Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
10739


Musim kemarau rentan mengundang nyamuk bebas berkeliaran ke rumah. Kehadiran nyamuk bahkan membuat kita gak nyaman, khususnya saat tidur.

Gigitan nyamuk juga terbilang berbahaya. Karena selain meninggalkan bekas gigitan, nyamuk dari jenis tertentu bisa saja jadi pembawa penyakit seperti malaria.

Nah, untuk mengatasi masalah ini kamu bisa mengusirnya dengan cara yang cukup sederhana. Salah satunya adalah dengan membuat kombinasi aroma, cahaya, panas dan kelembaban yang tidak disukai oleh nyamuk.

10 bahan alami ini bisa kamu buat sebagai bahan pengusir nyamuk yang ampuh.

1. Minyak Lemon Eucalyptus

Minyal lemon eucalyptus adalah obat pengusir nyamuk yang sudah digunakan sejak tahun 1940-an oleh masyarakat kita.

Sebuah penelitian baru-baru ini bahkan sudah membuktikan bahwa 30 persen campuran minyak lemon eucalyptus akan memberikan perlindungan sepenuhnya dari serangan nyamuk selama tiga jam.

2 Lavender

Bunga lavender pada umumnya menghasilkan aroma dan minyak yang bisa mengusir nyamuk. Selain itu, lavender juga berfungsi sebagai analgesic, antijamur dan antiseptik. Jadi, selain mengusir nyamuk, lavender juga bisa memberikan rasa tenang dan nyaman bagi kulit.

3. Minyak Kayu Manis

Kayu manis lebih dari sekadar bumbu tambahan untuk makanan. Tapi bahan yang satu ini juga bisa membunuh sel telur nyamuk dan mengusir nyamuk dari ruangan rumah.

4. Minyak Thyme

Minyak thyme adalah salah satu bahan terbaik yang memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk. Minyak ini juga bisa diaplikasikan dengan cara dioleskan ke kulit atau bisa membakar daunnya kea pi. Daun Thyme sendiri terbukti memberikan perlindungan dari nyamuk sebesar 85 persen selama 60 sampai 90 menit.

5. Minyak Catnip Yunani

Nepeta parnassica adalah salah satu spesies dari mint yang bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk. Catnip ini biasanya tumbuh menghasilkan bunga putih dan merah muda dan bunga inilah yang dipakai sebagai penghasil minyak catnip Yunani.

Minyak ini bisa mengusir nyamuk selama dua sampai tiga jam.

Baca Juga:

Ikut Lari di ‘Fun Run ‘Hero of Change’, Selain Sehat Kamu Juga Bisa Beramal Loh!

Jangan Dibuang! Biji Pepaya Tak Diduga Bisa Sehatkan Mata Loh…

6. Minyak Kedelai

Menurut hasil laboratorium Entomologi Medis Universitas Florida, produk berbasis kedelai seperti Bite Blocker for Kids bisa memberikan perlindungan jangka panjang dari nyamuk.

7. Serai

Citronella adalah minyak esensial alami dan efektif mengusir nyamuk. Dengan campuran rempah-rempah, serai bisa menolak nyamuk masuk ke dalam rumah. Atau saat berada di luar ruangan, mengoleskan minyak serai ke kulit bisa memberikan perlindungan ekstra hingga 50%.

8. Minyak Daun Teh

Minyak daun the atau minyak melaleuca adalah minyak esensial yang sangat populer digunakan di Australia. Minyak ini dikenal kaya akan antiseptik, antimikroba dan anti inflamasi. Tapi penelitian terbari juga menemukan bahwa minyak daun teh punya kemampuan untuk mengusir serangga dari dalam rumah seperti lalat, semak, tikus dan nyamuk.

9. Geraniol

Geraniol adalah jenis alkohol yang digunakan sebagai wewangian atau aroma therapy. Minyak ini bisa dipadukan dengan serai dan bunga mawar. Dengan menyemprot atau memakai minyak ini ke kulit bisa mencegah gigitan nyamuk selama dua sampai empat jam.

10. Minyak Nimba

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa minyak nimba memberikan perlindungan dari serangan nyamuk selama tiga jam.

Meski begitu, penggunaan minyak nimba secara berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Karena itu sangat dianjurkan untuk memakainya sesuai anjuran saja.

Cara pengobatan dari gigitan nyamuk

Memakai obat pengusir nyamuk mungkin saja tetap tidak mempan. Dan pada akhirnya gigitan nyamuk meninggalkan bekas.

Untuk mengobati gigitan nyamuk, kamu bisa mencoba menggosokkan cuka sari apel ke daerah gigitan nyamuk. Atau dengan menaruh sepotong bawang putih di atas gigitannya.

Kalau kamu adalah orang yang sensitif dengan gigitan nyamuk, segeralah hubungi dokter. Tanda-tanda seperti naiknnya suhu tubuh, timbul nanah dari gigitan nyamuk atau bekas gigitan yang tak sembuh-sembuh bisa jadi pertanda masalah.

Sumber : Healthline.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gilang Angga 19 August 2019 - 19:48:37

Organisasi Yang di bentuk uni soviet untuk membend.. more..

0 Answer

Fatma Wati 18 August 2019 - 21:07:41

apa jawapan yang di berikan situs kami

0 Answer

Sofely Charolina Sinaga 18 August 2019 - 12:44:15

Syalom saya sofely charolina sinaga mau sharing se.. more..

2 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7274

Banner Mitra Agustus Week 3