dan mencari jendral yang masih aktif. 
Seorang pejabat yang merasa berharga karena ia bukan seperti rakyat biasa, melainkan pejabat pemerintah pun akan kehilangan rasa berharganya ketika ia sudah tidak menjabat lagi.

Begitu juga dengan keluarga yang menaruh harga diri mereka kepada orang tua atau suami/istri mereka yang menjabat atau berkuasa. Ketika, orang tuanya atau suami/istrinya tidak lagi menjabat, maka hilang pula harga diri mereka. Orang-orang yang mendasarkan harga diri mereka kepada kekuasaan atau jabatan, akan berhadapan dengan masalah kejiwaan. Beberapa diantara mereka ada yang menjadi gila atau sakit jiwa karena tidak mampu menghadapi kenyataan. Mungkin karena mereka tidak tahan melihat orang dihormati, dihargai, dan dilayani seperti mereka dulu. Hal itu akan membuat air mata mereka mengalir atau mereka menjadi stress sendiri. 
Jadi, kedudukan/ jabatan dan kekuasaan yang dimiliki itu hanyalah bagian dari pekerjaan. Ingatlah, harga diri anda tidak ditentukan dari apa pekerjaan anda atau apa kedudukan anda.

Jika Tuhan percayakan kamu hari ini disebuah kedudukan yang tinggi, tetaplah rendah hati dan jangan sombong, jangan temperamental, jangan sadis, tapi penuh kasih karena setelah kamu tak lagi menjabat, minimal orang tetap menghargai kamu karena sikapmu yang penuh kasih.

“Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.” Yesaya 43:4

Jadikanlah dirimu berharga karena memang kamu berharga dimata Tuhan. Jadilah percaya diri karena kamu sangat dicintai oleh Allah Sang pemilik semesta dan seluruh isinya. Jadi, mari terus rendah hati dan percaya diri, apapun kondisi kamu dan bagaimana pun kehidupan kamu. Kamu sangat berharga dimata Tuhan , sekali lagi kamu itu BERHARGA.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Umi 16 October 2019 - 14:44:03

Larutan garam sebanyak 9072 kg dengan konsentrasi .. more..

0 Answer

Arfan Saputra 15 October 2019 - 19:43:11

Apa dampak positif dan negatif si penyelamat jalan

0 Answer

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7267

Banner Mitra Oktober Week 3