Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

bagusp

Official Writer
297


Soal penghasilan yang berat sebelah, dimana perempuan memiliki dompet yang lebih tebal ketimbang pasangan, tak jarang kerap jadi pemicu masalah dalam rumah tangga. Meski ada juga para istri yang mengaku tak keberatan dengan gaji suami yang cekak, namun banyak juga yang beranggapan bahwa prialah harus bertanggungjawab terhadap seluruh pengeluaran keluarga. Istri hanya membantu seperlunya saja.


Uang memang selalu jadi sumber masalah. Malah ada yang bilang bisa jadi 'setan' dalam rumah tangga jika berada dalam tempat yang tak semestinya. Bagi pria, uang atau pekerjaan bisa jadi kebanggaan utama sekaligus sumber egonya. Makanya banyak yang diam-diam atau secara terang-terangan menunjukkan sikap 'permusuhan' manakala karir si istri melaju pesat, yang berujung pada pundi-pundi uang yang kian gemuk. Sementara karir si pria tetap tak beranjak atau justru mentok.


Menurut sejumlah buku yang saya baca, banyak pria menjadi lebih sensitive jika penghasilan istri lebih besar. Hal ini biasanya disebabkan latar belakang keluarga, budaya serta psikodinamika kepribadian. Pengaruh budaya yang lebih menonjolkan peran laki-laki disbanding perempuan dan stereotip bahwa pria sebagai kepala keluarga, pencari nafkah sekaligus pelindung. Makanya, jika pendapatan istri lebih besar, memengaruhi harga diri pria dalam keluarga, terutama di Asia. Padahal kalau kita tengok Eropa atau Amerika, sudah wajar jika gaji perempuan lebih besar dari suami.


Pria mengungkapkan ketersinggungan terhadap penghasilan para istri yang lebih besar dengan berbagai cara, antara lain berupa kata-kata yang menyinggung perasaan, tindakan negatif seperti sering meninggalkan rumah dan pulang larut malam. Pokoknya segala hal yang memancing kemarahan istri.


Akan halnya suami yang bisa menerima kondisi jika penghasilan istri lebih besar, si pria ini biasanya punya kepribadian yang terbuka dan easy going. Para istri akan terbantu dengan sikap ini karena bisa saling mendukung. Bahkan tak jarang, para suami juga mau membantu pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci atau menjaga anak.


Bagaimana agar perkawinan tetap harmonis meski penghasilan suami-isteri 'antara bumi dan langit' Berikut ini tips-tipsnya:


  • Saling mendukung 

Jangan sekali-kali memojokkan atau merendahkan suami. Jika terpaksa 'berantem' hindari membahas masalah uang. Tetap hormati suami sebagai kepala rumah tangga dalam segala situasi.


  • Bangga

Selalu tanamkan dalam pikiran Anda bahwa suami Anda adalah pilihan yang paling tepat. Dari sekian hal kekurangannya, masih banyak kelebihannya yang bisa Anda banggakan. Jangan sampai karena perbedaan pendapatan membuat penghargaan anda kepada suami justeru berorientasi hanya kepada kemampuan finansial saja.


  • Lemah lembut

Jangan sampai terkesan bersikap bossy terhadap suami sendiri. Ucapkan kalimat dengan lemah lembut. Berperilaku dan bertingkah laku tetap dijaga positif. 


  • Berbagi

Berpenghasilan lebih besar bukan berarti semua Anda yang tanggung. Berbagilah dengan suami, siapa membayar apa. Anda juga harus mengajarkannya tanggung jawab kan?


  • Bersukacita

Bersukacitalah senantiasa. Untuk tetap bersukacita dalam segala keadaan memang tidak mudah. Bersukacita adalah sebuah keputusan. Jika Anda memutuskan untuk tetap bersukacita walaupun suami Anda mempunyai pendapatan yang lebih kecil. Maka dengan sendirinya kesenjangan finansial ini tidak dapat mengguncang rumah tangga Anda kapanpun juga.


Ingat, bukankah kebahagiaan tidak bisa dibeli dengan uang?


Rumah tangga berantakan seringkali karena hal-hal yang tidak diperkirakan misalnya gaji istri lebih besar dari suami. Bagaimana cara menyikapinya?


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Gilang Angga 19 August 2019 - 19:48:37

Organisasi Yang di bentuk uni soviet untuk membend.. more..

0 Answer

Fatma Wati 18 August 2019 - 21:07:41

apa jawapan yang di berikan situs kami

0 Answer

Sofely Charolina Sinaga 18 August 2019 - 12:44:15

Syalom saya sofely charolina sinaga mau sharing se.. more..

1 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7273

Banner Mitra Agustus Week 3